About

Jumat, 02 Februari 2024

Pendidikan Pancasila

 Hari/Tanggal : Jum'at, 2 Febuari 2024


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik menyelesaikan soal Sumatif 1 terkait keberagaman di Indonesia dengan baik dan benar. 

Materi Pembelajaran 

1.   Kalimat Bhinneka tunggal ika terdapat dalam sebuah buku yang berjudul....

a.     Negara Kertagama

b.     Sutasoma

c.     Babad tanah jawi

d.     Mahabarata

2.  Sikap kita terhadap teman yang berbeda keyakinan agama adalah .....

a.     Tetap bersahabat   

b.     Menjauhinya

c.     Memusuhinya         

d.     Menghindarinya

3.  Kerukunan akan terwujud apabila umat beragama saling .....

a.     mencaci             

b.     menghormati

c.     mengumpat     

d.     meminta

4. Sikap menghormati dan menghargai antarumat beragama merupakan perwujudan dari sila ..... dari Pancasila

a. ke-1    b. ke-3    c.ke-2    d. ke-4

5. Mempelajari tarian tradisional Indonesia adalah salah satu cara untuk .....

a.     mengenali kesenian asing

b.     melestarikan budaya asing

c.     melestarikan budaya Indonesia

d.     menjaga diri dari pengaruh luar

6.  Tari Jaipong merupakan tarian berasal dari daerah...

a.     Jawa Tengah

b.     Jawa Barat

c.     Yogyakarta

d.     Bali

7.  Salah satu cara menghargai budaya suku lain adalah....

a.     menonjolkan budaya sendiri

b.     memusuhi teman dari suku lain

c.     mengejek penampilan kesenian daerah lain

d.     menikmati pertunjukan seni suku lain

8.  Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika....
a. pemerintahannya kuat
b. sumber daya alamnya melimpah
c. rakyatnya bersatu
d. persenjataanya lengkap

9.  Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, bahasa, dan budaya. Hal tersebut sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia .....

a. Merdeka atau mati
b. Bhinneka Tunggal Ika
c. Mati satu tumbuh seribu
d. Bersatu kita teguh bercerai kita runtun ...

10. Pencetus semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah .....

a. Gajah Mada     

b. Mpu Tantular   

c. Hayam Wuruk

d. Mpu Gandring


Esay!
1. Rumah adat yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan adalah . . .

2. Apa yang dimaksud dengan perbedaan dalam keragaman di Indonesia?

3. Setiap manusia memiliki perbedaan. Perbedaan apa saja yang dimiliki oleh manusia, tuliskan!

4. Apa yang dimaksud dengan toleransi?

5. Bagaimana cara menyikapi perbedaan yang ada di Indonesia?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar