Hari/Tanggal: Kamis, 8 Agustus 2024
PENDIDIKAN PANCASILA
Elemen CP :
Pancasila : Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengenal simbol sila pancasila secara berurutan.
Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mengenali lima simbol Pancasila dalam garuda pancasila dengan tepat.
MATERI PEMBELAJARAN
Lima Simbol Pancasila dan Artinya
Ada lima simbol dalam “Garuda Pancasila” yang merupakan lambang negara Indonesia.
Dalam burung Garuda terdapat lima simbol, yaitu: bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas.
Kelima simbol tersebut masing-masing memiliki makna dan arti, dengan penjelasan sebagai berikut:
Simbol bintang emas merupakan simbol kesatu. Makna dari bintang emas adalah sebagai sebuah cahaya seperti Tuhan yang menjadi cahaya rohani bagi umat manusia.
Situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan, bintang emas mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius.
Selain itu, latar belakang hitam pada lambang bintang emas menggambarkan warna alam yang merupakan berkah dari Tuhan.
Simbol rantai merupakan simbol kedua. Simbol Rantai disusun dengan 17 gelang yang saling menyatu, artinya sebagai manusia kita harus saling membantu dan tolong menolong.
Selain itu, mata rantai berbentuk persegi empat merupakan lambang laki-laki, sedangkan mata rantai lingkaran menggambarkan perempuan.
Mata rantai tersebut melambangkan hubungan timbal balik antarumat manusia, baik laki-laki maupun perempuan.
Simbol pohon beringin merupakan simbol ketiga. Pohon beringin memiliki akar yang menjulur kebawah dan diartikan sebagai tempat berteduh dan berlindung.
Akar tunjang yang kuat dalam simbol pohon beringin menggambarkan persatuan bangsa Indonesia.
Sementara ranting-ranting pada pohon beringin menggambarkan Indonesia yang memiliki banyak suku, budaya, dan agama tapi tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia di bawah lambang Pancasila.
Simbol kepala banteng merupakan simbol keempat. Banteng dianggap sebagai hewan yang suka berkumpul. Sama halnya dengan manusia saat mengambil suatu keputusan harus dilakukan secara musyawarah. Salah satu caranya dengan berdiskusi dan berkumpul.
Simbol padi dan kapas merupakan simbol kelima. Padi dan kapas dilambangkan sebagai pangan dan sandang. Artinya, tidak ada kesenjangan antar masyarakat Indonesia.
Padi dan kapas juga mempunyai makna bahwa kebutuhan rakyat Indonesia semuanya adalah sama tanpa melihat status dan kedudukannya.
Berikut Video Terkait Simbol Sila Pancasila
Mengenal Lagu-lagu Tradisional Budaya Indonesia
Dimensi : Berkebhinekaan Global
Tujuan : Peserta didik mampu menyebutkan lagu-lagu Tradisional yang ada di Indonesia
Kegiatan Awal
1. Pendidik menyiapkan materi dan artikel mengenai Lagu tradisional
2. Pendidik mempersiapkan tahap selanjutnya dengan mengobservasi mengenai tari dan lagu tradisional dari berbagai daerah di Indonesia
Kegiatan Inti
1. Pendidik menggali pengetahuan awal peserta didik mengenai lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia dengan pertanyaan pemantik:
“Apakah kalian mengetahui apa saja Lagu daerah yang berasal dari Provinsi lampung?”
2. Peserta didik melakukan identifikasi tentang macam lagu daerah yang ada di Indonesia.
3. Peserta didik membuat Lembar Kerja berdasarkan kegiatannya terkait lagu daerah beserta asalnya.
4. Peserta didik menyebutkan temuannya satu-persatu di depan kelas.
5. Peserta didik lainnya menanggapi hasil temuan temannya.
6. Pendidik memberikan motivasi untuk menumbuhkan sikap cinta kebudayaan lokal terhadap keberagaman lagu daerah di Indonesia.
7. Setelah kegiatan tersebut sudah selesai, Pendidik mengajak peserta didik untuk menumbuhkan kembali wawasan tentang keberagaman lagu daerah yang tumbuh di seluruh wilayah Indonesia
8. Menampilkan tayangan video berupa bunyi lagu beserta lirik lagu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia
Manuk Dadali https://youtu.be/RENOD--yd2c?feature=shared
Ampar-Ampar Pisang https://youtu.be/gtCS-eJF3kM?feature=shared
Apuse https://youtu.be/VlyDN-yQMuk?feature=shared
Bungong Jeumpa https://youtu.be/lAVi2OE2bRY?feature=shared
Cublak Cublak Suweng https://youtu.be/BWeNBwo1ijY?feature=shared
Lir Ilir https://youtu.be/ZDGhJ4ToP2k?feature=shared
9. Pendidik bersama peserta didik melakukan diskusi untuk membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok untuk penampilan di tahap aksi.
Penutup
Pendidik memberikan penguatan mengenai pemahaman materi yang sudah dibahas, serta memberikan gambaran untuk ke tahap kontekstual.
Lembar Kerja (Aktivitas 3)
Hari / Tanggal :
Nama :
No. | Judul Lagu | Asal Daerah |
1 | SEMINUNG | LAMPUNG
|
2 | CUBLEK-CUBLEK SUWENG | JAWA TENGAH |
3 | SOLERAM | RIUAU |
4 | AMPAR- AMPAR PISANG | KALIMANTAN SELATAN |
5 | INJIT INJIT SEMUT | JAMBI |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar