Hari/tanggal: Jum'at/19 Febuari 2021
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :
Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 1 : Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran
ke- : 3 dan 4
Muatan Terpadu : Bahasa
Indonesia (KD 3.8, 4.8), IPS (KD 3. 3, 4.3), PKn (KD 3.3, 4.3)
Tujuan Pembelajaran :
1.
Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta
didik dapat menuliskan peristiwa yang terdapat pada teks nonfiksi.
2.
Setelah membaca materi yang ada di blog guru,
peserta didik dapat menjelaskan jenis – jenis kegiatan ekonomi masyarakat
Indonesia.
3.
Setelah membaca materi yang ada di blog guru,
peserta didik dapat menjelaskan keberagaman suku bangsa, rumah adat, dan tari
tradisional di Indonesia.
4.
Setelah membaca materi yang ada di blog guru,
peserta didik dapat menjelaskan pentingnya keberagaman jenis kegiatan ekonomi
dalam masyarakat.
Muatan Bahasa Indonesia (KD
3.8, 4.8)
Teks nonfiksi tersusun dari beberapa bagian
yaitu pengantar, pemunculan masalah, masalah dan penyelesaian masalah
Ø Urutan peristiwa dibedakan menjadi 3
macam :
a. berdasarkan urutan waktu terjadinya
b. berdasarkan hubungan sebab akibat
c. berdasarkan tema bacaan
Ø Langkah-langkan menentukan urutan
peristiwa :
a. Bacalah teks dengan seksama
b. cermatilah tiap-tiap paragraf
c. perhatikan waktu serta kejadian
d. catatlah kejadian yang terjadi
secara urut.
Mengidentifikasi
Peristiwa Penting
Untuk
mengidentifikasi peristiwa penting adalah dengan menjawab pertanyaan yang
berkaitan dengan teks, berikut ini adalah beberap kata tanya dan fungsinya,
a. Apa, berfungsi untuk menanyakan
keadaan, perilaku dan penjelasan isi teks.
b. Di mana, berfungsi untuk menanyakan
tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang akan dituju, serta tempat
digunakan dalam teks.
c. Kapan, berfungsi menanyakan waktu
terjadinya suatu keadaan atau peristiwa dalam teks.
d. Siapa, berfungsi untuk menanyakan
pelaku yang terkait atau turut serta dalam peristiwa dalam teks.
e. Mengapa, berfungsi untuk menanyakan
alasan atau sebab sebuah peristiwa yang terjadi dalam teks.
Muatan
IPS (KD 3. 3, 4.3)
Ø Jenis - Jenis kegiatan
ekonomi adalah sebagai berikut :
1.
Pertanian dan perkebunan, adalah usaha pengelolaan suatu lahan dengan menanam tanaman budi
daya, contoh hasil pertanian dan perkebunan antara lain: padi, sayur-sayuran,
teh, jagung, buah-buahan, dan umbi-umbian.
2.
Peternakan, adalah usaha pembudi dayaan hewan yang dimanfaatkan secara
langsung untuk konsumsi atau diolah menjadi bahan baku, misalnya bebek, ayam
dimanfaatkan telur dan dagingnya, sapi dimanfaatkan daging dan susunya.
3.
Perikanan, adalah usaha penangkapan dan pembudi dayaan berbagai jenis hewan
perairan. perikanan dibagi dua yaitu
perikanan darat dan laut,
a.
contoh perikanan darat adalah
perikanan air tawar : ikan nila, ikan mas, gurame, lele, perikanan air payau
seperti udang dan cumi-cumi
b.
perikanan air laut contohnya
adalah ikan kerapu, tuna, cakalang.
4.
Perhutanan, adalah usaha pegelolaan sumber daya hutan untuk memenuhi kebutuhan
manusia, contoh hasil perhutanan adalah kayu jati, rotan, damar, yang dapat
diolah menjadi mebel dan bahan bangunan rumah.
5.
Pertambangan, pertambangan adalah usaha menggali dan mengelola sumber daya dari
dalam bumi, hasil pertambangan dikelompokkan menjadi 3 yaitu
a.
mineral logam contohnya emas,
perak alumunium, timah.
b.
mineral nonlogam contohnya batu
kapur, belerang, pasir dan
c.
sumber energi contohnya minyak
bumi dan gas
Ø Jenis usaha masyarakat Indonesia
Perindustrian |
Perdagangan |
Jasa |
Pengertian |
Pengertian |
Pengertian |
Ciri-ciri : a. Indutri besar 1. Memiliki modal besar, memiliki
tenaga kerja andal, mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah
jadi dengan menggunakan peralatan canggih. 2. Berusaha menghasilkan produk yang
berkualitas, produk yang dihasilkan banyak (kapasitas besar)
dan menyediakan layanan purnajual. b. Industi kecil a. menggunakan peralatan, modal, dan
tenaga kerja dalam jumlah lebih kecil b. Berusaha menghasilkan produk yang
berkualitas, kapasitas produk yang dihasilkan sedikit, menyediakan
layanan purnajual |
Ciri-ciri : 1. Mempunyai tempat penyimpan barang
yang dibeli dari produsen sebelum dijual lagi kepada pengguna, 2. Mengemas barang dagangan dengan
baik dan menarik bagi konsumen. 3. Menyediakan kemudahan layanan bagi
konsumen dalam memperoleh dan membayar barang dagangan. 4. Adanya alur distribusi barang
yaitu dari pengusaha ke produsen, ke pedagang eceran dan kekonsumen. 5. Barang-barang yang diperdagangkan
antara lain bahan makanan, pakaian, hewan, barang elektronika, kendaraan
bermotor, dsb. |
Ciri-ciri : 1. Mengutamakan layanan yang baik
kepada konsumen 2. Membutuhkan keahlian khusus sesuai
jasa yang ditawarkan 3. Menjaga loyalitas (kesetiaan)
pelanggan. |
Contoh : a. Industri besar lain industri baja, industri mobil, dan
industri tekstil, indutri makanan dalam kapasitas besar, kosmetik b. Industri kecil perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe,
pembuatan makanan rumahan/kue dan perajin keramik |
Contoh : Perdagangan di swalayan, di toko eceran, mini
market, di pasar |
Contoh : guru, pengacara, dokter,
montir mobil, jasa keuangan, pemandu wisata |
Muatan PKn (KD 3.3, 4.3)
Masyarakat
Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa yang tersebar di setiap daerah.
Tiap pulau di Indonesia memiliki keberagaman seperti suku, rumah adat, dan tari
tradisional. Hal inilah yang membuat Indonesia menjadi bangsa yang kaya akan
budaya. Berikut contoh keberagaman yang ada di Indonesia berikut!
Meskipun terdiri dari masyarakat yang beragam, bangsa Indonesia dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Sikap menghormati dan menghargai merupakan kunci dari persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dari berbagai keberagaman jenis kegiatan ekonomi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Dengan keberagaman jenis kegiatan ekonomi masyarakat dapat bekerjasama dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari. Oleh sebab itu kita harus dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar. Sikap menghargai di antaranya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.
Membayar sesuai dengan tarif (harga) barang atau
jasa
2.
Menjaga kebersihan sehingga meringankan pekerjaan
petugas kebersihan.
3.
Memberikan masukan berupa kritik dan saran secara
santun terhadap hasil pekerjaan orang lain.
Latihan soal dapat kalian kerjakan link soal berikut ini ya nak:
setelah mengerjakan jangan lupa kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal dan hasilnya ya nak!
Terimakasih sholeh/Sholeha Bu guru tetep jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan semangat terus belajarnya walaupun dari rumah!
wassalamualaikum.wr.wb
Berikut dokumentasi kalian ya nak:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar