Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila & Seni Rupa
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Jum'at, 26 September 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menulis kalimat tanya menggunakan tulisan tegak bersambung dan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang bentuk geometri (bangun datar) dan jumlah bulu burung garuda. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, GambarLambang Garuda Pancasila, Kartu Simbol dan Bunyi Sila (Flashcard Pancasila), LKPD Menocokkan Simbol dan Sila, Video lirik Lagu Garuda Pancasila
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
- Menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah..
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
- Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
- Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.
- Murid dapat mengenal lambang negara dan simbol-simbol Pancsila.
- Murid dapat menyebutkan bunyi dan simbol setiap sila-sila Pancasila
- Murid dapat menjelaskan arti makna lima simbol Pancasila dengan tepat..
📌Materi Pendidikan Pancasila
2. Siapa yang merumuskan Pancasila?
Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:
Ir. Soekarno
Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.
Drs. Mohammad Hatta
Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.
Mr. Muhammad Yamin
Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.
Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.
Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:
Ir. Soekarno
Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.
Drs. Mohammad Hatta
Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.
Mr. Muhammad Yamin
Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.
Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.
3. Apa yang harus kita teladani dari tokoh-tokoh perumus Pancasila?
Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.
Cinta tanah air.
Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.
Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.
Cinta tanah air.
Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.
1. Tokoh yang pertama kali membacakan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 adalah ………………………………
👉 Jawaban:
2. Tokoh perumus Pancasila yang juga seorang ahli hukum dan ikut sidang BPUPKI adalah ………………………………
👉 Jawaban:
3. Muhammad Yamin adalah seorang tokoh perjuangan, ahli hukum, dan juga seorang ………………………………
👉 Jawaban:
📌Materi Seni Rupa
· “apa yang kalian rasakan saat melihat warna-warna di gambar ini?”
“warna mana yang terasa hangat dan warna mana yang terasa sejuk?”
1. Pengertian Warna Panas dan Dingin:
· Warna Panas: Warna yang memberi kesan hangat atau panas, contohnya: merah, jingga, kuning.
· Warna Dingin: Warna yang memberi kesan sejuk atau tenang, contohnya: biru, hijau, ungu.
2. Ciri-Ciri:
· Warna panas → berkesan semangat, ceria, hangat.
· Warna dingin → berkesan tenang, sejuk, damai.
3. Contoh Gambar:
· Matahari (warna panas)
· Laut dan langit (warna dingin)
Demikian materi pembelajaran pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar