Hari/Tanggal: Rabu, 7 Agustus 2024
Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.
Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat membandingkan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.
Materi Ajar
Membandingkan Bilangan
Membandingkan bilangan adalah : menentukan mana jumlah yang lebih banyak dan mana jumlah yang lebih sedikit (kecil).
Langkah-langkah di dalam membandingkan bilangan adalah :
1. Lihat angka ratusannya mana yang lebih besar.
2. Jika ratusannya masih sama lihat puluhannya.
3. Jika puluhannya masih sama lihat satuannya.
Lambang Perbandingan
> : lebih besar < : lebih kecil = : sama dengan
Contoh : Bandingkan bilangan di bawah ini dengan lebih besar
(>) lebih kecil (<) atau sama dengan (=)
Jawab :
257 268
200 sama dengan 200
50 lebih kecil dari pada 60
7 lebih kecil daripada 8
Jadi : 257 lebih kecil daripada atau 257 < 268.
Capaian Pembelajaran :
Menulis
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menuliskan kata - kata penyebab rasa takut
Alur Tujuan Pembelajaran :
Menulis
1.1 Melalui membuat peta berpikir,
peserta didik dapat menuliskan kata-kata penyebab rasa takut.
Materi Ajar:
Takut adalah salah satu perasaan yang mungkin sering kita rasakan. Takut dapat disebabkan karena, benda, suara, ataupun keadaan. Kita harus dapat mengetahui penyebab dari rasa takut yang kita rasakan agar dapat menemukan cara untuk mengatasinya.
Contoh Peta Pikiran
Elemen : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Alur Tujuan Pembeelajaran :
1. Melalui kegiatan praktikum Peserta didik mampu mengetahui warna - warna yang berasal dari alam.
Materi ajar :
WARNA
Warna adalah salah satu unsur penting dalam seni rupa yang memberikan pengaruh besar pada sebuah karya.
Dengan adanya warna, sebuah karya akan memberikan kesan yang sangat berbeda.
Bahkan pewarnaan yang tepat akan membuat sebuah karya seni rupa terlihat seperti nyata, lo.
Pemberian warna juga akan menunjukan suasana hati dan menjadi media penyampai pesan seniman pada banyak orang.
Seperti sebuah warna biru cerah, hijau cerah, hingga kuning bisa menunjukkan perasaan bahagia.
Atau ada juga warna gelap, seperti merah, biru gelap, hingga hitam menjadi simbol dari emosi sedih atau rasa takut.
Jenis - Jenis warna alam
1. Kunyit
kegunaan kunyit ini untuk menghasilkan warna kuning untuk makanan
2. Daun Jati
bahan alami ini memiliki warna yg khas yaitu warna merah
3. Daun pandan
daun pandan ini bahan pewarna alami yg memberikan warna hijau pada makanan
4. daun suji
memberikan warna hijau
5. Tomat yang sudah Matang
memberikan warna merah alami6. Bunga Telang
memberikan warna alami yaitu biru
7. Buah Naga
memberikan warna alami yaitu merah muda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar