Hari/Tanggal : Selasa/ 1 Oktober 2019
Tujuan Pembelajaran :
PB 5
1. Siswa mampu memahami teknik menggambar tiga dimensi
2. Siswa mampu memahami kegiatan ekonomi dan pekerjaan yang terkait
PB 6
1. Siswa mampu mempraktekan cara memberi pendapat tentang inti cerita
2. Siswa mampu memahami nilai-nilai pancasila dalam tokoh cerita
PB 5
SBDP
Di dalam menggambar dengan teknik 3D, terdapat beberapa cara, yaitu:
1. menggunakan teknik arsiran sedemikian rupa sehingga media 2 dimensi seolah-olah menjadi media 3D untuk menghidupkan objek utama yang kita gambar.
2. menggunakan teknik lipatan kertas. Dengan menggunakan teknik lipatan kertas ini, media kertas yang mulanya 2D dilipat sedemikian rupa sehingga membuat objek yang digambar mampu "menembus" dimensi lipatan tersebut sehingga pada waktu pengambilan gambar dengan kamera misalnya, maka akan tampak objek yang 3D oleh mata.
3. menggunakan teknik tumpang tindih kertas atau media gambar. Dengan menggunakan teknik ini, sebuah objek dapat terlihat 3D oleh penglihatan karena tumpukan media dengan kemiringan yang berbeda dan beragam akan menimbulkan efek perspektif dari objek yang berbeda-beda sehingga memecah sudut penglihatan mata. Dengan demikian akan tampak seolah-olah objek utama yang kita gambar menjadi hidup.
4. menggunakan teknik potongan pada media kertas. Dengan memotong sebagian objek utama kemudian ditindihkan di atas media kertas yang lain dengan posisi yang berbeda, maka seolah objek akan menembus perspektif yang berbeda sehingga menimbulkan efek 3D.
IPS
Setiap lingkungan memiliki jenis kegiatan ekonomi dan pekerjaan yang berbeda -beda. Misalnya diperkotaan dan pedesaan. Dilingkungan perkotaan biasanya banyaj perkantoran, mal dan pertokoan. Dan diperkotaan banyak yang bekerja sebagai karyawan kantor, satpam, penjaga toko dan pemilik toko. Sedangkan dipedesaan banyak terdapat lahan pertanian, perkebunan dan peternakan. Dan dipedesaan banyak yang bekerja sebagai petani, pemilik lahan pertanian, distributor pertanian, peternak dan penjual pakan ternak.
PB 6
Bahasa Indonesia
Kita dapat memberikan pendapat mengenai konflik yang terdapat dalam cerita dengan cara sebagai berikut :
a. Bacalah cerita dengan cermat
b. Carilah suatu paragraf yang memuat sebuah masalah
c. Carilah penyebab awal munculnya permasalahan didalam cerita
d. Carilah juga bagaimana permasalahan dalam cerita tersebut diselesaikan
PKN
Nilai-nilai pancasi menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Bangsa Indonesia harus memiliki sikap-sikap yang sejalan dengan nilai-nilai pada pancasila. Sikap -sikap tersebut diwujudkan dalam perilaku sehari-hari. Misalnya, taat beribadah, bersyukur, toleransi, jujur, peduli dan bertanggung jawab.
Kita dapat memberikan pendapat mengenai konflik yang terdapat dalam cerita dengan cara sebagai berikut :
a. Bacalah cerita dengan cermat
b. Carilah suatu paragraf yang memuat sebuah masalah
c. Carilah penyebab awal munculnya permasalahan didalam cerita
d. Carilah juga bagaimana permasalahan dalam cerita tersebut diselesaikan
PKN
Nilai-nilai pancasi menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Bangsa Indonesia harus memiliki sikap-sikap yang sejalan dengan nilai-nilai pada pancasila. Sikap -sikap tersebut diwujudkan dalam perilaku sehari-hari. Misalnya, taat beribadah, bersyukur, toleransi, jujur, peduli dan bertanggung jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar