About

Senin, 14 Oktober 2019

Perbaikan dan Pengayaan Tema 1, 2 dan 3

Hari/Tanggal : Senin, 14 Oktober 2019

KIsi Kisi Perbaikan dan Pengayaan PTS
Tema 1
PKn
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
  • Kerjasama di lingkungan Sekolah
  • Manfaat kerjasama
  • Gotong royong
  • Semboyan Negara Indonesia
  • Kergaman Suku dan Agama

Bahasa Indonesia
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2. Mencermati keterhubungan antar gagasan yang didapat dari teks lisan , tulis, atau Visual
  • Gagasan Pokok dari setiap paragraf
  • Gagasan Pendukung
  • Kata Baku dan tidak baku

IPA
3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
Sumber bunyi
Penyerapan bunyi
Pemantulan bunyi 
Pengertian Gaung dan gema

IPS
3.2. Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2. Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
 Keragaman suku
Keragaman Budaya
Keragaman Makanan khas
Rumah adat
Keragaman agama

SBdP
3.3. Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3. Meragakan gerak tari kreasi daerah

Unsur tari
tari kreasi
Tarian daerah
Pola lantai 

Tema 2
PKn
3.2. Memahami  pelaksanaan hak dan kewajiban  sebagai warga masyarakat  dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Hak dan kewajiban dalam menghemat listrik
Ø  Hak dan kewajiban dalam menggunakan sumber daya alam
Ø  Hak dan kewajiban di sekolah

Bahasa Indonesia
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan alat yang sama dan berbeda
Ø  Gagasan pokok dan pendukung
Ø  Teks petunjuk penggunaan sesuatu
Ø  Teks petunjuk membuat sesuatu
Ø  Poster (Pengertian an syarat poster)
IPA
3.5. Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik dan  nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penulusan informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
Ø  Energi (Matahari,angina,air dan uap)
Ø  Manfaat energi
Ø  Tujuan menghemat energi
Ø  Perubahan Energi
Ø  Energi alternatif
IPS
3. 1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kta/kabupaten sampai tingkat provinsi
4. 1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat proinsi
Ø  Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
Ø  Pemanfaatan SDA
Ø  Kegiatan ekonomi Penduduk
Ø  Dampak negative dan positif dari penggunaan SDA

SBdP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4. 2. Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah
Ø  Tempo
Ø  Not angka dan Balok
Ø  Posisi bernyanyi yang baik
Ø  Pementasan Bernyanyi yang baik

Tema 3
PKn
3.2. Memahami  pelaksanaan hak dan kewajiban  sebagai warga masyarakat  dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Hak dan kewajiban warga terhadap kelestarian lingkungan
Ø  Tempat perlindungan hewan
Ø  Dampak negatif tidak melestarikan hewan.
Ø  Hak dan kewajiban hewan peliharaan

B.Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara smenggunakan daftar pertanyaan
Ø  Wawancara
Ø  Fungsi setiap kata tanya
Ø  Persiapan yang dilakukan sebelum wawancara
Ø  Ciri pertanyaan yang baik dalam wawancara
Ø  Laporan hasil wawancara (Latar belakang, maksud dan tujuan, topik wawancara, waktu dan tempat, hasil wawancara, kesimpulan.

IPA
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

Ø  Bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
Ø  Keseimbangan alam
Ø  Tempat memelhara hewan
Ø  Hewan-hewan yang dilindungi pemerintah
Ø  Kelestarian hidup tumbuhan


IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
Ø  Keadaan alam (dataran tinggi, dataran rendah, sungai, laut dan pantai).
Ø  Tanaman yang cocok untuk dataran tinggi dan dataran rendah serta pegunungan.
Ø  Manfaat hutan
Ø  Penangkaran komodo
Ø  Sikap menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan
Ø  Pengertian potensi alam

SBdP

3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik temple
Ø  Kolase (pengertian, bahan dan contoh karya)
Ø  Mozaik (pengertian, bahan dan contoh karya)
Ø  Montase (pengertian, bahan dan contoh karya serta kelebihan montase)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar