About

Kamis, 21 Agustus 2025

Pendidikan Pancasila dan Matematika

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Kamis, 21 Agustus 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menuliskan perasaan pada tokoh yang ada pada suatu cerita, sikap tanggungjawab dalam kegiatan sehari-hari dan mengenal makna sila pancasila. Pada pertemuan ini kita akan mempelajari bahasa indonesia menulis tegak bersambung pada buku lalisba dan matematika tentang penjumlahan. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah. 

📌 Metode dan Media ajar

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

  2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.  Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
  2. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
  5. Murid dapat melakukan penjumlahan hingga 20 dengan bantuan benda konkret.


📌 Materi Bahasa Indonesia

“Coba lihat gambar ini, menurut kalian anak ini sedang merasa apa?”

“Apa yang kira-kira membuat dia merasa seperti itu?”

“Pernahkah kalian merasa seperti itu juga? Kapan?”


A. Mengidentifikasi Perasaan Tokoh pada Cerita

Perasaan tokoh dapat dilihat dari:

·      Ucapan tokoh

·      Tindakan tokoh

·      Raut wajah tokoh

·      Kejadian yang dialami tokoh

Contoh:

Cerita: "Rina tersenyum lebar saat ayah membelikan es krim."

Perasaan tokoh: Senang.

Alasan: Ayah membelikan es krim.

 

B. Menceritakan Kembali Isi Cerita Menggunakan Tanda Baca Titik

Langkah-langkah:

·      Dengarkan atau baca cerita dengan saksama.

·      Ingat urutan kejadian dari awal sampai akhir.

·      Ulangi cerita dengan kata-kata sendiri.

·      Gunakan kalimat yang diakhiri tanda titik (.) pada setiap pernyataan.

Contoh:

Cerita asli: "Andi pergi ke pasar bersama ibu. Ia membantu ibu membawa belanjaan. Mereka membeli sayur dan buah."

Cerita kembali:

"Andi pergi ke pasar bersama ibu. Ia membantu ibu membawa belanjaan. Mereka membeli sayur dan buah."

LATIHAN!



📌Materi Matemaika




  • Tika memetik 12 buah jambu air. Kira memetik 6 lebihnya dari banyak jambu air milik Tika. Berapa banyak jambu air yang dipetik oleh Kira?

  • Cara 1: Menghitung Maju
  • Guru menggambar garis bilangan di papan tulis sebelum memulai pembelajaran
  • Guru mencontohkan cara melakukan penjumlahan dengan menghitung maju satu-satu. 12 + 6 = … 
  • Mula – mula dari bilangan 12, kita melompat 6 langkah ke depan: 

  • Guru dapat membuat soal berbeda dan meminta peserta didik untuk menyelesaikannya dengan Cara 1. 

  • Cara 2: Penjumlahan Bersusun 
  • Guru dapat menyiapkan media, yaitu 18 lidi, stik es krim, atau balok yang dapat disusun dan papan nilai tempat. 
  • Guru memberikan media yang disiapkan tersebut kepada setiap kelompok. 
  • Guru mencontohkan cara melakukan penjumlahan bersusun di papan tulis. 
  • Guru dapat menekankan pentingnya urutan cara penjumlahan bersusun kepada peserta didik 

  • 🟦 A. Apa Itu Penjumlahan?

    Penjumlahan adalah menambahkan dua atau lebih bilangan untuk mendapatkan jumlah keseluruhan.

    Contoh:
    🍎 Rani punya 3 apel. Ibunya memberi 2 apel lagi.
    Berapa total apel Rani sekarang?

    Jawaban: 3 + 2 = 5
    Rani sekarang punya 5 apel.


    🟩 B. Penjumlahan dengan Benda Konkret

    Kamu bisa belajar penjumlahan dengan benda-benda nyata seperti:

    • Kancing
    • Pensil
    • Balok
    • Kelereng
    • Batu kecil

    🧮 Contoh:
    Letakkan 4 kancing di meja. Tambahkan lagi 3 kancing.
    Hitung semuanya: 4 + 3 = 7


    🟥 C. Penjumlahan Menggunakan Gambar

    Gunakan gambar untuk membantu menghitung.

    Contoh:
    Ada 2 
    🐱 kucing dan 4 🐶 anjing.
    Total hewan:
    2 + 4 = 6


    🟨 D. Penjumlahan dengan Garis Bilangan

    Contoh:
    Hitung 5 + 2

    Gunakan garis bilangan:
    Mulai dari angka 5, lompat 2 langkah ke kanan 
    ➡️
    5 + 2 = 7


    🟦 E. Latihan Soal

    1. 6 + 3 = ___
    2. 2 + 4 = ___
    3. Ibu memberi 4 kue, lalu ayah memberi 5 kue lagi.
      ➡️ Total kue: ______
    4. Gambar 2 apel, lalu tambahkan gambar 3 apel.
      ➡️ Ada berapa apel semua? ______

    🟩 F. Ayo Coba Sendiri! (Penjumlahan dalam Kehidupan Nyata)

    🔎 Perhatikan sekitarmu!

    • Berapa jumlah teman sebangkumu dan teman di belakangmu?
    • Jika kamu punya 5 pensil dan meminjam 2 dari temanmu, berapa jumlah pensilmu sekarang?


  • REFLEKSI DAN KESIMPULAN

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar