About

Kamis, 23 November 2023

Matematika

 Hari/Tanggal : Kamis, 23 November 2023


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA  : Bilangan
Peserta didik dapat memahami pecahan senilai, membandingkan dan mengurutkan antar-pecahahn dengan pembilang satu (misalnya, 1/2 , 1/3 , 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8 , 4/8 ,  7/8 ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi pola bilangan dan jenis-jenisnya. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik menyelesaikan latihan soal menentukan lanjutan dari pola bilangan dengan tepat. 


Materi Matematika :

Pola Bilangan 

Definisi pola bilangan matematika adalah susunan dari beberapa angka yang dapat membentuk pola tertentu. Pola bilangan juga bisa diartikan sebagai suatu susunan bilangan yang memiliki bentuk teratur atau suatu bilangan yang tersusun dari beberapa bilangan lain yang membentuk suatu pola.

Jenis-Jenis dan Rumus Pola Bilangan

Sobat, setelah kita tahu pengertian dari Pola Bilangan, sekarang kita akan mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenis dan rumus pola bilangan. Yuk disimak, check it out!

Pola Bilangan Ganjil

Pola bilangan ganjil adalah susunan angka yang terdiri dari angka ganjil. Karena terdiri dari angka ganjil, maka pola bilangan ganjil dimulai dari 1,3,5,7, dan seterusnya.

Pola bilangan ganjil mempunyai rumus sebagai berikut:
Un = 2n – 1

Pola Bilangan Genap

Pola bilangan genap adalah susunan angka yang terdiri dari angka genap. Karena terdiri dari angka genap, maka pola bilangan genap dimulai dari 2,4,6,8, dan seterusnya.

Pola bilangan genap mempunyai rumus sebagai berikut:
Un = 2n

Pola Bilangan Segitiga

Sobat, coba kita lihat gambar Pola Bilangan diatas. Pola bilangan pada gambar membentuk sebuah bangun datar yaitu segitiga. Pola bilangan segitiga adalah susunan angka yang akan membentuk bangun segitiga. Contoh dari pola bilangan segitiga adalah 1,3,6, dan seterusnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar