About

Kamis, 19 November 2020

Tema 5 Sub Tema 2 PB 1 dan 2

 Hari/tanggal : Kamis/19 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang  Rantai Makanan, Mengembangkan Ide Pokok, Properti Tari Daerah dan fungsinya.  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 1 dan 2

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), dan SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

Rantai Makanan

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan di makan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap makhluk hidup memiliki peran masing-masing. Secara umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalam rantai makanan.

1.      Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contohnya rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau

Produsen mampu mengubah energy dari cahaya matahari menjadi energy kimia

2.      Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energy dari makhluk hidup lain. Contohnya hewan

3.      Pengurai

Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen. Contohnya cacing tanah, jamur, dan bakteri.

 


Padi  >> Tikus    >>Ular   >>Elang  >>Jamur
Produsen   Konsumen I   Konsumen II Konsumen III    Pengurai

Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:

1.      Membaca teks non fiksi dengan seksama

2.      Menentukan ide pokok dari teks non fiksi

3.      Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri

4.      Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama

Setelah membaca dengan seksama, kita dapat mengetahui kalimat utama dari paragraph tersebut terdapat pada kalimat pertama, yaitu “ meskipun sering dianggan sebagai hewan pengganggu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik bagi tubuh manusia.

 Dari kalimat utama itu, barulah kalimat itu, barulah ide poko dapat kamu tentukan. Ide pokok dari paragraph non fiksi tersebut adalah “belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi”.

SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

 Property tari daerah dan fungsinya

Property adalah perlengkapan atau alat yang digunakan dalam tarian. Property berfungsi untuk memberikan keindahan pada tarian.

Property juga berfungsi sebagai media entuk menyampaikan makna yang terkandung dalam tarian. Property yang digunakan dalam tarian tradisional bermacam-macam, misalnya selendang, topeng, kipas, caping, piring, dan lilin

Setelah mempelajari materi di atas jika ada pertanyaan silahkan komen di blog atau di WA grup kita dan tugasnya hari ini akan bu Guru kirimkan melalui grup WA ya nak!

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha VD semangat selalu jaga kesehatan dan jangan lupa shalat 5 waktu ya Nak!

Wassalamualaikum.wr.wb 

17 komentar:


  1. Cahaya Gifari
    5 D
    Dapat dipahami dengan baik
    Terimakasih πŸ™

    BalasHapus
  2. gafito oktabara setiawan
    kelas 5d
    hadir
    materi diatas dpt dipahami dgn baik,terima kasih bu

    BalasHapus

  3. Assalamuallaikum..
    Nama:Vico Abiyu RF
    Sudah menyimak materi dan dapat dipahami bu,terimakasih

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum
    M. Zidane Aljabarho RS
    5D
    Saya sdh menyimak dan memahami materi terimakasih Bu

    BalasHapus
  5. Nama: keisya dheandra putri
    Kelas:5D
    Ket: saya sdh mempelajari dan memahami materi pelajaran hari ini Bu

    BalasHapus
  6. Nama:Amelia sari
    Kelas:5D
    Saya sudah membaca dan memahami materi diatas bu.

    BalasHapus
  7. Nama : hayu azka Rani cempaka
    Kelas : 5D
    Saya sudah menyimak dan memahami materinya bu terimakasih.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Bu
    Aqillasiti Fathiyya kls 5 D
    Saya sudah memahami materinya Bu terimaksh Bu fitka πŸ™

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum wr wb
    Nama:M.Adeleo fajar
    Kelas:5D
    Saya sudah mempelajari dan menjawab pertanyaan di grup
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  10. Nama: Annora Quinn a. S
    Kelas: 5D
    Saya sudah memahami materinya Bu πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  11. Nikoo febrian hartono
    saya sudah membaca dan memahami materinya, terimakasih Bu Fitka.

    BalasHapus
  12. Ana anisa olivia
    Saya sudah membaca dan memahami nya

    BalasHapus
  13. Nama: Muhammad Al Fariq
    Kelas:5D
    Terima kasih bu fitka

    BalasHapus
  14. Nama :Nayaka putri akila
    Saya sudah membaca dan memahami isi blog Bu fitka

    BalasHapus
  15. Asalamualaikum bu
    Nama :jihan fitria
    Kelas :5D
    Saya sudah membaca dan memahami materi nya bu πŸ™

    BalasHapus
  16. Nama Ilmira Moza Aulia
    Kls 5D
    Saya telah memahami yang ada di blogger ibu fitka

    BalasHapus
  17. Nama Chandra Wijaya . Vd. Saya sudah membaca materi dari ibu. Terimakasih

    BalasHapus