About

Rabu, 04 September 2019

Tema 3 Subtema 1 PB 4 dan 5

Tema 3 Subtema 1 PB 4 dan 5 
Hari/Tanggal : Kamis/5 September 2019
Tujuan Pembelajaran :
PB 4
1.  Siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika         memanfaatkan tumbuhan dengan terperinci.    
2.   Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.
PB 5
1. Siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan         sekitar mereka.
2. Siswa mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni kolase.
3. Siswa mampu mengapresiasi hasil karya seni kolase.

PB 4
PKn (3.2 dan 4.2)
Pelaksanaan Hak dan Kewajiban dalam Pemanfaatan Tumbuhan
Salah satu manfaat menanam tanaman adalah membuat udara menjadi segar. Memperoleh udara segar adalah hak kita. namun kita juga berkewajiban merawat tanaman, menyiram dan memberi pupuk pada tanaman secara teratur. setelah kita melakukan kewajiban maka kita baru mendapat hak.

Bahasa Indonesia (KD 3.3)
Adapun ketentuan pertanyaan wawancara disusun secara runtut:
1. Pertanyaan wawancara disusun secara runtut.
2. Pertanyaan dimulai dari pertanyaan yang bersifat umum menuju khusus
3. Pertanyaan wawancara sebaiknya berkelanjutan. Hal ini berarti pertanyaan harus saling berkaitan.
4. Setelah narasumber menjawab pertanyaan, kamu juga dapat menanyakan hal yang berkaitan       
    dengan jawaban narasumber namun tetap berkaitan dengan topik wawancara.
Berikut ini adalah ciri – ciri pertanyaan yang baik untuk kegiatan wawancara, diantaranya:.
1.      Jangan bertanya yang tidak sesuai dengan topic
2.      Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar
3.      Tidak menyinggung narasumber atau pihak lain
4.      Gunakan intonasi yang baik, jangan terlalu cepat dalam menyampaikan pertanyaan
5.      Kalimat harus dirangkai dengan jelas dan singkat

Contoh Pertanyaan yang Baik
1.      Apa alasan Bapak membuat website penulis cilik ini?
2.      Saat ini website penulis cilik disukai anak dan pelajar seluruh Indonesia, sebetulnya apa ide yang mendasari terbentuknya website penulis cilik?
3.      Apakah sekolah dapat melakukan promosi gratis di website penulis cilik?
4.      Apakah pelajar dapat melakukan promosi kegiatan sekolah, sepertiprogram OSIS di website ini?
5.      Misalnya saja, kita akan melakukan wawancara kepada pemilik website terbaik untuk anak di seluruh Indonesia, yaitu penuliscilik.com.

PB 5

IPS (KD 3.1)

Ciri-ciri Dataran Tinggi

Dataran tinggi tentu memiliki ciri-ciri yang dapat dengan mudah kita ketahui, seperti contohnya lebih dingin dibandingkan dengan dataran rendah. Adapun berikut ini ciri-ciri dataran tinggi, meliputi :
1. Berada Atas Ketinggian 700 mdpl
Sebuah wilayah atau daerah dapat dikatakan dataran tinggi apabila memiliki ketinggian lebih dari 700 meter diatas permukaan laut. Ini merupakan syarat mutlak untuk wilayah yang dapat dikatakan sebagai dataran tinggi. Apabila kurang dari 700 meter, artinya masih masuk ke dalam kategori dataran rendah.
2. Kondisi Iklim dan Cuaca Sejuk
Ciri-ciri dataran tinggi yang paling umum adalah memiliki iklim yang sejuk. Semakin tinggi sebuah daerah tentu suhu udaranya juga semakin rendah. Iklim yang sejuk dan lebih dingin merupakan salah satu sebab kenapa banyak wisatawan lebih memilih berlibur di dataran tinggi, contohnya seperti di daerah Puncak, Bogor.
3. Udara Terasa Kering dan Lembab
Ciri-ciri dataran tinggi ketiga yaitu udara terasa lebih kering, terutama pada saat siang hari. 
1.      Daerah penghasil sayur-sayuran.
2.      Tanah lebih subur.
3.      Mudah terkena erosi.
4.      Memiliki suhu amplitudo besar.


Sumber Daya Alam Dataran Tinggi

Sumber daya alam di daerah dataran tinggi tentu berbeda dengan yang ada di dataran rendah dan di pantai. Hal ini disebabkan karena perbedaan kondisi geografis, iklim, cuaca dan kondisi tanahnya. Adapun sumber daya alam dataran tinggi adalah sebagai berikut :
1. Pertanian
Ditunjang dengan iklim yang cukup dingin dan tanah yang subur, daerah dataran tinggi sangat cocok untuk kegiatan pertanian sayur-sayuran. Hasil pertanian dataran tinggi contohnya seperti bawang putih, bawah merah, sawi, brokoli, wortel, kol, lada, dan tomat. Hasil pertanian tersebut merupakan sumber daya alam dataran tinggi unggulan yang dapat dijumpai di Indonesia.

2. Perkebunan
Selain pertanian, dataran tinggi juga cocok digunakan sebagai sumber penghasil perkebunan. Contohnya seperti kebun teh, kopi, tembakau atau pun kebun buah-buahan yang cocok dengan dataran tinggi seperti apel.

Beberapa daerah penghasil pertanian dan perkebunan dataran tinggi misalnya seperti :
  • Wonosobo, Jawa Tengah
  • Temanggung, Jawa Tengah
  • Bojonegoro, Jawa Timur
  • Bogor, Jawa Barat
  • Deli Serdang, Sumatera Utara
  • Bukit Barisan, Bengkulu
  • Pegunungan Verbeek, Sulawesi Selatan

Dataran rendah adalah tanah luas yang memiliki ketinggian yang relatif rendah.
Ciri-Ciri Dataran Rendah
Adapun ciri dataran rendah diantaranya adalah
  1. Tanahnya relatif datar, memiliki ketinggian kurang dari 200 meter diatas permukaan laut.
  2. Tanah biasanya ditemukan disekitar pantai, tetapi ada juga yang ditemukan di daerah pedalaman.
  3. Terjadinya akibat proses sedimentasi. Di Indonesia sendiri dataran rendah terjadi akibat sedimentasi sungai.
  4. Tanahnya lebih subur dan banyak ditempati penduduk jika dibandingkan dengan daerah pegunungan.
  5. Memiliki tekanan udara yang lebih tinggi daripada daerah pegunungan.

Sumber Daya Alam Tanaman Dataran Rendah

Adapun tanaman yang cocok di dataran rendah diantaranya adalah

1. Padi

Padi merupakan jenis tanaman yang hanya bisa hidup di dataran rendah. Tanaman ini hidup jika suhunya mencapai 36 derajat celcius. Namun akan sangat baik jika suhunya berkisar 30-an derajat celcius dengan tingkat curah hujan yang sedang.

2. Kelapa

Kelapa biasa ditemukan di daerah dataran rendah, khususnya di pesisir pantai. Tanaman kelapa dapat berfungsi sebagai penghalau angin yang menuju ke arah daratan. Tidak hanya itu, tanaman kelapa juga dapat mencegah terjadinya abrasi.

3. Pisang

Buah ini dapat berbuah sepanjang tahun, sehingga tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika dirawat di dataran rendah.

4. Jagung

Tanaman jagung hanya bisa hidup dengan baik di dataran rendah karena membutuhkan suhu yang tinggi

SBdP (KD 3.4)
Apresiasi terhadap Hasil Karya Seni Kolase
Hasil karya seni kolase dapat di apresiasi atau dinilai melalui pendapat. Dalam memberika apresiasi terhadap karya seni kamu harus memberikan pendapat sesuai dengan karya yag telah dibuat. Mengapresiasi adalah memberikan penilaian dan penghargaan terhadap suatu hasil karya seni. 

Memberikan penilaian dan penghargaan karya seni harus melalui tahap-tahap tertentu agar benar-benar dapat menilai suatu karya secara objektif.
Tahap-tahap tersebut seperti pengamatan secara langsung dan mendetail terhadap karya yang diapresiasi, mengetahui tema di dalam karya tersebut, mengetahui corak dalam karya, teknik yang digunakan, bahan yang digunakan, peralatan yang digunakan dan cara mengungkapkan pembuatan karya tersebut.

Selain itu mengapresiasi juga harus menguasai seluk beluk tentang karya diapresiasi. Agar kita dapat memberikan penilaian dan penghargaan terhadap suatu karya seni tersebut, maka kita harus mempelajari ilmu yang ada hubungannya dengan karya tersebut.

Sumber :
Bupena 4A penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar