About

Senin, 05 Februari 2024

Pendidikan Pancasila,Seni Tari dan IPAS

 Hari/Tanggal : Senin, 5 Febuari 2024


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Seni Tari

Elemen CP : Berpikir dan bekerja  artistik(Thinking and working  artistically) Menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik Peserta didik menyelesaikan soal Sumatif 1 terkait tari yang terinspirasi melalui cerita daerah/rakyat.

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN BENAR!

1.       Di Indonesia terdapat banyak cerita rakyat yang telah diwarisi dari satu generasi ke generasi selanjutnya.Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan cerita rakyat?

2.       Ada banyak jenis cerita rakyat di Indonesia salah satunya dongeng, apa yang dimaksud dengan dongeng?

3.       Dongeng merupakan cerita yang dituturkan atau diceritakan kembali dari mulut kemulut. Cerita dongeng merupakan cerita fiksi yang memiliki tujuan utama. Apakah tujuan utama dari dibuatnya dongeng?

4.       Isi cerita banyak mengandung makna atau nasihat. Berdasarkan ceritanya, dongeng dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Tuliskan!

5.       Dongeng berdasarkan isi ceritanya dapat dibedakan beberapa jenis, Tuliskan jenis – jenis dongeng yang kamu ketahui?

6.       Dongeng berdasarkan isi ceritanya dapat dibedakan beberapa jenis, salah satunya yaitu Fabel. Apa yang dimaksud dengan cerita Fabel?

7.       Ada banyak cerita rakyat di Indonesia salah satunya adalah Malin Kundang. Berasal darimanakah cerita rakyat tersebut?

8.       Sebenarnya cerita Ramayana berasal dari India. Namun beberapa kebudayaan di Indonesia terinspirasi dari cerita terkenal itu. Salah satunya pertunjukkan sendratari Ramayana. Dimanakah pertunjukkan Sendratari Ramayan ditampilkan?

9.       Dongeng berdasarkan isi ceritanya dapat dibedakan beberapa jenis, salah satunya yaitu Legenda. Apa yang dimaksud dengan cerita Legenda dan berikan contohnya!

Dongeng berdasarkan isi ceritanya dapat dibedakan beberapa jenis, salah satunya yaitu Sage merupakan dongeng yang berhubungan dengan peristiwa atau mengandung unsur – unsur sejarah. Tuliskan contoh dari cerita sage!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar