Assalamualaikum.wr.wb sholeh/sholeha kelas 2C apa kabarnya hari ini? semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini, kemarin kita telah mempelajari materi konsep perkalian menyenangkan bukan? sekarang kita lanjutkan lagi materi perkalian yang lebih luas lagi. yuk kita mulai kegiatan pembelajaran hari ini !
BAHASA INDONESIA
Elemen :
Mengimak
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
Perbedaan dapat ditemukan pada banyak hal. Mulai dari bentuk tubuh, nama, kegemaran, hingga pendapat. Amatilah gambar di bawah judul bab. Temukan perbedaan pada masing-masing anak. Sekarang, perhatikan salah satu teman kalian. Apa saja perbedaan di antara kalian?
MEMBACA
Fabel adalah cerita dengan tokoh binatang. Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia. Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” bersama guru. Cerita ini disadur dari buku Rahasia Kaki Itik karya Supriyatin.
Ketika berjalan ke kolam, itik bertemu kawanan bangau. “Itik si kaki pendek dan kasar!” ejek bangau. “Lihatlah kaki kami yang ramping dan bersih!” Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.
Tak lama kemudian, itik bertemu elang.
Elang menggeleng iba.
“Cara jalanmu aneh karena kakimu berselaput.”
Itik melirik kaki elang.
Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
Di tepi kolam, itik menatap kakinya.
“Mengapa kakiku tidak indah?” keluhnya sambil menangis.
Beberapa ayam asyik bermain di tepi kolam.
Salah satunya terpeleset dan tercebur.
“Tolong!” teriak ayam itu.
Itik segera melompat ke kolam.
Kakinya mengayuh dengan kuat.
Itik berhasil menyelamatkan ayam.
“Terima kasih, Itik,” ucap ayam.
“Untung saja kamu punya kaki istimewa.”
Itik sadar kakinya berguna untuk berenang.
Itulah yang paling penting bagi seekor itik.
Itik berenang dengan riang.
Ia berjanji tidak akan lagi merasa minder.
Iba = kasihan /terharu
Minder = Rendah diri
Kawanan=Kumulan hewan sejenis
TANDA KOMA DIPAKAI SETELAH KATA "Tetapi"
TANDA KOMA DIPAKAI UNTUK MEMERINCI BEBERAPA UNSUR."kokoh,kuat"
latihan:
Berlatihlah menggunakan kosakata baru.
1. Yuka merasa _________ karena tubuhnya kecil.
2. Ada _________ semut mengerumuni sisa makanan.
3. Lila merasa ______ saat melihat burung yang terluka.
Perhatikan tanda koma pada teks di atas.
• Tanda koma digunakan untuk memerinci beberapa unsur.
Contoh: Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
• Tanda koma juga digunakan sebelum kata “tetapi”
Pada kalimat.
Contoh: Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.
Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” sekali lagi.
Berapa banyak tanda koma yang kalian temukan?
vidio pembelajaran 👇
Elemen: Mengalami
Tujuan: peserta didik dapat mengenali mengidentifikasi dan menggunakan elemen rupa ( garis dan warna) dalam sebuah karya.
ATP:
Melalui kegiatan mengamati peserta didik dapat mengenal konsep karya seni kolase dengan benar.
Metode pembelajaran:
Metode gambar ,diskusi ,tanya jawab
Media alat peraga:
TV laptop video dan gambar
Sumber belajar:
Buku cetak seni rupa kelas 2 SD.
Mengenal Kolase
Apa seni kolase itu?
Kolase artinya teknik menempelkan bahan.
Kolase dibuat dari berbagai bahan.
Ada bahan alam dan ada bahan buatan.
1.Bahan Alam
Kolase bahan alam berasal dari alam.
Contohnya daun kering ,biji-bijian, kulit telur ,dan sebagainya.
2.Bahan Buatan
Bahan buatan dapat ditemukan di lingkungan sekitar.
Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian
ATP : Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian melalui latihan soal dengan cermat.
Metode Pembelajaran :
Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab, latihan soal
Media / Alat peraga
Tv, laptop, Video dan gambar
Sumber Belajar :
Buku cetak Matematika Kelas 2 Kemendikbud dan Mediatama serta internet
Video Pembelajaran :
Hari ini kita akan belajar matematika materi perkalian. Adakah ananda yang sudah tahu tentang perkalian?
Perkalian adalah penjumlahan berulang; yaitu, perkalian dua bilangan sama dengan menjumlahkan sebanyak mungkin salinan salah satunya.
Misalnya, 4 dikalikan 3, ditulis sebagai dan diucapkan sebagai "3 dikali 4", dapat dihitung dengan menambahkan 3 salinan dari 4 secara bersamaan:
Maka, 3 (pengganda) dan 4 (pengganda) adalah faktor, dan 12 adalah produk.
Salah satu sifat utama dari perkalian adalah sifat komutatif, yang menyatakan dalam hal ini bahwa menambahkan 3 salinan dari 4 memberikan hasil yang sama dengan menambahkan 4 salinan dari 3:
Dengan demikian penunjukan pengali dan pengali tidak mempengaruhi hasil perkalian
Perhatikan contoh berikut !
Banyak tempat ada 3, masing-masing tempat berisi 2 perahu maka bentuk perkaliannya tempat dikali dengan isinya yaitu 3x2 = 6
Bentuk penjumlahannya tulis angka 2 sebanyak 3 kali, jadi 2+2+2 = 6.
Latihan :
Baiklah demikian materi penjelasan hari ini semoga bermanfaat dan diterapkan ilmunya. Bu guru ucapkan terimakasih dan jangan lupa sholat 5 waktu serta gunakan terus 4 kata ajaib, tolong, maaf, permisi dan terimakasih. Semangat selalu dalam belajar Bu Guru akhiri wasalamualaikum.wr.wb.
Refleksi /Ringkasan materi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini di kelas 2 c materi matematika tentang perkalian Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian, untuk materi seni rupa Melalui kegiatan mengamati peserta didik dapat mengenal konsep karya seni kolase dengan benar. Sedangkan untuk materi bahasa indonesia peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
Nama : Fitka Afrillita, S.Pd.
NIK : 19900413 201507 2354
Pendidikan : S1PGSD
Unit Kerja : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Guru Kelas : Kelas II C
Medsos yang dimiliki :
Instagram :@fitkaafrill
Tidak ada komentar:
Posting Komentar