Hari/Tanggal : Senin, 4 November 2019
Tujuan Pembelajaran :
PB 2
Siswa dapat memahami makna sila ke 4
siswa dapat menerapkan pengamalan sila ke 4
Siswa dapat memahami tangga nada dengan baik
PB 3
Siswa dapat menjawab pertanyaan dari isi teks dengan baik
Siswa dapat menceritkan kembali isi teks yang dibaca
Siswa dapat memahami sifat - sifat cahaya terutama penguraian cahaya
PB 2
Makna Sila ke 4 Pancasila
Makna sila keempat dari Pancasila : Adalah sebagaian dasar Negara Indonesia yang sudah mulai tergeser fungsinya bahkan yang modern Semacam ini, Adapun sila dari Pancasila yang hampir tidak diterapkan lagi dalam Masyarakat bahkan dalam Berdemokratisasi
Sila keempat Pancasila ini yang berbunyi, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksnaan dalam perwusyawaratan perwkilan, Maka Sila ke-empat ini Salah satu merupakan penjelmaan dalam dasar politik Negara.
Yaitu Negara yang berbentuk berkedaulatan Rakyat menjadi Salah satu Landasan yang mutlak daripada sifat demokrasi Negara Indonesia, Disebabkan yang memiliki dua dasar yang mutlak.
Maka Berdemokrasi Negara Indonesia Sangatlah mutlak pula Untuk tidak Bisa dirubah dan ditiadakan, Dalam sifat persatuan dan kesatuan makna Pancasila.
Sehingga Sila Keempat ini Rakyatan dan sebagainya Harus berke-Tuhanan Yang Maha Esa, Dan berkemanusiaan yang adil dan beradab. Guna mempersatukan Rakyat Indonesia dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Di Dalam Sila keempat Ini pancasila yang berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Atau Perwakilan yang memiliki arti dan makna sebagai Berikut :
- Kerakyatan Adalah kekuasaan yang tertinggi berada ditangan rakyat, berarti Indonesia Memegang demokrasi.
- Hikmat kebijaksanaan Adalah penggunaan pikiran atau akal yang sehat Dan selalu mempertimbangkan persatuan
- Permusyawaratan Adalah dalam merumuskan dan memutuskan suatu hal yang didasarkan kehendak rakyat
- Perwakilan Adalah tata cara mengusahakan turut sertanya rakyat mengambil suatu keputusan kehidupan bernegara,
- Adanyahak dan kebebasan yang harus disertai dengan tanggung jawab
- Harus Menjujung tinggi harkat maupun martabat kemanusiaan.
- Menjamin Atau memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam hidup bersama.
- Harus Mengakui ,elompok, ras, suku, agama,
- Mengakui kesepakatan bersama Dalam suatu hak yang melekat pada setiap individu,
- Harus menerima perbedaan di dalam suatu kerja sama kemanusiaan yang beradab.
SBdP
Nada diartikan sebagai bunyi yang teratur. Nada memiliki tingkatan bunyi rendah maupun tinggi. Simbol nada buatan hitam beserta tiang yang terdapat pada gari - garis paranada.
semakin tinggi bulatan hitam maka nada semakin tinggi begitu sebaliknya.
PB 3
Bahasa Indonesia
menyampaikan jawaban dan menceritakan kembali isi teks
Jika menjawab pertanyaan sebaiknya membaca dalam hati dan pahami benar - benar isi teks yang di baca atau dengan membaca intensif. dimana kita harus membaca dengan memahami isi teks tersebut sehingga kita dapat menjawab pertanyaan dari teks. setelah menjawab pertanyaan kita dapat menceritakan kembali isi teks tersebut.
cara menceritkan kembali isi teks adalah :
1. merangkai kembali jawaban - jawaban yang kita tulis dengan bahasa yang baik dan berurutan.
2. jika kita menceritakan dengan bentuk lisan sebaiknya menceritakan dengan lafal dan intonasi yang jelas sehingga informasi yang di samapaikan dapat dipahami dengan baik.
IPA
Bahan membuat cakram warna antara lain kertas karton, benang dan cat warna. Cara membuat cakram warna yaitu membuat lingkaran dari kertas karton kemudian memasangkan benang serta mewarnai kertas karton tersebut.
Pembahasan
Bahan yang diperlukan untuk membuat cakram warna secara lenhgkap antara lain:
- kertas karton berwarna putih
- benang kasur sebanyak dua untai
- cat air berbagai warna antara lain: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu
- gunting kertas
- penggaris
- kuas
- jangka
- paku atua jarum
- pensil
Cara membuat cakram warna yaitu sebagai berikut:
- buat lingkaran dari kertas karton warna putih dengan garis tengah 10 cm.
- buat garis pemisah yang membagi lingkaran menjadi tujuh bagian yang sama.
- buat dua buah lubang sebesar paku, masing-masing jaraknya 1 cm dari pusat lingkaran.
- warnai setiap bagian dengan cat berbeda secara berurutan dengan warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. (jangan sampai salah urutan)
- masukan benang kasur melalui kedua lubang dan pertemukan bagian ujung benang, kemudian belitkan benang satu dengan lainnya.
- putar cakram warna tersebut dengan cara menarik dan mengendurkan tali.
penjelasan yang lebih detail mengenai cakram warna dapat disimak pada uraian berikut ini.
Cakram warna merupakan alat yang digunakan untuk menunjukkan bahwa cahaya putih dari matahari yang kita lihat merupakan kumpulan warna-warna yang disebut spectrum cahaya.
Warna putih ini ternyata mengandung berbagai warna antara lain:
- merah
- jingga
- kuning
- hijau
- biru
- nila
- ungu
Saat kita melihat cakram warna ini berputar dengan kecepatan tertentu, maka kita hanya dapat melihat warna putih sebagai gabungan dari semua spectrum warna ini yang melambangkan warna putih dari cahaya matahari. Namun jika tidak diputar makan kita dapat melihat tujuh warna berbeda yang merupakan penyusun dari warna putih tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar