About

Kamis, 18 September 2025

Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa

  Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Jum'at, 19 September 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menulis kalimat tanya menggunakan tulisan tegak bersambung dan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang bentuk geometri (bangun datar) dan jumlah bulu burung garuda. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, GambarLambang Garuda Pancasila, Kartu Simbol dan Bunyi Sila (Flashcard Pancasila), LKPD Menocokkan Simbol dan Sila, Video lirik Lagu Garuda Pancasila

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
  2. Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalamlambang  negara  Garuda Pancasila

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
  2. Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
  3. Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.
  4.  Murid dapat mengenal lambang negara dan simbol-simbol Pancsila.
  5. Murid dapat menyebutkan bunyi dan simbol setiap sila-sila Pancasila
  6. Murid dapat menjelaskan arti makna lima simbol Pancasila dengan tepat..


  • 📌Materi Pendidikan Pancasila


  • Menceritakan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dalam Bentuk Cerita Pendek (Di Sekolah)

    1. Nilai Pancasila di Sekolah

      • Sila 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa): Berdoa sebelum belajar, menghormati teman yang berbeda agama.

      • Sila 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Menolong teman yang kesulitan, berbicara dengan sopan.

      • Sila 3 (Persatuan Indonesia): Bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman.

      • Sila 4 (Kerakyatan.../Musyawarah): Bermusyawarah saat memilih ketua kelas.

      • Sila 5 (Keadilan Sosial...): Membagi tugas piket dengan adil, saling berbagi alat tulis.

    2. Cara Menceritakan Kembali

      • Gunakan bahasa yang sederhana.

      • Ceritakan pengalaman nyata di sekolah.

      • Cerita dibuat singkat tapi jelas (3–5 paragraf pendek).

      • Tokoh bisa diri sendiri, teman, atau guru.

    3. Contoh Cerita Pendek
      Di sekolah, sebelum belajar kami selalu berdoa bersama. Teman-teman berbeda agama tetap saling menghormati. Saat ada teman jatuh, saya segera menolongnya. Kami juga sering bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Saat memilih ketua kelas, kami musyawarah dan memilih dengan adil. Itulah cara kami menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.


  •             LKPD

  • 📌Materi Seni Rupa

  • WARNA PANAS DAN WARNA DINGIN


    ·  “apa yang kalian rasakan saat melihat warna-warna di gambar ini?”

    “warna mana yang terasa hangat dan warna mana yang terasa sejuk?”




  • 1.      Pengertian Warna Panas dan Dingin:

    ·         Warna Panas: Warna yang memberi kesan hangat atau panas, contohnya: merah, jingga, kuning.

    ·         Warna Dingin: Warna yang memberi kesan sejuk atau tenang, contohnya: biru, hijau, ungu.

    2.      Ciri-Ciri:

    ·         Warna panas → berkesan semangat, ceria, hangat.

    ·         Warna dingin → berkesan tenang, sejuk, damai.

    3.      Contoh Gambar:

    ·         Matahari (warna panas) Gambar Ikon Matahari Png, Vektor, PSD ...

    ·         Laut dan langit (warna dingin) Mengapa Air Laut Berwarna Biru? - Warung Sains Teknologi

  • LKPD




  • Kelompokkanlah warna-warna berikut ke dalam warna panas atau warna dingin, kemudian tuliskan di bukumu lalu jelaskan alasanmu!


    No.

    Warna Panas

    Warna Dingin

    1.

     

     

    2.

     

     

    Dst.


  • Demikian materi pembelajaran pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


    📌REFLEKSI / KESIMPULAN

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar