About

Jumat, 19 Januari 2024

Pendidikan Pancasila

 Hari/Tanggal : Jum'at, 19 Januari 2024


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Elemen CP : Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mampu menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya. Peserta didik mampu mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar.

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mengenal sikap menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar.

Ketika berteman, kita akan menemukan beragam individu yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat berupa perbedaan fisik, perbedaan bahasa, perbedaan daerah asal, perbedaan karakter, dan sebagainya. Perbedaan ini menjadi keistimewaan untuk bangsa Indonesia, yang kita kenal dengan istilah keberagaman. Keberagaman individu masyarakat Indonesia perlu dijaga, agar kita semakin menghargai orang dan budaya dari daerah lain. Keberagaman Indonesia yang dijaga dan dilestarikan nantinya juga dapat diperkenalkan sebagai kebudayaan nasional.

Tonton vidio ini yuk !!!




A. Cara Menyikapi Perbedaan

1. Tidak Membeda-bedakan

Meskipun setiap dari teman-temanmu memiliki perbedaan yang beragam, kita tidak boleh membeda-bedakan teman. Sebab, sikap membeda-bedakan teman akan memunculkan perselisihan yang merugikan diri sendiri serta orang lain.

2. Menghargai Perbedaan

Salah satu cara menyikapi perbedaan adalah dengan saling menghargai perbedaan yang ada.Misalnya, saat ada teman baru dari berbeda daerah, baiknya kamu menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga temanmu dapat berkomunikasi dengan lancar denganmu.Perbedaan karakteristik tidak hanya yang terlihat dari fisik temanmu, namun juga latar belakang daerah asal, bahasa, dan budaya. Dengan perbedaan tersebut, kita dan teman-teman di sekolah bisa saling mengenal budaya dan bahasa dari daerah masing-masing. Semakin mengenal perbedaan antardaerah, semakin kita bisa belajar menghargai perbedaan dan bersikap toleransi.

3. Membangun Sikap Toleransi

Toleransi yang dimaksud adalah saling menghormati perbedaan budaya, asal, bahasa, maupun pendapat dari orang lain. Selain toleransi, kita juga harus saling mengasihi dan rukun sesama teman, agar terhindar dari perselisihan. Perbedaan yang ada di Indonesia justru saling melengkapi dan menjadi keistimewaan masing-masing daerah, yang patut dibanggakan.Dengan adanya banyak perbedaan di Indonesia, kita harus menumbuhkan sikap menghargai, menghormati, dan toleransi, supaya terwujud persatuan dan kesatuan.Salah satu alasan penting persatuan dan kesatuan harus diwujudkan adalah agar tidak mudah dipecah belah oleh siapapun itu. Sebab, sikap persatuan dan kesatuan membuat kita lebih kompak dan rukun dengan sesama teman di sekitar kita, sehingga akan sulit dipecah-belah. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar