About

Senin, 16 November 2020

Tema 5 Sub Tema 1 PB 5 dan 6

Hari/tanggal : Senin/16 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang Daur Hidup Hewan, Menguraikan Informasi penting dalam Bentuk Peta Pikiran, dan Lagu Bertangga Nada Minor. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.

Rangkuman Materi :

 

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

Daur Hidup Hewan

Daur hidup hewan adalah suatu proses perubahan dalam pertumbuhan yang dialami hewan sepanjang hidupnya.

Daur hidup hewan dibedakan atas hewan bermetamorfosis dan hewan tidak bermetamorfosis.     

1. Hewan Bermetamorfosis

ü Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh hewan.

ü Berdasarkan tahapan daur hidupnya, metamorfosis dibedakan menjadi dua yaitu, metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

ü Metamorfosis sempurna dicirikan dengan bentuk tubuh yang sangat berbeda antara bentuk telur saat menetas dan bentuk dewasanya.

ü Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna melalui tahap kepompong (pupa)

ü Contoh hewan metamorfosis sempurna antara lain lebah, nyamuk, kupu-kupu, lalat.  



ü  Metamorfosis tidak sempurna dicirikan dengan bentuk tubuh hewan muda yang tidak berbeda dengan dewasanya.

ü  Hewan yang mengalami metamorfosis  tidak sempurna tidak melalui tahap kepompong (pupa), akan tetapi melalui tahapan peralihan yang disebut nimfa.

ü  Contoh belalang, capung, dan kecoak.

2. Hewan Tidak Bermetamorfosis

Ada hewan yang bentuk dan struktur tubuhnya sama saat masih muda sampai hewan tersebut dewasa.

Hewan ini dikelompokkan sebagai hewan yang tidak bermetamorfosis.

Contoh kucing, ayam, ikan, dan kadal.


Bahasa Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)

Menguraikan Informasi penting dalam Bentuk Peta Pikiran

Peta pikiran merupakan suatu cara mencatat kreatif dan efektif yang disajikan secara ringkas.

Peta pikiran disajikan berbentuk cabang, seperti pohon.




Mempresentasikan Informasi dalam Peta Pikiran yang telah Dibuat

Untuk mempresentasikan informasi dalam peta pikiran, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut :

ü Sikap tubuh yang tegap ketika presentasi

ü Adanya kontak mata dengan pendengar

ü Penggunaan lafal dan intonasi ketika menjelaskan

ü Pemilihan kata yang tepat ketika mengucapkan salam pembuka dan penutup.

 

SBdP (KD 3. 2 Dan 4. 2)

 Lagu Bertangga Nada Minor

Ciri-ciri lagu bertangga nada minor antara lain sebagai berikut :

ü Lagu bersifat sendu, sedih, dan khidmat.

ü Jarak atau interval nadanya 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – ½ - 1 – 1. 

ü Urutan nadanya dimulai dengan nada A (la) dan diakhiri dengan nada A’ atau E (mi).

 Menyanyikan Lagu Bertangga Nada Mayor dan Minor dengan Iringan Alat Musik

Lagu dapat dinyanyikan dengan iringan alat musik ritmis atau melodis.

Alat musik ritmis tidak memiliki nada. Alat musik ritmis dimainkan dengan memperhatikan ketukan lagu.

Contoh alat musik ritmis : gendang, triangle, marakas, dan tamborin.

 



Alat musik melodis dapat melantunkan melodi sebuah lagu. Contoh : seruling, pianika, gitar, biola, dan piano.



 

PPKn (KD 3. 4 dan 4. 4)

 Usaha Mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

ü Bersatu dalam keragaman suku, budaya, bahasa, dan agama

ü Mengharumkan nama bangsa dan negara

ü Menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan

ü Menaati peraturan yang berlaku

ü Mengikuti kegiatan-kegiatan yang menunjukkan adanya persatuan

 

Beberapa cara untuk meningkatkan rasa cinta tanah air :

ü Memiliki sikap patriotisme

ü Menggunakan produk Indonesia

ü Melestarikan budaya dan tradisi Indonesia

ü Meningkatkan kerukunan antarwarga masyarakat

 Upaya mempersatukan bangsa perlu dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan persatuan, kesatuan bangsa dapat tetap terjaga.

Setelah mempelajari materi di atas jika ada yang kurang di pahami dapt bertanya di WA grup dan Jang lupa berikan komentar Mundi blog Bu guru jika paham materi di atas dapat kerjakan latihan soal berikut ini!

Latihan sol kelas V

Jika sudah selesai mengerjakan soal silahkn konfirmasi ke WA grup ya nak dan jangan lupa kirimkan bukti screenshoot nya jika kalian sdh mengerjakan soal latihan hari ini terimakasih ank sholeh/Sholeha VD 

Wassalamu'alaikum.wr.wb 


6 komentar:

  1. Nama:Amelia sari
    Kelas :5D
    Saya sudah memahami materi diatas bu dan saya sudah mengerjakan latihan soal nya bu 🙏

    BalasHapus
  2. Ass"
    Nama: Vico abiyu R.F
    Kelas 5D
    Hadir

    BalasHapus
  3. M. Zidane Aljabarho
    5D
    Saya sudah menyimak materi dan mengerjakan soal latihan, terimakasih Bu.

    BalasHapus
  4. Nama:Raisha Putri Kasyafa
    Kls:5D
    Hadir,,saya sdh memahami materi nya dan sudah mengerjakan latihan soal nya bu

    BalasHapus
  5. Nama: keisya dheandra putri
    Kelas:5D
    Ket: saya sdh mempelajari materi dan latihan soal hari ini Bu...trimakasih

    BalasHapus