About

Senin, 25 Agustus 2025

Bahasa Indonesia dan Matematika

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Selasa, 26 Agustus 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang kata tanya dalam kalimat tanya dan bentuk organik. Nah hari ini kita akan mempelajari kalimat tanya dan penjumlahan pengurangan. Kita juga akan melaksanakan latihan soal terkait materi tersebut yaOke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah. 

📌 Metode dan Media ajar

  • -Metode/Model pembelajaran: Discovery Learning
  • -Media ajar: Video pembelajaran, Jam dinding, penggaris segitiga,  papan tulis, benda lain di kelas, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

2.Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan   cacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.    Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian   dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
  2. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
  5. Murid dapat melakukan penjumlahan dengan bantuan benda konkret.

📌 Materi Bahasa Indonesia



  • “Kalau kalian melihat gambar ini, pertanyaan apa yang bisa kalian ajukan? Misalnya: Siapa yang ada di gambar? Di mana mereka berada?”
  • “Bagaimana caranya kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari sebuah gambar atau cerita?”

Menjaga Kesehatan Mata dan Olahraga”

 

1. Bacaan: Aturan 20-20-20

“Ketika membaca buku atau menatap layar gawai terlalu lama, mata kita bisa lelah. Ada aturan sederhana yang bisa menjaga kesehatan mata, yaitu aturan 20-20-20. Caranya: setiap 20 menit menatap layar, alihkan pandangan ke arah jauh sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Dengan aturan ini, mata kita akan lebih segar dan sehat.”

Latihan:

  1. Apa itu aturan 20-20-20?
  2. Mengapa aturan ini penting?
  3. Apa yang harus dilakukan setiap 20 menit?

2. Kata Tanya dalam Kalimat Tanya

Kata tanya yang sering digunakan:

  • Apa → untuk menanyakan benda/peristiwa
  • Siapa → untuk menanyakan orang
  • Kapan → untuk menanyakan waktu
  • Di mana → untuk menanyakan tempat
  • Mengapa → untuk menanyakan alasan
  • Bagaimana → untuk menanyakan cara

Contoh Kalimat:

  • Apa makanan kesukaanmu?
  • Siapa yang memakai kacamata?
  • Kapan kamu berangkat ke sekolah?
  • Di mana kamu bermain bola?
  • Mengapa Kadek harus memakai kacamata?
  • Bagaimana cara menjaga kesehatan mata?

LATIHAN!

📌Materi Matematika




  • Tika memetik 12 buah jambu air. Kira memetik 6 lebihnya dari banyak jambu air milik Tika. Berapa banyak jambu air yang dipetik oleh Kira?

  • Cara 1: Menghitung Maju
  • Guru menggambar garis bilangan di papan tulis sebelum memulai pembelajaran
  • Guru mencontohkan cara melakukan penjumlahan dengan menghitung maju satu-satu. 12 + 6 = … 
  • Mula – mula dari bilangan 12, kita melompat 6 langkah ke depan: 

  • Guru dapat membuat soal berbeda dan meminta peserta didik untuk menyelesaikannya dengan Cara 1. 

  • Cara 2: Penjumlahan Bersusun 
  • Guru dapat menyiapkan media, yaitu 18 lidi, stik es krim, atau balok yang dapat disusun dan papan nilai tempat. 
  • Guru memberikan media yang disiapkan tersebut kepada setiap kelompok. 
  • Guru mencontohkan cara melakukan penjumlahan bersusun di papan tulis. 
  • Guru dapat menekankan pentingnya urutan cara penjumlahan bersusun kepada peserta didik 

  • 🟦 A. Apa Itu Penjumlahan?

    Penjumlahan adalah menambahkan dua atau lebih bilangan untuk mendapatkan jumlah keseluruhan.

    Contoh:
    🍎 Rani punya 3 apel. Ibunya memberi 2 apel lagi.
    Berapa total apel Rani sekarang?

    Jawaban: 3 + 2 = 5
    Rani sekarang punya 5 apel.


    🟩 B. Penjumlahan dengan Benda Konkret

    Kamu bisa belajar penjumlahan dengan benda-benda nyata seperti:

    • Kancing
    • Pensil
    • Balok
    • Kelereng
    • Batu kecil

    🧮 Contoh:
    Letakkan 4 kancing di meja. Tambahkan lagi 3 kancing.
    Hitung semuanya: 4 + 3 = 7


    🟥 C. Penjumlahan Menggunakan Gambar

    Gunakan gambar untuk membantu menghitung.

    Contoh:
    Ada 2 
    🐱 kucing dan 4 🐶 anjing.
    Total hewan:
    2 + 4 = 6


    🟨 D. Penjumlahan dengan Garis Bilangan

    Contoh:
    Hitung 5 + 2

    Gunakan garis bilangan:
    Mulai dari angka 5, lompat 2 langkah ke kanan 
    ➡️
    5 + 2 = 7


    🟦 E. Latihan Soal

    1. 6 + 3 = ___
    2. 2 + 4 = ___
    3. Ibu memberi 4 kue, lalu ayah memberi 5 kue lagi.
      ➡️ Total kue: ______
    4. Gambar 2 apel, lalu tambahkan gambar 3 apel.
      ➡️ Ada berapa apel semua? ______

    🟩 F. Ayo Coba Sendiri! (Penjumlahan dalam Kehidupan Nyata)

    🔎 Perhatikan sekitarmu!

    • Berapa jumlah teman sebangkumu dan teman di belakangmu?
    • Jika kamu punya 5 pensil dan meminjam 2 dari temanmu, berapa jumlah pensilmu sekarang?

  • REFLEKSI DAN KESIMPULAN PEMBELAJARAN
  • Bahasa Indonesia
    Peserta didik berlatih melengkapi kata tanya pada kalimat tanya. Sebagian besar siswa sudah mampu mengisi kata tanya apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana sesuai dengan isi kalimat. Namun, masih ada beberapa siswa yang perlu bimbingan agar lebih tepat dalam menyesuaikan kata tanya dengan jawaban yang diharapkan.

  • Matematika
    Peserta didik mempelajari penjumlahan susun ke bawah. Siswa tampak aktif mengerjakan soal latihan, dan sebagian besar sudah memahami cara menjumlahkan bilangan dengan benar melalui langkah perhitungan dari satuan, puluhan, hingga ratusan. Beberapa siswa masih perlu pendampingan untuk lebih teliti dalam menghitung agar hasilnya tepat.

  • Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan dengan lancar. Peserta didik menunjukkan antusiasme, kerja sama, dan perkembangan pemahaman yang cukup baik pada kedua mata pelajaran.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar