Hari/Tanggal : Senin, 6 September 2021
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!
Tema 2
: Menyayangi Tumbuhan
dan Hewan
Subtema 3
: Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran. : 3 dan 4
Tujuan Pembelajaran :
2. Dapat menentukan posisi bilangan cacah pada garis bilangan dengan tepat3. Dapat mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif.
4. Dapat membuat daftar tugas anggota keluarga sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan Pancasila yang di lambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5. Dapat mengidentifikasi langkah-langkah cara perawatan tumbuhan dari teks yang dibaca dengan tepat.
Sekarang Udin dan teman-teman di kelas, akan bermain peran tentang kunjungan ke hutan bakau. Ada yang berperan sebagai penjaga hutan bakau dan ada juga, yang berperan sebagai anak-anak sekolah. Anak-anak sekolah akan mewawancarai penjaga hutan bakau.
Wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih (antara narasumber dan pewawancara) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat.
Narasumber adalah orang yang memberi informasi (orang yang diwawancarai). Pewawancara adalah orang yang memberikan pertanyaan kepada narasumber.
Sebelum bermain peran, buatlah
daftar pertanyaan yang akan diajukan siswa-siswa. Daftar pertanyaan dibuat
berdasarkan teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai.
Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.
Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.
Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga
yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga.
Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur
rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu
ayah mencari nafkah.
Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.
Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.
Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupa kan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila. Siti menceritakan kegiatannya sehari-hari di rumah. Ia mendapat tugas untuk menyiram tanaman setiap sore. Biasanya Siti menyiram tanaman setelah menyapu dan mengepel lantai.
Bagaimana penjelasan materi hari in semoga dapat kalian pahami dengan baik ya nak. jika ada pertanyaan silahkan kirim pertanyaan di grup ya nak. Jika tidak
LATIHAN SOAL
1. Percakapan antara dua orang atau lebih (antara
narasumber dan pewawancara) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang
tepat disebut . . .
2. orang yang memberi informasi (orang yang
diwawancarai) disebut . . .
3. Buatlah
garis bilangan pada penjumlahan 6 + 7
4. Buatlah
garis bilangan pada penjumlahan 8 + 5
5. Tuliskan
hak kalian di rumah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar