About

Senin, 22 Februari 2021

Tema 8 Sub Tema 1 PB 5 dan 6

  Hari/tanggal: Senin/22 Febuari 2021


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Kelas                          : VD

Tema 8                       : Lingkungan Sahabat Kita

Sub Tema 1                : Manusia dan Lingkungan

Pembelajaran ke-      : 5 dan 6

Muatan Terpadu       : Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8), PKn (KD 3.3, 4.3), IPA ( KD 3.8, 4.8),

SBdP (KD 3.2, 4.2)

 Tujuan Pembelajaran :

1.      Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menceritakan kembali peristiwa yang terdapat pada teks nonfiksi.

2.      Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan sikap toleran dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.      Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan keberadaan air di permukaan bumi.

4.      Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat mengidentifikasi lagu tangga nada diatonis mayor dan minor.

jika hari jum'at lalu kalian telah mempelajari tentang cara menuliskan peristiwa - peristiwa pada teks nonfiksi, Jenis kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia, keberagaman suku bangsa, rumah adat dan tari tradisional di Indonesia serta pentingnya keberagaman jenis kegiatan ekonomi dalam masyarakat maka hari ini kita akan mempelajari tentang menceritakan kembali peristiwa yang terdapat pada teks nonfiksi, sikap toleransi dalam keberagaman di lingkungan sekitar, serta tangga nada mayor dan minor dan keberadaan air di permukaan bumi. simak dan baca materi dengan baik ya nak!

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8)

Untuk menceritakan kembali teks nonfiksi kalian dapat menggunakan langkah – langakah yang telah dipelajari pada pembelajaran 3 dan 4. Berikut ini contoh yang dapat kalian lihat dari cerita berikut ini:



1.        Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita.

·        Bu Mala sebuah buku tulis besampul warna merah kepada seluruh siswa

·        Bu Mala meminta siswa menggunakan buku untuk kegiatan apa saja

·        Makale ingin membuat herbarium, walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.

·        Buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.

·        Di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.

·        Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku. 

·        Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya. 

·        Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.

 

2.        Tuliskan urutan-urutan peristiwa pada cerita.

·        Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan.

·        Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis bersampul merah. 

·        Nola ingin menulis catatan harian, Wendi ingin menggambar wajah setiap orang yang ditemui, dan Makale ingin membuat herbarium,

·        Makale ingin membuat herbarium.

·        Makale ingin membuat herbarium karena seorang pelancong menunjukkan buku herbariumnya yang sangat indah.

·        Bu Mala memberitahu Makale bahwa untuk membuat herbarium membutuhkan banyak daun. 

·        Teman-teman Makale menanyakan di mana tempat makale mendapatkan bunga.

·        Makale yakin akan mendapatkan bunga walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.

·        Waktu berlalu dengan cepat dan buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.

·        Pada suatu hari di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.

·        Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku. 

·        Hari berikutnya bunga-bunga di kebun telah layu karena terbakar matahari.

·        Makale gembira karena sudah membuat berhasil herbarium dan menunjukannya kepada Bu Mala.

·        Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya. 

·         Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.

Muatan PKn (KD 3.3, 4.3)

Jika kita ingat semboyan negara kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Semboyan inilah yang mebuat kita jadi beragam namun tetap bersatu dan saling menghormati serta menghargai agar tetap menjaga kerukunan. Sikap saling menghargai dan menghormati itu dapat diwujudkan dengan hal – hal berikut ini:

1.      Menyaksikan pertunjukan kesenian daerah lain

2.      Berteman tanpa membeda – bedakan budaya, suku, maupun agama

3.      Mau mempelajari kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan budayanya sendiri dan

4.      Menghargai orang lainyang sedang menjalankan ibadah ataupun upaca adat meskipun berbeda dengan kita.

 

Muatan IPA ( KD 3.8, 4.8)

Adanya siklus air memengaruhi peristiwa di Bumi dan kelangsungan hidup makhluk hidup. Siklus air menyediakan air yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Hujan turun dipermukaan bumi, di daratan air hujan langsung mengalir ke sungai atau danaudan ada juga yang diserap oleh tanah. Proses penyerapan air ke dalam tanah dinamakan infiltrasi.

Sungai merupakan sumber air yang banyak di mafaatkan makhluk hidup. Sungai dimafaatkan oleh manusia untuk berbagai aktivitas, seperti olahraga, sarana transportasi irigasi sawah, aktivitas rumah tangga, dan sebagainya. Pada hari yang panas terik karena panas matahari mengakibatkan air sungai menguap. Dan hal ini berdampak pada berkurangnya persediaan air terlebih saat musim kemarau, jumlah air yang menguap semakin banyak sehingga mengakibatkan beberapa daratan mengalami kekeringan. Oleh sebab itu kita harus menghemat persediaan air.

 

Muatan SBdP (KD 3.2, 4.2)

Ø Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut. a. Bersifat riang gembira. b.  Bersemangat. c.  Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

Ø Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, dan Mars Sang Timur.

Ø Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah, seperti contoh di bawah ini:

Ø Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

a.     Lagu bersifat sedih.

b.     Lagu kurang bersemangat.

  • c     Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).

Ø Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga, dan Bubuy Bulan.

Ø  Contoh permainan tradisional yaitu gangsing, enggrang, bendan, bentengan, dhinglik aglik/pepete jengkol, bakiak

 Bagaiman materi hari ini jelas ya nak? jika ada yang ingin ditanyakan maka kirim lewat WA bu Guru ya nak! tugas kalian hari ini adalah mengerjakan cerdas halaman 64 dan 65 kerjakan soal bagian 1 Mata pelajaran PKn dan IPA ya nak di cerdas saja. kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan serta hasilnya ke WA bu Guru secara japri ya nak!

Terimakasih Sholeh/Sholeha Bu Guru jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan tetap semangat belajarnya walaupun dari rumah.

Wassalamualaikum.wr.wb

Berikut dokumentasi kalian:









Tidak ada komentar:

Posting Komentar