About

Kamis, 14 November 2019

Tema 5 Subtema 2 PB 6

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 6


Tema 5 Subtema 2 PB 6
Hari/tanggal : Keterangan, 14 November 2019
Tujuan pembelajaran:
1.     Siswa dapat menerapkan sikap kepahlawanan sesuai dengan makna sila kelima pancasila
2.    Siswa dapat mempresentasikan informasi yang disajikan dalam peta pikiran.

Note: Materi belum dipelajari, karena hari Rabu, 13 November 2019 acara Maulid Nabi.

PKn
Contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari:
a. Lingkungan keluarga Di lingkungan keluarga kita dapat menerapkan sikap kepahlawan dengan saling menolong dengan ikhlas. Biasanya di rumah telah ditetapkan aturan dan tugas-tugas rumah. Misalnya ayah mencuci motor, ibu memasak, kamu mencuci piring dan adikmu menyapu rumah. Jika suatu saat adikmu tidak dapat melaksanakan tugas karena sakit, maka kamu harus siap menggantikan tugasnya dengan rela dan tulus ikhlas.

b. Lingkungan sekolah Di lingkungan sekolah kita pun dapat mewujudkan sikap kepahlawan. Misalnya jika ada teman yang tertimpa musibah, seluruh siswa di kelas dengan suka rela mengumpulkan bantuan dana dan barang. Sikap kepahlawanan di sekolah juga bisa diwujudkan dengan berani mengakui kesalahan, jika memang berbuat salah.

c. Lingkungan masyarakat Lingkungan masyarakat merupakan lingkungan yang lebih luas. Sikap kepahlawanan dapat diwujudkan misalnya dengan ikut serta bekerja bakti membersihkan lingkungan. Jika memiliki suatu makanan tidak lupa memberikan kepada tetangga. Jika ada suatu daerah yang tertimpa musibah, kita bantu sesuai dengan kemampuan kita. Ini juga merupakan sikap kepahlawanan.

Bahasa Indonesia
Informasi penting dari teks juga dapat kita tuliskan dalam bentuk peta pikiran. Peta pikiran berisi rangkuman penting yang memuat rangkuman dari inti bacaan. Dalam bentuk peta pikiran, semua informasi penting menjadi lebih jelas dan mudah dipahami. Inti bacaan yang sudah kita pahamidapat menjadi bahan untuk mempresentasikan isi bacaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar