About

Kamis, 25 September 2025

Pendidikan Pancasila dan Seni RUpa

 Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila & Seni Rupa

Kelas / Semester : 2B / 1 

Hari, Tanggal : Jum'at, 26 September 2025 

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menulis kalimat tanya menggunakan tulisan tegak bersambung dan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang bentuk geometri (bangun datar) dan jumlah bulu burung garudaOke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.

📌 Metode dan Media ajar

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
  2. Menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah..

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
  2. Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
  3. Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.
  4.  Murid dapat mengenal lambang negara dan simbol-simbol Pancsila.
  5. Murid dapat menyebutkan bunyi dan simbol setiap sila-sila Pancasila
  6. Murid dapat menjelaskan arti makna lima simbol Pancasila dengan tepat..


  • 📌Materi Pendidikan Pancasila



  • TOKOH PERUMUS PANCASILA

      • Pancasila adalah dasar negara Indonesia.

      • Pancasila berisi lima sila yang menjadi pedoman hidup rakyat Indonesia.

    2. Siapa yang merumuskan Pancasila?

    1. Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:

      1. Ir. Soekarno

        • Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.

        • Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.

      2. Drs. Mohammad Hatta

        • Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.

        • Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.

      3. Mr. Muhammad Yamin

        • Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.

        • Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.

    3. Apa yang harus kita teladani dari tokoh-tokoh perumus Pancasila?

      • Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.

      • Cinta tanah air.

      • Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.



  • Soal Latihan:

    1. Tokoh yang pertama kali membacakan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 adalah ………………………………
    👉 Jawaban: 


    2. Tokoh perumus Pancasila yang juga seorang ahli hukum dan ikut sidang BPUPKI adalah ………………………………
    👉 Jawaban: 


    3. Muhammad Yamin adalah seorang tokoh perjuangan, ahli hukum, dan juga seorang ………………………………
    👉 Jawaban: 



  • 📌Materi Seni Rupa

  • WARNA PANAS DAN WARNA DINGIN


    ·  “apa yang kalian rasakan saat melihat warna-warna di gambar ini?”

    “warna mana yang terasa hangat dan warna mana yang terasa sejuk?”




  • 1.      Pengertian Warna Panas dan Dingin:

    ·         Warna Panas: Warna yang memberi kesan hangat atau panas, contohnya: merah, jingga, kuning.

    ·         Warna Dingin: Warna yang memberi kesan sejuk atau tenang, contohnya: biru, hijau, ungu.

    2.      Ciri-Ciri:

    ·         Warna panas → berkesan semangat, ceria, hangat.

    ·         Warna dingin → berkesan tenang, sejuk, damai.

    3.      Contoh Gambar:

    ·         Matahari (warna panas) Gambar Ikon Matahari Png, Vektor, PSD ...

    ·         Laut dan langit (warna dingin) Mengapa Air Laut Berwarna Biru? - Warung Sains Teknologi

  • LKPD




  • Kelompokkanlah warna-warna berikut ke dalam warna panas atau warna dingin, kemudian tuliskan di bukumu lalu jelaskan alasanmu!


    No.

    Warna Panas

    Warna Dingin

    1.

     

     

    2.

     

     

    Dst.


  • Demikian materi pembelajaran pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


    📌REFLEKSI / KESIMPULAN

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar