About

Senin, 28 Agustus 2023

P5 (PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA)

 Hari/Tanggal : Selasa, 29 Agustus 2023

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar
PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA




TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis, kreatif dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong
3. Kreatif

SOSIALISASI PROYEK :

Pisang merupakan buah unggulan provinsi Lampung, bahkan tidak jarang masyarakat Lampung menjuluki sebagai icon kelurahan tersebut. Tetapi sangat disayangkan Keripik Pisang hanya banyak dinikmati dalam bentuk buah saja. Sebenarnya sudah ada beberapa home industry di provinsi Lampung yang mengolah Pisang menjadi beberapa olahan makanan. Diantaranya ada bolu pisang, sale pisang, keripik pisang, dan masih banyak lagi. 

Selain itu produk olahan Pisang dapat kita temui di sekitar jalan Pagar Alam, Kedaton ataupun pusat oleh-oleh. Kita sebagai warga yang tinggal di daerah yang memiliki potensi ini seyogyanya membantu mengenalkan produk olahan Keripik Pisang ke masyarakat luas. Dengan praktik membuat produk olahan Keripik Pisang secara tidak langsung mengenalkan kepada peserta didik bahwa kita dapat menciptakan peluang usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar kita. 

Materi Ajar “Inovasi Olahan Pisang”


Meningkatkan Kinerja Ekspor Pisang Lampung

Dilansir dari website Jawa Pos, Kementerian Pertanian Republik Indonesia saat ini terus mendorong pengembangan usaha pertanian berbasis kemitraan. Salah satu tujuannya tak lain adalah meningkatkan daya ekspor hasil tani sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani lokal. Pengembangan kawasan pertanian di Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, adalah salah satu target yang ingin mereka capai.

Meski telah lama memproduksi pisang-pisang lokal terbaik, namun petani di kawasan ini masih memiliki daya ekspor rendah. Pengembangan pola kemitraan antara pelaku usaha dan petani pemasok komoditas ini, dipercaya dapat meningkatkan performa produk pisang segar di pasar internasional. Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik, volume ekspor pisang segar lokal meningkat sebanyak 67% di tahun 2018, dibandingkan tahun sebelumnya.

Masih dari sumber yang sama, disebutkan pula bahwa melalui program pengembangan semacam ini, petani pisang akan dibina untuk membudidayakan varietas pisang yang populer di pasaran. Jika berpegang pada prinsip budidaya yang baik, maka tentunya komoditas yang dihasilkan juga akan berkualitas tinggi. Dan dengan kualitas baik yang memenuhi standar permintaan pasar mancanegara, maka peluang ekspor produk pun akan meningkat.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh 
  • Mengatasi penyakit batuk pada anak-anak
  • Mengatasi sariawan dan gusi berdarah
  • Mengurangi rasa sakit gigi berlubang
  • Mengatasi jerawat dan panu
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
  • Melindungi tubuh dari penyakit diabetes
  • Membantu   memberikan   perlindungan   kepada   tubuh terhadap kelumpuhan
  • Kandungan serat pada buah dapat membantu melancarkan proses pencernaan.
  • Baik dikonsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung didalam
  • Keripik Pisang bisa membantu menghancurkan kolesterol.
  • Mengatasi radang rectum

Keripik Pisang

Bagi kebanyakan orang, camilan menjadi salah satu hal yang wajib tersedia di dalam rumah maupun tempat kerja. Baik itu, saat beraktivitas atau bersantai, snack ringan selalu bisa menjadi teman yang sempurna untuk menjadikan mood lebih terangkat dan juga tingkatkan produktivitas. Di antara beragam jenis camilan yang bisa dipilih, keripik tetap menjadi favorit bagi sebagian orang. Dengan tekstur yang crunchy dan praktis untuk dikonsumsi, keripik seakan tak bisa terlewat dari perhatian saat sedang memilih camilan untuk dijadikan stok di rumah.  Varian rasa keripik pun beragam sehingga lebih mudah disesuaikan dengan selera, ada yang gurih, asin, dan juga pedas.

Ada pula varian keripik dengan rasa manis yang tidak hanya bikin ketagihan, yaitu keripik pisang. Keripik pisang sangat cocok dijadikan camilan yang mampu memanjakan lidah, sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi penting dalam tubuh dan sayang jika dilewatkan. Kalau tidak percaya, simak kandungan gizi pada keripik pisang dan sederet manfaatnya untuk kesehatan berikut ini. Dengan rasanya yang begitu lezat, kebanyakan dari kamu mungkin belum pernah menyadari jika keripik pisang tergolong sebagai makanan ringan dengan segudang nutrisi dan gizi yang menyehatkan. Sejumlah kandungan gizi pada keripik pisang pun amat penting untuk didapatkan oleh tubuh.  Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

Ø  Pektin: Pektin adalah zat yang berguna untuk membantu tubuh dalam melancarkan sistem kerja organ pencernaan. Tidak hanya itu, pektin juga memiliki fungsi untuk membuang racun yang tersimpan di dalam tubuh.

Ø  Catechin dan Dopamin: Kedua zat ini berguna untuk menurunkan risiko seseorang terkena serangan jantung. Tidak hanya itu, jika dikonsumsi secara rutin, catechin dan dopamin mampu mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan degeneratif lain.

Ø  Tryptophan: Tryptophan adalah jenis amino acid atau asam amino yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi dari hormon serotonin. Buat kamu yang belum tahu, serotonin adalah hormon yang mampu memberikan rasa rileks, rasa kantuk, dan ketenangan sehingga membuat keripik pisang cocok dijadikan camilan di kala santai atau di tengah kesibukan pekerjaan.

Selain kandungan nutrisi penting di atas, keripik pisang juga menyimpan beragam kandungan gizi walaupun telah melalui berbagai proses pengolahan. Meskipun tak sebesar pada buah pisang yang belum diolah, nutrisi yang terkandung pada keripik pisang juga tidak boleh disepelekan. Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada 72 gram atau 1 cup keripik pisang.

1. 374 kalori.

2. 16 gram protein.

3. 42 gram karbohidrat.

4. 5,5 gram serat.

5. 25 gram gula.

6. 25 gram total lemak.

7. 21 gram lemak jenuh.

8. Memenuhi 8 persen kebutuhan tubuh akan kalium.

9. Memenuhi 11 persen kebutuhan tubuh akan vitamin B6.


SIMAK VIDEO OLAHAN PISANG DI BAWAH INI!


JENIS-JENIS PISANG 



Asesmen Diagnostik (Kuisioner dan Essai)

Nama    :

Kelas     :

1.) Dengan banyaknya petani Pisang di daerah kalian tinggal, ide apa yang dapat kalian kembangkan untuk mengangkat olahan buah Pisang menjadi daya tarik masyarakat baik di dalam daerah maupun luar daerah?

2.) Apakah usaha yang dilakukan masyarakat dan pemerintah untuk mengangkat olahan buah Pisang sudah maksimal? Berikan ulasan kalian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar