Hari/Tanggal: Kamis/ 16 Januari 2025
Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c 🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali di hari Kamis dalam keadaan sehat.
Pada pertemuan sebelumnya di pelajaran matematika telah mempelajari tentang penulisan kalimat matematika dalam perkalian dengan angka ,taukah kalian apa itu perkalian dan bahasa indonesia tentang kata sifat dan kata benda .taukah kamu arti dari kata benda ?
Ya benar kata benda adalah Kata benda adalah kata yang mewakili orang, tempat, benda, tumbuhan dan hewan.Pada pertemuan ini anak-anak akan belajar p 5 dan pendidikan pancasila
Untuk pelajara pendidikan pancasila yang akan kita pelajari adalah hobi di lingkungan sekolah,sedangkan p5 tentang tarian daerah,lagu derah dan permainan tradisonal.
1. Bedil Betung/Jejok
Berbeda halnya dengan tiga permainan di atas. Permainan ini lebih mengandalkan keakuratan dan kekuatan tembakan. Sumber tenaga tembakan berasal dari dorongan satu tangan pemain. Sementara tangan lainnya digunakan untuk memegang selongsong. Bahan yang diperlukan adalah bambu, dan buah leak. Satu ruas bambu digunakan sebagai selongsong.
Selain itu. Diperlukan juga satu bilah bambu sebagai alat pendorong pada selongsong yang telah diberi buah leak. Para pemain terbagi dalam dua kelompok. Posisi kelompok saling berhadapan dengan jarak sekitar enam meter. Setelah aba-aba permainan dimulai. Mereka saling serang dengan akurasi tembakan pada badan hingga kaki kelompok lawan. Layaknya seperti di medan pertempuran. Para pemain yang telah terkena tembakan dinyatakan gugur. Pemenang adalah kelompok yang berhasil menembak seluruh anggota kelompok lawan.
2. Lempar selop
Permainan lempar selop dilakukan paling sedikit oleh dua orang. Dan, bisa dilakukan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Bahan permainan hanyalah sebidang tanah dan beberapa sandal pemain yang dikumpulkan tersusun di tengah arena permainan. Awal permainan adalah dengan melakukan undian untuk menentukan siapa yang menjadi pelempar sandal pertama, kedua, dan seterusnya. Jika pemain pertama gagal meruntuhkan sandal yang telah tersusun, maka ia akan digantikan oleh pemain kedua. Jika sandal yang dilemparkan berhasil meruntuhkan susunan sandal, maka si pemain akan mengejar dan menangkap lawannya. Lawan yang berhasil ditangkap dianggap kalah. Keriangan sangat terasa dalam permainan ini, baik saat pemain melempar sandal, ataupun saat pemain mengejar lawannya untuk ditangkap
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah; mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila; mematuhi aturan di lingkungan keluarga dan menceritakannya; mengenal para perumus Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila; dan mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Elemen Bhinneka Tunggal Ika :
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat Menyebutkan identitas diri sesuai hobi di lingkungan rumah dan sekolah.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengidentifikasi identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab
Memasak
Origami
Otomotif
Bepergian
Kolektor
Membuat Diorama
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah; mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila; mematuhi aturan di lingkungan keluarga dan menceritakannya; mengenal para perumus Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila; dan mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Elemen Bhinneka Tunggal Ika :
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat Menyebutkan identitas diri sesuai hobi di lingkungan rumah dan sekolah.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengidentifikasi identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab
Memasak
Origami
Otomotif
Bepergian
Kolektor
Membuat Diorama
Ayo bercerita!
Apakah kalian mempunyai hobi di lingkungan rumah?
Coba sebutkan hobi kalian!
Ceritakan kepada teman-teman kalian!
Mari, Memperkaya Ilmu
Untuk menjawab soal nomor 4 di bagian Mari, Berlatih, perkirakanlah kejadian yang akan terjadi. Kejadian itu bisa kejadian baik atau kejadian tidak baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar