Hari/tanggal: Senin/22 Febuari 2021
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :
Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!
Kelas : VD
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 1 : Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran
ke- : 5 dan 6
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8), PKn (KD 3.3, 4.3), IPA ( KD
3.8, 4.8),
SBdP (KD 3.2,
4.2)
1.
Setelah membaca materi yang ada di blog guru,
peserta didik dapat menceritakan kembali peristiwa yang terdapat pada teks
nonfiksi.
2.
Setelah membaca materi yang ada di blog guru,
peserta didik dapat menjelaskan sikap toleran dalam keberagaman di lingkungan
sekitar.
3.
Setelah membaca materi yang ada di blog guru,
peserta didik dapat menjelaskan keberadaan air di permukaan bumi.
4.
Setelah membaca materi yang ada di blog guru,
peserta didik dapat mengidentifikasi lagu tangga nada diatonis mayor dan minor.
jika hari jum'at lalu kalian telah mempelajari tentang cara menuliskan peristiwa - peristiwa pada teks nonfiksi, Jenis kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia, keberagaman suku bangsa, rumah adat dan tari tradisional di Indonesia serta pentingnya keberagaman jenis kegiatan ekonomi dalam masyarakat maka hari ini kita akan mempelajari tentang menceritakan kembali peristiwa yang terdapat pada teks nonfiksi, sikap toleransi dalam keberagaman di lingkungan sekitar, serta tangga nada mayor dan minor dan keberadaan air di permukaan bumi. simak dan baca materi dengan baik ya nak!
Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8)
Untuk
menceritakan kembali teks nonfiksi kalian dapat menggunakan langkah – langakah
yang telah dipelajari pada pembelajaran 3 dan 4. Berikut ini contoh yang dapat
kalian lihat dari cerita berikut ini:
1.
Tulislah
peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita.
·
Bu Mala sebuah buku tulis besampul warna merah kepada
seluruh siswa
·
Bu Mala meminta siswa menggunakan buku untuk kegiatan
apa saja
·
Makale ingin membuat herbarium, walaupun daerahnya
jarang ada tumbuhan.
·
Buku tulis merah milik para siswa telah berisi
berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.
·
Di daerah Makale turun hujan yang sangat deras
sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.
·
Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian
menempelkanya di dalam buku.
·
Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya
berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya.
·
Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia
karena hanya mekar sehari dalam setahun.
2.
Tuliskan
urutan-urutan peristiwa pada cerita.
·
Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan.
·
Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah
buku tulis bersampul merah.
·
Nola ingin menulis catatan harian, Wendi ingin
menggambar wajah setiap orang yang ditemui, dan Makale ingin membuat herbarium,
·
Makale ingin membuat herbarium.
·
Makale ingin membuat herbarium karena seorang pelancong
menunjukkan buku herbariumnya yang sangat indah.
·
Bu Mala memberitahu Makale bahwa untuk membuat
herbarium membutuhkan banyak daun.
·
Teman-teman Makale menanyakan di mana tempat makale
mendapatkan bunga.
·
Makale yakin akan mendapatkan bunga walaupun daerahnya
jarang ada tumbuhan.
·
Waktu berlalu dengan cepat dan buku tulis merah milik
para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis
Makale masih kosong.
·
Pada suatu hari di daerah Makale turun hujan yang
sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi
petak kebun.
·
Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian
menempelkanya di dalam buku.
·
Hari berikutnya bunga-bunga di kebun telah layu karena
terbakar matahari.
·
Makale gembira karena sudah membuat berhasil herbarium
dan menunjukannya kepada Bu Mala.
·
Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya
berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya.
·
Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia
karena hanya mekar sehari dalam setahun.
Muatan
PKn (KD 3.3, 4.3)
Jika kita
ingat semboyan negara kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Semboyan inilah yang
mebuat kita jadi beragam namun tetap bersatu dan saling menghormati serta
menghargai agar tetap menjaga kerukunan. Sikap saling menghargai dan menghormati
itu dapat diwujudkan dengan hal – hal berikut ini:
1.
Menyaksikan pertunjukan
kesenian daerah lain
2.
Berteman tanpa membeda –
bedakan budaya, suku, maupun agama
3.
Mau mempelajari kebudayaan
Indonesia yang berbeda dengan budayanya sendiri dan
4.
Menghargai orang lainyang
sedang menjalankan ibadah ataupun upaca adat meskipun berbeda dengan kita.
Muatan IPA ( KD 3.8, 4.8)
Adanya siklus air memengaruhi peristiwa di
Bumi dan kelangsungan hidup makhluk hidup. Siklus air menyediakan air yang
dibutuhkan oleh makhluk hidup. Hujan turun dipermukaan bumi, di daratan air
hujan langsung mengalir ke sungai atau danaudan ada juga yang diserap oleh
tanah. Proses penyerapan air ke dalam tanah dinamakan infiltrasi.
Sungai merupakan sumber air yang banyak di
mafaatkan makhluk hidup. Sungai dimafaatkan oleh manusia untuk berbagai
aktivitas, seperti olahraga, sarana transportasi irigasi sawah, aktivitas rumah
tangga, dan sebagainya. Pada hari yang panas terik karena panas matahari
mengakibatkan air sungai menguap. Dan hal ini berdampak pada berkurangnya
persediaan air terlebih saat musim kemarau, jumlah air yang menguap semakin
banyak sehingga mengakibatkan beberapa daratan mengalami kekeringan. Oleh sebab
itu kita harus menghemat persediaan air.
Muatan SBdP (KD 3.2, 4.2)
Ø Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut. a. Bersifat
riang gembira. b. Bersemangat. c. Biasanya diawali dan
diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol)
atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).
Ø Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari
merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda
Pancasila, dan Mars Sang Timur.
Ø Tangga
nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada
ketujuh dinaikkan setengah, seperti contoh di bawah ini:
Ø Ciri-ciri
tangga nada diatonis minor sebagai berikut.
a.
Lagu bersifat sedih.
b.
Lagu kurang bersemangat.
- c Melodi lagu
diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali
nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).
Ø Contoh
Lagu yang bertangga nada Diatonis Minor : Syukur, Tuhan, Gugur
Bunga, dan Bubuy Bulan.
Ø Contoh permainan tradisional yaitu
gangsing, enggrang, bendan, bentengan, dhinglik aglik/pepete jengkol, bakiak
Bagaiman materi hari ini jelas ya nak? jika ada yang ingin ditanyakan maka kirim lewat WA bu Guru ya nak! tugas kalian hari ini adalah mengerjakan cerdas halaman 64 dan 65 kerjakan soal bagian 1 Mata pelajaran PKn dan IPA ya nak di cerdas saja. kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan serta hasilnya ke WA bu Guru secara japri ya nak!
Terimakasih Sholeh/Sholeha Bu Guru jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan tetap semangat belajarnya walaupun dari rumah.
Wassalamualaikum.wr.wb
Berikut dokumentasi kalian:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar