Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Senin, 01 September 2025
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Bagaimana nih setelah libur sabtu dan minggu? pada jalan-jalan kemana ya sholeh-sholehah 2B? MasyaAllah semua happy ya, mudah-mudahan semakin tambah semangat lagi belajarnya aamiin
Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang jumlah bulu burung garuda dan menggambar bunga sebagai contoh dari bentuk organik. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang membuat kalimat tanya menggunakan kata tanya yang telah dipelajari serta menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari yaitu garis dan warna. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, Jam dinding, penggaris segitiga, papan tulis, benda lain di kelas, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.
Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
Murid mampu mengamati dan mengenal elemen seni rupa (bentuk) di sekitarnya.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
- Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
- Murid memahami bahwa berbagai jenis bentuk berasal dari garis yang terhubung.
- Murid dapat dapat mengidentifikasi bentuk geometris dasar (lingkaran, segitiga, segiempat.
- Murid dapat membuat berbagai bentuk yang lebih kompleks.
- “Kalau kalian melihat gambar ini, pertanyaan apa yang bisa kalian ajukan? Misalnya: Siapa yang ada di gambar? Di mana mereka berada?”
Menggunakan kata tanya dalam kalimat tanya
2. Kata Tanya dalam Kalimat Tanya
Kata tanya yang sering digunakan:
- Apa → untuk menanyakan benda/peristiwa
- Siapa → untuk menanyakan orang
- Kapan → untuk menanyakan waktu
- Di mana → untuk menanyakan tempat
- Mengapa → untuk menanyakan alasan
- Bagaimana → untuk menanyakan cara
Contoh Kalimat:
- Apa makanan kesukaanmu?
- Siapa yang memakai kacamata?
- Kapan kamu berangkat ke sekolah?
- Di mana kamu bermain bola?
- Mengapa Kadek harus memakai kacamata?
- Bagaimana cara menjaga kesehatan mata?
📌Materi Seni Rupa
- Bahasa Indonesia
Peserta didik belajar membuat kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Sebagian besar siswa sudah mampu menyusun kalimat tanya dengan benar, meskipun masih ada beberapa yang perlu bimbingan dalam memilih kata tanya yang tepat sesuai isi kalimat. - Seni Rupa
Peserta didik mempelajari cara menggambar pemandangan dengan gabungan bentuk organik dan geometri. Siswa tampak antusias menuangkan ide ke dalam gambar, seperti gunung, pohon, rumah, dan jalan. Hasil karya menunjukkan kreativitas yang baik, walaupun masih ada beberapa yang perlu diarahkan agar lebih rapi dan proporsional.
Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan dengan lancar. Peserta didik aktif, bersemangat, dan menunjukkan perkembangan yang positif dalam keterampilan berbahasa maupun berkarya seni.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar