Hari/Tanggal: Senin/ 6 Januari 2025
Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.
Assalamualaikum Soleh ,Soleha Apa kabarnya hari ini ,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan dapat melanjutkan pembelajaran di semester 2.
Adapun untuk pembelajaran hari ini kita akan merefleksikan tentang kegiatan selama liburan, ada pun lembar yang harus kalian isi sebagai berikut:
PAK (PENDIDIKAN ANTI KORUPSI)
DISIPLIN
Disiplin merupakan sikap yang baik yang dibutuhkan di setiap aktivitas, seperti di sekolah, masyarakat, pekerjaan, dan diri sendiri. Disiplin harus dipelajari dan dibiasakan sejak kecil, karena kebiasaan disiplin tersebut akan terbawa hingga dewasa.
- Melatih diri untuk menaati tata tertib
- Rasa ketaatan dan kepatuhan terhadap nilai-nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawab
- Sikap untuk berperilaku dan bekerja dengan terkendali
- Tata tertib atau ketaatan terhadap peraturan
Beberapa ciri-ciri orang yang disiplin adalah: Selalu tepat waktu, Selalu menjalankan tugas, Selalu menaati peraturan dengan baik.
Untuk meningkatkan disiplin diri
1.Menentukan tujuan yang ingin dicapai
2,Membuat urutan hal-hal yang ingin dilakukan
3.Membuat jadwal kegiatan secara tertulis
4.Melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang dibuat
5.Berlatih ketekunan setiap hari.
BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
Perbedaan dapat ditemukan pada banyak hal. Mulai dari bentuk tubuh, nama, kegemaran, hingga pendapat. Amatilah gambar di bawah judul bab. Temukan perbedaan pada masing-masing anak. Sekarang, perhatikan salah satu teman kalian. Apa saja perbedaan di antara kalian?
MEMBACA
Fabel adalah cerita dengan tokoh binatang. Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia. Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” bersama guru. Cerita ini disadur dari buku Rahasia Kaki Itik karya Supriyatin.
Tak lama kemudian, itik bertemu elang.
Elang menggeleng iba.
“Cara jalanmu aneh karena kakimu berselaput.”
Itik melirik kaki elang.
Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
Di tepi kolam, itik menatap kakinya.
“Mengapa kakiku tidak indah?” keluhnya sambil menangis.
Beberapa ayam asyik bermain di tepi kolam.
Salah satunya terpeleset dan tercebur.
“Tolong!” teriak ayam itu.
Itik segera melompat ke kolam.
Kakinya mengayuh dengan kuat.
Itik berhasil menyelamatkan ayam.
“Terima kasih, Itik,” ucap ayam.
“Untung saja kamu punya kaki istimewa.”
Itik sadar kakinya berguna untuk berenang.
Itulah yang paling penting bagi seekor itik.
Itik berenang dengan riang.
Ia berjanji tidak akan lagi merasa minder.
Iba = kasihan /terharu
Minder = Rendah diri
Kawanan=Kumulan hewan sejenis
TANDA KOMA DIPAKAI SETELAH KATA "Tetapi"
TANDA KOMA DIPAKAI UNTUK MEMERINCI BEBERAPA UNSUR."kokoh,kuat"
latihan:
Berlatihlah menggunakan kosakata baru.
1. Yuka merasa _________ karena tubuhnya kecil.
2. Ada _________ semut mengerumuni sisa makanan.
3. Lila merasa ______ saat melihat burung yang terluka.
Perhatikan tanda koma pada teks di atas.
• Tanda koma digunakan untuk memerinci beberapa unsur.
Contoh: Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
• Tanda koma juga digunakan sebelum kata “tetapi”
Pada kalimat.
Contoh: Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.
Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” sekali lagi.
Berapa banyak tanda koma yang kalian temukan?
vidio pembelajaran 👇
Refleksi /Ringkasan materi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar