About

Senin, 13 Januari 2025

Matematika dan Seni Rupa

 Hari/Tanggal: Selasa/ 14 Januari 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.



Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c 🙏 bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.

Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali di hari Selasa dalam keadaan sehat.

Pada pertemuan sebelumnya di pelajaran PAK telah mempelajari tentang sikap disiplin ,taukah kalian apa disiplin?

Ya benar, disiplin  adalah sikap patuh terhadap aturan Pada pertemuan ini anak-anak akan belajar tentang cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian dan mengerjakan latihan

Untuk pelajara seni rupa , kita akan  mempelajari tentang bentuk kolase.

Metode : Demonstrasi dan tanya jawab, saintifik

Media : Video Pembelajaran dan LKPD

Matematika 

Elemen : Bilangan

Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian

ATP : Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian melalui latihan soal dengan cermat.

Metode Pembelajaran :

Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab, latihan soal

Media / Alat peraga

Tv, laptop, Video dan gambar 

Sumber Belajar :

Buku cetak Matematika Kelas 2 Kemendikbud dan Mediatama serta internet

Video Pembelajaran :


Hari ini kita akan belajar matematika materi perkalian. Adakah ananda yang sudah tahu tentang perkalian?

Perkalian adalah penjumlahan berulang; yaitu, perkalian dua bilangan sama dengan menjumlahkan sebanyak mungkin salinan salah satunya.

Misalnya, 4 dikalikan 3, ditulis sebagai  dan diucapkan sebagai "3 dikali 4", dapat dihitung dengan menambahkan 3 salinan dari 4 secara bersamaan:

Maka, 3 (pengganda) dan 4 (pengganda) adalah faktor, dan 12 adalah produk.

Salah satu sifat utama dari perkalian adalah sifat komutatif, yang menyatakan dalam hal ini bahwa menambahkan 3 salinan dari 4 memberikan hasil yang sama dengan menambahkan 4 salinan dari 3:

Dengan demikian penunjukan pengali dan pengali tidak mempengaruhi hasil perkalian

Perhatikan contoh berikut !


Banyak tempat ada 3, masing-masing tempat berisi 2 perahu maka bentuk perkaliannya adalah tempat dikali dengan isinya yaitu 3x2 = 6

Bentuk penjumlahannya tulis angka 2 sebanyak 3 kali, jadi 2+2+2 = 6.

Latihan :


Elemen: Mengalami

Tujuan: peserta didik dapat mengenali mengidentifikasi dan menggunakan elemen rupa ( garis dan warna) dalam sebuah karya.

ATP: 
Melalui kegiatan mengamati peserta didik dapat mengenal konsep karya seni kolase dengan benar. 

Metode pembelajaran: 
Metode gambar ,diskusi ,tanya jawab 

Media alat peraga: 
TV laptop video dan gambar 
Sumber belajar: 

Buku cetak seni rupa kelas 2 SD. 

Mengenal Kolase
Apa seni kolase itu? 
Kolase artinya teknik menempelkan bahan. 
Kolase dibuat dari berbagai bahan. 
Ada bahan alam dan ada bahan buatan. 

1.Bahan Alam
Kolase bahan alam berasal dari alam. 
Contohnya daun kering ,biji-bijian, kulit telur ,dan sebagainya.



2.Bahan Buatan
Bahan buatan dapat ditemukan di lingkungan sekitar. 
Contohnya kertas, kain perca ,plastik ,dan sebagainya. 


SIMAK VIDIO PEMBELAJARAN DI BAWAH INI 👇


Mari hari kita akan mempraktekan membuat kolase dari  bahan alam
ada pun alat dan bahan yang harus dipersiapakan
1.kertas atau pola gambar
2. lem fox
3. bijian -bijian.



Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb

Refleksi/Ringkasan materi 
Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran hari ini semua siswa sudah dapat memahami konsep matematika dengan baik. dan untuk seni rupa praktek membuat kolase masih belum selesai pembuatannya dan dilanjutkan pada kegiatan pembelajaran berikutnya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar