About

Rabu, 30 Agustus 2023

P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA)

 Hari/Tanggal : Rabu, 30 Agustus 2023

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA




TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN "INOVASI OLAHAN PISANG" 

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong
3. Kreatif 

Materi Ajar “Inovasi Olahan Pisang”



Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna berukuran besar dengan daun memanjang dan besar yang tumbuh langsung dari bagian tangkai.

Buah pisang dapat diinovasikan menjadi berbagai macam produk olahan pangan. Produk olahan pangan berbahan baku buah pisang antara lain produk aneka camilan seperti keripik pisang konvensional, keripik pisang simulasi, kecimpring, stik pisang, snack, dan lain-lain.


Keripik pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatra. Ada pula hidangan sejenis kripik pisang yang serupa di beberapa daerah Asia, seperti FilipinaIndia, dan Thailand.

Keripik pisang merupakan satu-satunya produk olahan pisang yang memiliki perdagangan internasional yang signifikan. Pengekspor utama keripik pisang di seluruh dunia adalah Filipina. Pasar ekspor keripik pisang juga sudah ada di Thailand dan Indonesia.


Apa saja yang dibutuhkan dalam membuat keripik pisang ?

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kripik pisang yaitu:
  • Baskom.
  • Telenan.
  • Alat perajang atau slicer.
  • Pisau.
  • Ember dari plastik.
  • Penggorengan atau wajan.
  • Vacuum Frying.
  • Sealer

Keripik Pisang, Camilan Enak untuk Berbagai Acara dan Suasana

Saat santai memang kurang lengkap tanpa camilan. Salah satu jenis camilan paling difavoritkan adalah keripik pisang. Rasa renyah keripik berpadu manisnya pisang tentu bikin nagih dan bikin kita tak bisa berhenti ngemil.

Keripik pisang adalah jenis makanan ringan yang tidak hanya enak namun juga penuh nutrisi dan gizi. Ini tentu bisa mendukung kesehatan tubuhmu asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa kandungan gizi dalam keripik pisang diantaranya adalah:

Adanya zat pektin yang mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa membantu tubuh untuk membuang racun yang membahayakan dalam tubuh dan tidak diperlukan tubuh. Selain itu, dalam keripik pisang juga ada dopamin dan catechin yang berfungsi untuk menurunkan resiko serangan jantung. Kedua zat ini juga bisa mencegah aneka masalah kesehatan degeneratif lain.

Manfaat Mengonsumsi Keripik Pisang

Tahukah kamu bahwa keripik pisang juga bisa memberikan deretan manfaat kesehatan untuk kamu. Keripik pisang menyimpan deretan manfaat baik untuk kesehatanmu.

Pertama, keripik pisang bisa membantu mencegah penyakit asma. Ini karena dalam keripik pisang terdapat zat yang berguna memperlancar saluran pernafasan sehingga resiko terserang asma bisa diturunkan.

Manfaat lainnya adalah bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan dopamin dan catechin di dalam keripik pisang akan membantu mencegah penyakit tersebut. Jadi dengan makanan enak ini kamu juga bisa terhindar dari penyakit yang membahayakan.

Mengonsumsi keripik pisang juga bisa mencegah sembelit. Keripik pisang tinggi serat sehingga bikin kenyang lebih lama. Selain itu, pencernaan lebih lancar dan tidak ada keluhan sembelit lagi. Keripik pisang juga bisa mengobati diare.

Tips Memilih Keripik Pisang yang Enak

Pilih Varian Rasa yang Enak

Saat mengonsumsi keripik pisang tentu kita ingin merasakan rasa yang enak dan bikin nagih. Kamu bisa pilih rasa klasik atau rasa unik yang sesuai dengan kesukaan kamu. Yang jelas, semakin berkembangkan teknologi dan zaman, makin banyak varian rasa yang bisa kamu dapatkan dari keripik pisang.

Jika kamu lebih suka rasa klasik, kamu bisa memilih keripik pisang rasa asin dan rasa manis. Keripik pisang dengan rasa manis banyak disukai karena manisnya khas dari gula sehingga bikin nagih. Dari anak kecil hingga dewasa pasti suka. Pilihan rasa klasik lainnya adalah rasa asin atau gurih. Siapa sih yang bisa menolak rasa gurih nagih dari keripik pisang? Pastinya keripik pisang rasa asin bisa membuat kamu jadi kembali semangat dan good mood.

Nah, kalau kamu ingin rasa unik, jangan khawatir karena di pasaran sekarang ini banyak rasa keripik pisang yang bisa kamu coba. Ada yang memakai bumbu cair, bumbu bubuk, dan lain sebagainya untuk perasanya. Jenis rasanya pun beragam, mulai dari rasa susu, cokelat, stroberi, matcha, pedas, kopi, hingga rasa seperti truffle.

SIMAK VIDEO OLAHAN KERIPIK PISANG DI BAWAH INI !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar