About

Selasa, 30 Januari 2024

Matematika dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal : Selasa, 30 Januari 2024


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Matematika 

Elemen CP : Pengukuran : Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik menganalisis Panjang benda menggunakan satuan baku

2. Peserta didik mengerjakan latihan soal evaluasi satuan panjang dan berat


Pengukuran Satuan Berat 

Pengertian Satuan Berat dan Alat Ukurnya

Satuan berat merupakan standar atau dasar ukuran yang digunakan untuk menyatakan berat dari suatu benda, misalnya buah ini beratnya 1 kg. Satuan berat yang sering kita gunaan sehari hari adalah ons, kwintal, ton, kilogram, gram, pound, dan lbs.

Biasanya kita menggunaan satuan berat ketika misalnya belanja di pasar, membeli barang di toko bangunan, dan lain-lain. Nah, saat kita akan membeli sesuatu di pasar maupun toko bangunan, terkadang kita melihat suatu alat yang digunakan untuk menghitung berat suatu benda, alat tersebut dinamakan dengan timbangan. Ada berbagai macam bentuk timbangan, ada yang digital dan ada yang manual, bentuknya pun berbeda beda.

Berikit ini Video Pembelajaran Satuan Berat : 


Membuat alat peraga Satuan Panjang dan Berat 





Latihan Soal ! 

1. Jarak antara rumah Vidia dengan sekolah adalah 2 km. Jarak ini sama dengan …
a. 200 m
b. 20 m
c. 2.000 m
d. 20.000 m
2. Hasil 30 m + 40 Hm – 4.000 cm adalah ….
a. 440 m
b. 340 m
c. 350 m
d. 410
3. Harun memiliki tali dengan ukuran 10 m. Kemudian Harun akan memberikan tali kepada Mutia hanya 250 cm. Berapa sisa dari tali Harun …
a. 750 m
b. 75 m
c. 7,5 m
d. 9,25 m
4. Humairah kemarin membeli kacamata 3 lusin. Artinya kacamata Humaira ada sebanyak …
a. 30 buah
b. 36 buah
c. 18 buah
d. 72 buah
5. 4 lusin + 2 gros + 50 buah = …
a. 448
b. 288
c. 242
d. 386
6. Fuad telah mendapat hasil panen beras 3 ton. Hasil ini sama dengan….
a.3.000 talenta
b. 3.000 Hg
c. 3.000 ons
d. 3.000 kg
7. 3 kg + 20 ons + 1 kuintal = …
a. 123 kg
b. 105 kg
c. 15 kg
d. 303 kg
8. Faris membeli jeruk 2 kg, apel 30 ons dan salak 15 Hg. Berapa berat keseluruhan
a. 65 kg
b. 6,5 kg
c. 78
d. 20

Bahasa Indonesia

Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran : Mampu menentukan latar tempat/waktu dari sebuah teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis dalam tulisannya

2. Peserta didik mencari dan menggunakan informasi dari beragam sumber;

Materi Pembelajaran : 


Sejarah Oeang Republik Indonesia (ORI)

Pemerintah Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1945 menetapkan berlakunya mata uang bersama di wilayah Republik Indonesia (RI), yaitu uang De Javasche Bank, uang Hindia Belanda dan uang Jepang.



Menabung di Bank Tugas berikut ini dapat kalian kerjakan secara berkelompok. Cari tahu apa saja persyaratan dan prosedur menabung di bank. Diskusikan cara kelompok kalian mendapatkan informasi tersebut. Kalian dapat datang langsung ke sebuah bank, bertanya melalui telepon, atau mencari informasi di internet. Tuliskan di buku tulis kalian persyaratan dan prosedur tersebut.

Prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Ingat, teks prosedur harus berisi 
1. tujuan yang ingin dicapai dari prosedur tersebut; 
2. persyaratan dan perlengkapan yang dibutuhkan; dan 
3. langkah-langkah yang dilakukan. 

Ciri-ciri teks prosedur: 
1. menggunakan kalimat perintah; 
2. menggunakan kata kerja aktif; 
3. berisi langkah-langkah yang urut; dan 
4. menggunakan kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan/langkah. 
Setelah mendapatkan berbagai informasi tentang uang, kini saatnya kalian berbagi pengalaman atau pendapat tentang menabung. Tuliskan pengalaman tersebut di buku kalian. Gunakan kalimat dengan menggabungkan subjek, predikat, kata sifat, dan kata depan. Dengan menuliskan cara menabung di bank, kalian berlatih menulis teks prosedur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar