About

Minggu, 24 Agustus 2025

Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Senin, 25 Agustus 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menyimak cerita serta menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita, selain itu kita juga sudah belajar mengenal macam-macam garis. Nah pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta mengenal bentuk geometris dan bentuk organik.Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •      Media ajar: Video pembelajarana, Jam dinding, penggaris segitiga,  papan tulis, benda lain di kelas, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

  2. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
  2. Murid mampu mengamati dan mengenal elemen seni rupa (bentuk) di sekitarnya.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid memahami bahwa berbagai jenis bentuk berasal dari garis yang terhubung.
  5. Murid dapat dapat mengidentifikasi bentuk geometris dasar (lingkaran, segitiga, segiempat.
  6. Murid dapat membuat berbagai bentuk yang lebih kompleks.

📌 Materi Bahasa Indonesia


  • “Kalau kalian melihat gambar ini, pertanyaan apa yang bisa kalian ajukan? Misalnya: Siapa yang ada di gambar? Di mana mereka berada?”
  • “Bagaimana caranya kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari sebuah gambar atau cerita?”

Menjaga Kesehatan Mata dan Olahraga”

 

1. Bacaan: Aturan 20-20-20

“Ketika membaca buku atau menatap layar gawai terlalu lama, mata kita bisa lelah. Ada aturan sederhana yang bisa menjaga kesehatan mata, yaitu aturan 20-20-20. Caranya: setiap 20 menit menatap layar, alihkan pandangan ke arah jauh sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Dengan aturan ini, mata kita akan lebih segar dan sehat.”

Latihan:

  1. Apa itu aturan 20-20-20?
  2. Mengapa aturan ini penting?
  3. Apa yang harus dilakukan setiap 20 menit?

 

2. Kata Tanya dalam Kalimat Tanya

Kata tanya yang sering digunakan:

  • Apa → untuk menanyakan benda/peristiwa
  • Siapa → untuk menanyakan orang
  • Kapan → untuk menanyakan waktu
  • Di mana → untuk menanyakan tempat
  • Mengapa → untuk menanyakan alasan
  • Bagaimana → untuk menanyakan cara

Contoh Kalimat:

  • Apa makanan kesukaanmu?
  • Siapa yang memakai kacamata?
  • Kapan kamu berangkat ke sekolah?
  • Di mana kamu bermain bola?
  • Mengapa Kadek harus memakai kacamata?
  • Bagaimana cara menjaga kesehatan mata?

LATIHAN!




📌Materi Seni Rupa



  • Bidang beraturan (bentuk geometris)


  • 1.      Bentuk geometris adalah bentuk yang memiliki ukuran yang jelas sehingga dapat diukur secara matematis dengan garis, sudut atau kurva.

    C    Ciri-ciri:

    ·         Bentuknya jelas dan teratur

    ·         Memiliki ukuran yang tetap

    ·         Sering kita lihat di bangunan dan mainan


  • LATIHAN!



  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
    1. Bahasa Indonesia
      Peserta didik mempelajari kata tanya. Siswa berlatih menggunakan kata tanya seperti apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana dalam sebuah kalimat sederhana. Sebagian besar sudah dapat membedakan penggunaan kata tanya sesuai fungsi, walaupun beberapa siswa masih perlu bimbingan untuk menyusun kalimat dengan lebih tepat.

    2. Seni Rupa
      Peserta didik mempelajari bentuk organik, yaitu bentuk bebas yang menyerupai makhluk hidup atau alam sekitar. Siswa tampak antusias menggambar dan mewarnai bentuk organik sesuai imajinasi masing-masing. Hasil karya menunjukkan kreativitas yang baik, meskipun masih ada siswa yang perlu diarahkan agar lebih teliti dalam menggambar.

    Secara keseluruhan, pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik aktif, bersemangat, dan menunjukkan perkembangan pemahaman pada materi yang diberikan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar