About

Rabu, 03 September 2025

Matematika dan Bahasa Indonesia

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Kamis, 04 September 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang kalimat SPO, sikap tanggungjawab dan disiplin serta hubungan antara jumlah bulu dengan hari kemerdekaan Indonesia. Pada pertemuan ini kita akan mempelajari bahasa indonesia menulis tegak bersambung dan matematika tentang penjumlahan dan pengurangan susun kebawah. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah. 

📌 Metode dan Media ajar

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

  2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.  Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
  2. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
  5. Murid dapat melakukan penjumlahan hingga 20 dengan bantuan benda konkret.
📌 Materi Bahasa Indonesia



SubjekPredikat dan Objek

  • Subjek (S): Pelaku dalam kalimat (siapa).
  • Predikat (P): Kata kerja atau kegiatan (apa yang dilakukan).
  • Objek (O): Sasaran kegiatan (apa/siapa yang dikenai).

Contoh Kalimat:

  1. Ayah (S) membaca (P) koran (O).
  2. Kadek (S) memakai (P) kacamata (O).
  3. Ibu (S) memasak (P) sayur (O).

Kombinasi Kalimat SPO

Kalimat SPO bisa digabung menjadi kalimat yang lebih panjang dengan kata hubung.

Contoh 1:

  • Ayah membaca buku.
  • Adik menulis huruf.
    👉 Ayah membaca buku dan adik menulis huruf.

Contoh 2:

  • Budi membeli pensil.
  • Budi membeli buku.
    👉 Budi membeli pensil dan buku.

4. Latihan

Lengkapilah kalimat berikut dengan kombinasi yang tepat:

  1. Kakak bermain bola. Adik bermain boneka.
    👉 …………………………………………
  2. Siti makan nasi. Siti minum susu.
    👉 …………………………………………
  3. Ibu menyapu lantai. Ibu mengepel lantai.
    👉 …………………………………………

Penilaian


📌Materi Matematika


  • 📘 Penjelasan Materi

    1. Penjumlahan

    • Pengertian: Penjumlahan adalah menggabungkan dua bilangan atau lebih untuk mendapatkan jumlahnya.

    • Tanpa menyimpan:
      Contoh: 23 + 14 = 37 (puluhan dan satuan bisa langsung dijumlahkan).

    • Dengan menyimpan:
      Contoh:

      47 + 28 ---- 75

      Pada kolom satuan (7 + 8 = 15), ditulis 5 dan simpan 1 ke kolom puluhan.


    2. Pengurangan

    • Pengertian: Pengurangan adalah mengurangi suatu bilangan dengan bilangan lain untuk mengetahui selisihnya.

    • Tanpa meminjam:
      Contoh: 63 – 21 = 42

    • Dengan meminjam:
      Contoh:

      52 - 38 ---- 14

      Karena 2 tidak bisa dikurangi 8, maka 1 puluhan dipinjam dari 5 (jadi 4), dan satuan menjadi 12.


  • REFLEKSI DAN KESIMPULAN

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar