About

Kamis, 16 Januari 2025

Pendidikan Pancasila

Hari/Tanggal: Jum'at/ 17 Januari 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c 🙏 bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.

Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali di hari jumat dalam keadaan sehat.

Pada pertemuan sebelumnya di pelajaran p5 telah mempelajari tentang permainan tradisonal/kearifan lokal taukah apa kearipan lokal?

Ya benar kerifan lokal  adalah  Pandangan hudup dan ilmu pengetahuan yg dimiliki masyarakat setempat, Untuk pelajara pendidikan pancasila  yang akan kita pelajari adalah hobi di lingkungan  sekolah.

Elemen Bhinneka Tunggal Ika :

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat Menyebutkan identitas diri sesuai hobi di lingkungan rumah dan sekolah.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat mengidentifikasi identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah

Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning

Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab

Memasak

Origami

Otomotif

Bepergian

Kolektor

Membuat Diorama

CP :

Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah; mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila; mematuhi aturan di lingkungan keluarga dan menceritakannya; mengenal para perumus Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila; dan mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah.


Elemen Bhinneka Tunggal Ika :

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat Menyebutkan identitas diri sesuai hobi di lingkungan rumah dan sekolah.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat mengidentifikasi identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah

Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning

Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab

Memasak

Origami

Otomotif

Bepergian

Kolektor

Membuat Diorama

Ayo bercerita!

Apakah kalian mempunyai hobi di lingkungan rumah?

Coba sebutkan hobi kalian!

Ceritakan kepada teman-teman kalian!

Mari, Memperkaya Ilmu




Mari, Mencari Jawaban 

Untuk menjawab soal nomor 4 di bagian Mari, Berlatih, perkirakanlah kejadian yang akan terjadi. Kejadian itu bisa kejadian baik atau kejadian tidak baik.

Anak mempunyai hobi di sekolah. Hobi setiap anak berbeda-beda. Ada juga yang hobinya sama. Hobi di sekolah bermacam-macam. Ada yang dilakukan di dalam ruangan. Ada pula yang dilakukan di luar ruangan.
SIMAK VIDIO DI BAWAH INI 👇







Mari, Bercerita Kalian mempunyai hobi di sekolah. Ceritakan hobi kalian di sekolah.


Latihan Soal:

Jawablah pertanyaan sesuai bacaan. 

1. Bela kelas berapa? 2 sd

2. Apa hobi Bela? bernyanyi

3. Mengapa Bela melakukan hobi pada jam istirahat? tidak menggangu pembelajaran.





Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb

Refleksi/Ringkasan materi 
Berdasarkan pembelajaran hari ini di kelas 2 c  materi pendidikan pancasila Peserta didik dapat mengidentifikasi identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar