Hari/Tanggal: Kamis, 29 Agustus 2024
AKTIFITAS 5
Menyaksikan Tarian Tradisional di
Indonesia
Dimensi : Berkebhinekaan Global
Tujuan : Peserta didik mampu mengetahui beberapa
tarian tradisional yang ada di Indonesia
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan narasumber atau
berkunjung ke tempat salah satu pertunjukan seni
2. Menentukan jadwal belajar dengan
narasumber
3. Peserta didik menyiapkan pertanyaan untuk
narasumber
4. Peserta didik menyiapkan buku P5
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik dikondisikan untuk
tertib selama mengikuti kegiatan penampilan tarian tradisional oleh narasumber dari
pihak sekolah ataupun pertunjukan seni teater di luar sekolah.
2.
Peserta didik duduk berdasarkan
kelasnya masing-masing.
3.
Narasumber mulai menampilkan tarian
tradisional secara bergantian sekaligus menyampaikan sedikit pengetahuan
berdasarkan penampilannya.
4.
Peserta didik diberikan kesempatan
untuk melakukan tanya jawab dengan narasumber atau mengemukakan pendapatnya.
5.
Selama kegiatan berlangsung, pendidik
ikut serta mendampingi peserta didik.
6.
Peserta didik mengerjakan lembar
kerja setelah belajar dengan narasumber.
7.
Pendidik/narasumber memberikan umpan
balik setelah kegiatan penyampaian materi.
Penutup
Pendidik memberikan gambaran untuk pemilihan tari tradisional
dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.
Lembar Kerja Peserta Didik (Aktivitas
5)
Nama :
Kelas
:
Hari/Tanggal :
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Tarian Tradisional apa saja yang sudah
ditampilkan? |
|
2. |
Sebutkan nama tarian beserta asal daerahnya! |
|
3. |
Menurut anda, apakah kesulitan dari tarian
tradisional tersebut? |
|
4. |
Apakah tarian tradisional tersebut membawa dampak positif bagi
Masyarakat Indonesia? Jelaskan alasannya! |
|
5. |
Bagaimana jika tarian tradisional yang ada di Indonesia mengalami
kepunahan? |
|
Elemen CP : Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran : Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games pohon norma, dan diskusi kelompok tentang aturan, peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di sekolah sehingga dengan bimbingan orang tua dan guru dapat melaksanakannya dengan baik.
Pengertian Aturan
Aturan adalah tata tertib yang harus dilaksanakan. Setiap keluarga memiliki aturan dan semua anggota keluarga harus mengikuti aturan. Setiap aturan dapat ditulis, lalu ditempelkan di ruang keluarga. Aturan yang dibuat sangat bermanfaat karena semua menjadi berdisiplin dan bertanggung jawab.
Aturan di Sekolah
Aturan adalah satu hal yang harus ditaati atau
dipatuhi.
Ada tata tertib di sekolah.
Tata tertib juga disebut juga aturan.
Aturan di sekolah dibuat oleh sekolah.
Aturan di sekolah dibuat untuk mengatur ketertiban
warga sekolah.
Contoh Aturan di Sekolah:
1.
Hadir di sekolah tepat waktu
2.
Memakai seragam sekolah dengan lengkap dan
rapi
3.
Melaksanakan piket sesuai jadwal
4.
Menghormati guru, teman, dan warga sekolah
lainnya.
Walaupun saat ini kamu masih belajar dari rumah, kamu
tetap harus mematuhi aturan di sekolah. Contohnya, mengumpulkan tugas tepat
waktu, memberi kabar saat kamu berhalangan mengikuti pembelajaran, menjaga
ketertiban saat mengikuti pembelajaran tatap maya. Apakah kamu sudah mematuhi
aturan-aturan tersebut?
Untuk memperkuat pemahaman anak-anak, kerjakan latihan
di bawah ini
Tulislah Aturan yang Ada di Sekolahmu!
Pembahasan:
Aturan di sekolah saya:
(1) Hadir di sekolah tepat waktu
(2) Memakai seragam sekolah sesuai jadwal.
(3) Melaksanakan piket sesuai jadwal
(4) Menjaga kebersihan sekolah
(5) Memberikan pemberitahuan jika berhalangan hadir ke sekolah
(6) Menghormati guru, teman, dan warga sekolah lainnya.
(7) Menjaga ketertiban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar