About

Jumat, 13 Maret 2020

Penilaian Harian Tema 8 Subtema 3

Hari/Tanggal : Jum'at, 13 Maret 2020


PPKn
KD 3.3
1. Berikut ini yang termasuk ciri fisik suatu suku bangsa, adalah … .
a.       Warna kulit           b. Bahasa daerah         c. Pakaian                    d. Tarian adat
2. Sikap menghormati keanekaragaman kebudyaan tampak dalam tindakan … .
a.       Membiarkan kelompok lain mempraktikkan kebudayaannya
b.      Belajar berbagai seni tradisional
c.       Mencela pertunjukkan kesenian suku bangsa lain
d.      Mengembangkan kesenian tradisional
3.      Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural atau majemuk. Artinya,
a.       Masyarakat Indonesia terdiri atas beragam karakteristik yang berbeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya
b.      Negara yang sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai petani
c.       Negara yang wilayahnya perairan
d.      Negara yang terdiri dari kepulauan
4.      Pernyataan yang benar mengenai keberagaman di Indonesia adalah ……
a.       Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan penghambat persatuan kesatuan
b.      Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan sumber timbulnya konflik
c.       Segala perselisihan di Indonesia bersumber dari keberagaman kebudayan
d.      Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa yang dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia
5. Manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal adalah ……
a.       Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain
b.      Menimbulkan konflik antar golongn masyarakat
c.       Masyarakat bersikap egois
d.      Melunturkan sikap kepedulian antar masyarakat
6. Sikap nasionalisme dalam diri setiap individu dapat tumbuh dengan adanya ………
a.       Rasa cinta tanah air.                                  c. sikap mandiri
b.      Sikap pantang menyerah                           d. Sikap dermawan
7. Dengan keberagaman di Indonesia yang menjadi simbol pariwisata, otomatis akan menambah …
a.       Devisa atau pendapatan negara                c. Pedagang
b.      Pengeluaran negara                                   d. Tenaga kerja Indonesia
8. Contoh sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman berbeda agama adalah ……
a.       Mempersilakan dan menghormati teman yang sedang beribadah
b.      Membunyikan radio yang keras saat ada kegiatan ibadah agama lain
c.       Mengejek teman yang berasal dari agama lain
d.      Tidak mau berteman dengan teman dari agama lain
9. Karakteristik tradisi daerah menjadi akar…..sebagai identitas bangsa di mata internasional
a.       Budaya nasional                                        c. Masalah
b.      Kesukuan                                                  d. Bermasyarakat
10. Sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman suku adalah ………
a.       Menghargai adat dan kebiasaan teman yang berbeda suku.
b.      Membeda-bedakan teman yang berbeda suku
c.       Menghindari teman yang berbeda suku
d.      Menganggap diri sendiri lebih baik dari suku lain

KD 4.3
1.      Sebutkan 2 sikap toleransi dalam keberagaman di lingkungan masyarakat!
a.       …………………………………………………………………………………………..
b.      ……………………………………………………………………………………………
2.      Sebutkan 3 manfaat keberagaman karakteristik individu masyarakat Indonesia?
a.       …………………………………………………………………………………………..
b.      ……………………………………………………………………………………………
c.       …………………………………………………………………………………………..

Bahasa Indonesia
KD 3.9
Bacalah cerita di bawah ini!
Air Terjun Roro Kuning
Roro kuning adalah putri Lembu Amiseno dari kerajaan Doho. Roro Kuning selain cantik juga sangat berbakti pada kedua orang tuanya. Ketika Roro kuning sakit, di kerajaan tidak ada yang bisa menyembuhkan. Roro kuning mengembara tanpa mengenal lelah dan tidak pernah putus asa dengan naik turun gunung. Hingga akhirnya Roro Kuning singgah di Gunung Willis. Ketika sedang merenungi nasibnya, Roro Kuning bertemu dengan Resi Darmo dari padepokan Ringin putih Desa Bajulan. Di sinilah Roro Kuning dirawat hingga akhirnya sembuh. Dalam proses penyembuhan, Roro Kuning sering mandi di air terjun yang kemudian diabadikan oleh sang Resi menjadi air terjun Roro Kuning.
1. Latar tempat di atas adalah …
a.      Kerajaan Doho, Desa Bajulan, dan padepokan.
b.      Kerajaan Doho, lereng Gunung Wilis, dan air terjun.
c.       Desa Bajulan, pedepokan, dan lereng Gunung Wilis.
d.      Air terjun, Desa Bajulan, dan padepokan.
2. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ………
a.       Roro Kuning                                                         c. Lembu Amiseno
b.      Resi Darmo                                                           d. Orangtua Roro Kuning
3. Watak Roro Kuning dalam cerita diatas  adalah ….
a.       Pantang menyerah                                                 c. Tidak sabar
b.      Pemaaf                                                                  d. Rendah hati.
4. Pernyataan yang tidak sesuai dengan cerita di atas adalah ………
a. Putri Lembu Amiseno dari kerajaan Doho adalah Roro Kuning
b. Roro Kuning memiliki paras yang kurang cantik , namun sangat berbakti pada kedua orang tuanya
c.  Roro Kuning mengembara dan singgah di Gunung Willis
d Dalam proses penyembuhan dari sakitnya, Roro Kuning sering mandi di air terjun
5. Amanat cerita di atas adalah ….
a.       Sikap pantang menyerah belum tentu membuahkan keberhasilan.
b.      Kesabaran tidak akan membuhkan keberhasilan.
c.       Untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan usaha yang keras.
d.      Jika menemui kesulitan temuilah orang yang lebih tua.
Malin Kundang pun turun dari kapal. Ia disambut oleh ibunya. Setelah cukup dekat, ibunya melihat bekas luka di lengan kanan orang tersebut, semakin yakinlah ibunya bahwa yang ia dekati adalah Malin Kundang. “Malin Kundang, anakku, mengapa kau pergi begitu lama tanpa mengirimkan kabar?”, katanya sambal memeluk Malin Kundang. Tetapi Kundang segera melepaskan pelukan ibunya dan mendorongnya hingga terjatih. “Wnita tak tahu diri, sembarangan saja mengaku sebagai ibuku”,kata Malin Kundang kepada ibunya. Malin Kundang pura-pura tidak mengenali ibunya, karena malu dengan ibunya yang sudah tua dan mengenakan baju compang-camping.
6. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah….
a.       Ibu                                                                         c. Malin Kundang
b.      Istri                                                                        d. Pengawal
7. Apa yang membuat ibu Malin Kundang merasa yakin terhadap anaknya…
a.       Wajah                                                                    c. Tubuh
b.      Cara bicara                                                            d. Bekas luka
8. Kalimat “Wanita tak tahu diri, sembarangan saja mengaku sebagai ibuku” menggambarkan perasaan Malin yang sedang….
a.       Marah                                                                    c. Senang
b.      Gembira                                                                d. Terharu
9. Berdasarkan cerita tersebut Malin Kundang memiliki sifat….
a.       Ramah                                                                   c. Pemalu
b.      Sombong                                                               d. Rendah hati
10. Tokoh yang penuh kasih sayang dalam kutipan cerita di atas adalah…
a.       Malin Kundang                                                     c. Ibu Malin Kundang
b.      Istri Malin Kundang                                             d. Pengawal Malin Kundang
KD 4.9
Bacaan untuk nomor 1-10
Umbi Jalar Ticit
Si Ticit sedang bersusah payah menyeret sebuah umbi jalar. Umbi itu akan disimpannya sebagai cadangan. Tidak akan lama lagi masa paceklik akan datang. Umbi itu hampir sebesar badannya. Kici, si anak kelinci, mendekati dengan maksud memberikan pertolongan. Namun kemudian, Kici terkejut. Kici heran ketika Ticit si anak tikus yang pelit dan nakal itu melontarkan ucapan yang tidak pantas.
“Oo, maaf kawan. Aku tidak perlu bantuan. Aku pun tidak akan memberikan umbi ini kepadamu!” kata si Ticit. Untunglah Kici sabar. Ia dapat menahan marahnya. Kici diam. Ia tetap memperhatikan teman kecilnya itu menyeret-nyeret makanan temuannya itu. Umbi itu dia bawa ke atas gundukan tanah. “Bila sudah sampai di puncak, aku akan menggelindingkan makanan lezat ini ke dekat rumahku,” kata si Ticit. Bicaranya sombong.
Sesaat kemudian, si Ticit sudah sampai di puncak. Sayangnya ia telah salah menduga. Umbi jalarnya itu memang meluncur ke bawah. Namun, arahnya salah. Umbi itu menggelinding ke lain arah. Tubuh si Ticit pun ikut terseret.
“Walaaawww, tolooong,” teriak si Ticit.
“Kici, tangkap si Ticit,” teriak si Kelabu, seekor anak ayam. Ketika itu ia pun menyaksikan Ticit terguling-guling. Tubuh temannya hampir mendekati jurang bersama umbinya. Dengan cekatan Kici meraih tangan si Ticit. Dengan penuh rasa sayang, ia menarik badan temannya itu ke tempat yang aman. Si Ticit tidak dapat berkata sepatah katapun. Ia merasa malu mendapat kebaikan Kici yang tulus itu (Pikiran Rakyat dengan beberapa perubahan)***
1. Ticit membawa umbi jalar untuk….
a.     disimpan                                                          c. dijual
b.      dibakar.                                                           d. ditanam
2. Si Kalebu merupakan ………
a.      Anak tikus                                                       c. Anak kelinci
b.      Anak tupai                                                      d. Anak ayam
3. Si Kici mau menolong si Ticit karena….
a.      si Kici ingin diberi umbi.. .                              c. si Kici merasa kasihan pada si Ticit.
b.      si Ticit badannya sangat kecil.                        d. Ticit memiliki umbi yang banyak.
4.      Sifat si Kici adalah….
a.       sombong                                                          c. sabar
b.      dermawan                                                       d. egois
5. “Oo, maaf kawan. Aku tidak perlu bantuan. Aku pun tidak akan member umbi ini kepadamu!” kata si Ticit.
Kata-kata si Ticit diungkapkan dengan nada….
a.       marah                                                                c. takut
b.      angkuh                                                              d. sedih
6. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ….
a.       Si Ticit dan Kici                                               c. Si Ticit dan umbi
b.      Si Kici dan si ayam                                          d. Si ayam dan Umbi
7. Yang berperan sebagai tokoh antagonis pada cerita diatas adalah ….
c.       Ayam                                                                c. Kici
d.      Ticit                                                                  d. umbi
8. Yang berperan sebagai tokoh protagonis adalah ….
a.       Ayam                                                              c. Kici
b.      Ticit                                                                 d. umbi
9. Latar tempat pada cuplikan cerita di atas adalah …
     a. Hujan                                                                  c. jurang
     b. Tanah                                                                 d. gubuk
10.  Amanat cerita diatas adalah ….
     a. Simpanlah makanan di tempat yang aman         c. Sedia payung sebelum hujan
     b. Tidak boleh berburuk sangka                             d. Hiduplah secara hemat

KD 3.10
1.  Bacalah kutipan cerita berikut !
Sikancil berjalan berjingkat-jingkat dikebun pak Tani, Kancil hendak mecuri metimun.  Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, tanpa berpikir panjang kancil menendang boneka itu. Ternyata boneka orang-orangan itu diberi getah nangka sehingga kaki Kancil menempel diboneka itu dan sulit dilepaskan. Kemudian pak Tani datang menangkap Si Kancil.
Watak /  karakter si Kancil dalam dongeng tersebut adalah ………….
a.         Cerdik.                                                               c. Pemalas.
b.        Ceroboh.                                                            d. Pembohong
2.  Perhatikan penggalan cerita berikut !
Sangkuriang adalah anak kandun Dayang Sumbi yang telah menjadi pemuda gagah dan sakti. Pada suatu hari, Sangkriang bermaksud melamar Dayang Sumbi. Alangkah terkejutlah Dayan Sumbi. Untuk menolak secara halus lamaran Sangkuriang, Dayang Sumbi mengajukan syarat kepada Sangkuriang. Syarat tersebut adalah Sangkuriang harus membuat perahu dalam waktu satu malam sekaligus danau untuk berlayar.
Dari cerita tersebut, digambarkan sikap Dayang Sumbi sebagai tokoh …………..
a.        Pemarah.                                                            c. Angkuh.
b.        Berperasaan halus.                                             d. Ingin menang sendiri.
3. Cerita yang mengandung sejarah adalah ……
a.        Legenda                                                             c. Fabel
b.        Mite                                                                   d. Sage
4.  Tokoh yang berperan sebagai penentang tokoh utama pada cerita adalah ……
a.         Antagonis                                                          c. Figuran
b.        Protagonis                                                          d. Pendukung
5. Seseorang yang bermain dalam suatu cerita, dan hanya sebagai penghantar penghubung antara tokoh utama dan pelerai disebut ……..
a.        Antagonis                                                          c. Protagonis
b.        Tritagonis                                                           d. Figuran
Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 11 s.d. 13 !
Bayi Bertanduk
….. Namun kegembiraan mereka mendadak lenyap setelah mengetahui ternyata di kepala si bayi laki-laki itu ada tanduknya. Mereka merasa malu dan takut dihina maupun diejek oleh orang-orang desa.
Pada malam hari, bayi laki-laki itu dimasukkan ke dalam peti, bersama sebutir telur ayam dan secangkir beras lalu dihanyutkan ke sungai. Kakak perempuan si bayi mengetahui perbuatan orang tuanya. Ia sangat sedih. Diam-diam ia meninggalkan rumah dan mengikuti adiknya yang dihanyutkan ke sungai.
6. Tokoh antagonis pada cerita di atas adalah ………
a.       Bayi                                                                       c. Orang tua
b.      Ibu                                                                         d. Kakak perempuan
7. Watak tokoh kakak perempuan dalam penggalan cerita rakyat di atas adalah ….
a.       Penyayang                                                             c. Tidak peduli
b.      Pemarah                                                                d. Tidak menghormati orang tua
8. Bagaimanakah watak tokoh orang tua dalam cerita di atas?
a.       sayang anak                                                           c. penakut
b.      Kejam terhadap anak                                            d. tidak peduli
9. Tokoh-tokoh yang ada dalam penggalan cerita rakyat di atas adalah ….
a.   kakak perempuan, bayi laki-laki, orang tua           c. orang tua dan kakak perempuan
b.      orang tua dan bayi laki-laki                                   d. kakak perempuan
Esok harinya Baginda pergi ke halaman belakang istana. Tiga gembala muda sudah menunggu dengan tongkat masing-masing. Domba-domba berkeliaran di rumput, ada yang duduk tenang, ada yang berjalan-jalan dan ada pula yang berlaga dengan kawannya.
10. Cerita di atas terjadi di….
a.       tempat raja                                                            c. kandang domba
b.      di belakang istana                                                 d. padang rumput

KD 4.10
1. Ketika Ibu Malin Kundang menyapa anaknya, Malin Kundang tidak memerdulikannya. Bahkan, ia menghardik dan menendangnya. Sikap seperti itu membuat ibunya tanpa sadar mengeluarkan kutukan terhadap anaknya. Akhinya, Malin Kundang berubah menjadi batu.
Pesan yang terkandung pada penggalan cerita di atas adalah….
a.      Surga itu ada di telapak kaki ibu.                         c. Perhatikan keinginan orang tua.
b.      Tak ada ibu yang tidak menyayangi anaknya.     d. Jangan menyakiti hati orang tua.
2. Mertua si Kabayan sangat jengkel kepada menantunya. Setiap hari ia hanya bermalas¬malasan. Semua nasihat mertuanya sedikit pun tidak mengubah sikap jeleknya itu. “Dasar Kabayan si Tebal Muka,” umpat mertuanya.
 Kata yang bergaris bawah dalam penggalan cerita itu bermakna
a.      suka melawan                                                       c. senang dipuji
b.      tak tahu malu                                                        d. malas bekerja
4. Panas hati Kamandaka. Darahnya menggelegak. Dalam keadaan seperti itu ia membalas dengan suara lantang.
Makna dari kata yang bergaris bawah adalah
a.      sayang                                                                   c. senang
b.      tabah                                                                     d. marah
5. Arya Panangsang di Jipang Pandan Bakti sakti mandraguna. Kesaktiannya tidak ada yang menandingi. Karena mempunyai kesaktian yang tanpa tanding itulah, maka tanpa berpikir panjang lagi ia membabat semua musuhnya.
Sifat yang dimiliki oleh Arya Panangsang adalah
a.      bijaksana                                                               c. takabur
b.      pemberani                                                             d. pemarah
6. Raja muda menikah dengan putri cantik. Semua rakyat bergembira kecuali Dayang Ipu. la ingin menyingkirkan Sang Putri. Sang Putri oleh Dayang Ibu dibawa ke laut kemudian ia ditinggalkan seorang diri. Dayang Ipu menjelma menjadi Sang Putri, kemudian ia bersenang-senang di istana.
Tokoh Dayang Ipu bersifat . . .
a.      sombong                                                               c. cerdik
b.      kikir                                                                      d.dengki
7. Pada suatu hari Dayang Sumbi berkata kepada Sangkuriang. Dayang Sumbi ingin s hati kijang. Disuruhnya Sangkuriang untuk berburu besok pagi. Sangkuriang menye keingnan ibunya itu. Ia menyarankan agar ibunya segera pergi tidur karena hart, larut malam.
Kalimat yang tidak tepat dengan cerita di atas adalah….
a.       Dayang Sumbi menyuruh anaknya untuk berburu pada hari itu juga.
b.      Dayang Sumbi ingin sekali hati kijang.
c.       Sangkuriang menyetujui keinginan ibunya itu.
d.      Sangkuriang menyarankan ibunya pergi tidur
8. Elis tidak pernah berbicara kasar terhadap siapapun. Bila bertemu dengan orang tua guru, pasti is memberi salam.Dia disenangi oleh semua temannya serta guru-guru. Sifat Elis dalam cerita tersebut adalah
a.       Sombong                                                              c. pandai dan rendah hati.
b.      sopan dan ramah                                                   d. suka mencari muka.
9. Konon, ada seorang saudagar yang kaya. Dia mempunyai tiga orang putri. Ketiganya berparas cantik. Sulung memiliki tubuh yang ramping. Karena itu senang sekali memakai baju yang bagus-bagus. Tengah mempunyai kulit yang halus lembut. Karena itu dia suka memakai perhiasan yang indah-indah, sedan si Bungsu suaranya sangat merdu. Sifatnya juga lemah lembut. Dia sayang kepada ayahnya.
Penggalan cerita di atas banyak menginformasikan….
a.       tokoh                                                                    c. tema
b.      latar                                                                       d. pesan
10. Kalimat yang menjelaskan watak si Bungsu dalam cerita nomor 9 di atas adalah….
a.      Dia seorang saudagar yang kaya.
b.      Dia senang sekali memakai baju yang bagus-bagus.
c.       Dia suka memakai perhiasan yang indah-indah
d.      Dia sayang sekali kepada ayahnya.
IPA
KD 3.4
1. Gaya yang dilakukan Harno saat mendorong gerobak bakso adalah …
a.       Gaya otot                                                              c. Gaya gerak
b.      Gaya berupa tarikan                                              d. Gaya gesek
2. Harno menggunakan kekuatan otot tangan dan kaki untuk mendorong gerobak sehingga…
a.  Gerobak bergerak ke belakang                              c.Badan Harno tidak berpindah posisi
b. Gerobak bergerak ke depan                                  d. Gerobak tetap diam
3. Gaya yang terjadi saat seseorang bermain sepatu roda adalah gaya gesek antara………
a.       Kaki dan sepatu roda                                            c. Jalan dan kaki
b.      Sepatu roda dan jalan                                           d. Jalan dan badan
4. gambar disamping mennunjukkan pengaruh gaya ………
a. Mengubah benda yang bergerak menjadi diam    c. Mengubah bentuk benda
b.  Mengubah benda yang diam menjadi bergerak    d. Mempengaruhi arah gerak benda
5. Semakin besar benda yang ditarik atau didorong berarti gaya yang dikeluarkan …
a.       Tidak ada                                                              c. Semakin besar
b.      Semakin kecil                                                        d. Sama
6. Semakin besar gaya diberikan saat mendorong gerobak, maka gerobak akan …
a.       Diam                                                                     c. bergerak pelan
b.      Tidak bergerak                                                      d. bergerak cepat
7. Contoh peristiwa gaya dapat mengubah bentuk benda yaitu …
a.      Tanah liat dibentuk menjadi kerajinan gerabah    c. Buku jatuh ke lantai
b.      Bola yang ditendang ke depan                             d. Sepatu jatuh dari rak
8. Berikut ini yang bukan akibat dari gaya adalah ………
a.       Bola yang bergerak menjadi berhenti ketika ditangkap
b.      Sepeda yang dikayuh dengan cepat
c.       Plastisin yang ditekan akan berubah bentuknya
d.      Angin yang dapat dirasakan tetapi tidak dapat dilihat
9. Berikut contoh gaya dapat mempengaruhi bentuk benda, kecuali ……
a.       Ivan meremas kertas                                             c. Bermain plastisin
b.      Membuat gerabah dari tanah liat                          d. Menimba air
10.  Kegiatan di rumah yang melakukan gaya berupa tarikan dan gaya berupa dorongan adalah..
a.       Menyapu lantai                                                     c. Mengangkat barang
b.      Mencuci piring                                                      d. Membuka dan menutup jendela

KD 4.4
1.      Tuliskan contoh gerak benda:
a.       Memantul              : ……………………………………………………………………
b.      Menggelinding      : ……………………………………………………………………
c.       Berputar                : ……………………………………………………………………
d.      Meluncur               : ……………………………………………………………………
e.       Jatuh                      : ……………………………………………………………………
f.       Mengalir                : ……………………………………………………………………
g.      Terapung               : ……………………………………………………………………
h.      Tenggelam             : ……………………………………………………………………
2.      Tuliskan contoh bentuk benda:
a.       Memanjang           : ……………………………………………………………………
b.      Memipih                : ……………………………………………………………………

IPS
KD 3.3
1. Importir adalah ……………
a.       Pelaku yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
b.      Pelaku yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
c.       Kegiatan yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
d.      Kegiatan yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
2. Eksportir adalah …………
a.       Pelaku yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
b.      Pelaku yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
c.       Kegiatan yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
d.      Kegiatan yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
3. Manfaat membuka usaha jasa adalah ………
a.       Menambah pendapatan                                         c. Melatih jiwa wirausaha
b.      Memenuhi kebutuhan masyarakat            d. Membuka persaingan usaha
4. Teh, kopi dan sawit adalah hasil produksi dari sektor ….
a.       Perkebunan                                                           c. Perikanan
b.      Pertambangan                                                       d. Peternakan
5. Kerajinan perak yang terkenal terdapat di Kota ….
a.       Jakarta                                                                   c. Semarang
b.      Yogyakarta                                                           d. Surabaya
6. Kegiatan ekonomi menyalurkan barang atau jasa dari ……… ke konsumen
a.       Produksi                                                                c. Produsen
b.      Distribusi                                                               d. Distributor
7. Produk yang dalam pengolahannya membutuhkan peragian adalah ….
a.       tape, trasi                                                               c. tempe, selai
b.      selai, tahu                                                              d. tempe, tape
8. Kekayaan alam suatu daerah ……… dengan daerah lain, sehingga menyebabkan keragaman jenis mata pencaharian penduduknya
a.       Unik                                                                      c. Harmonis
b.      Berbeda                                                                 d. Sama
9. Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada……
a.       Tanaman yang ditanam                                         c. Penduduk yang bermukim
b.      Pupuk yang dipakai                                              d. Kegiatan ekonomi
10. Adapun mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern biasanya lebih mendekati sector ………
a.       jasa, transportasi, dan pariwisata.            c. Penambang pasir, batu
b.      Pertanian                                                              d. Nelayan
KD 4.3
1. Di daerah pegunungan sebagian warganya menggarap …………
2.  Pekerjaan yang ditekuni masyarakat sesuai dengan ……………… sekitar.
3. Gambar di samping merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan ……
4.  Akuntan merupakan pekerjaan yang melayani ………
5. Pekerjaan yang menghasilkan jasa sering disebut sebagai pekerjaan yang berkaitan dengan……
6.  Lahan pertanian banyak ditemui di daerah …………
7. NTT, Lombok, dan Sumbawa cook untuk usaha peternakan karena ………
8. Para petani dapat memenuhi kebutuhan pertaniannya dengan berbelanja di ………
9. Petani yang mengolah sawah atau lading orang lain disebut ………
10.  Bahan baku pembuatan kecap adalah ………

SBdP
KD 3.1
1. Karya seni tiga dimensi adalah…………
a. Karya seni rupa yang memiliki volume panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume
b.      Karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar
c.       Karya animasi yang dapat bergerak
d.      Karya seni dengan cara memahat suatu benda
2. Ciri benda 3 dimensi adalah kecuali ………
a.       Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
b.      Mempunyai panjang dan lebar
c.       Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
d.      Memiliki volume
3. Benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan silinder disebut . …
a.       Kubistis                                                                 c. Silindris
b.      Benda bebas                                                          d. Oval
4. Buah-buahan, pepohonan, batu-batuan termasuk benda tiga dimensi dengan jenis ……
a.       Kubistis                                                                 c. Oval
b.      Silindris                                                                 d. Benda bebas
5. Yang termasuk media kering adalah ………
a.       Pensil, acrylic, ecolin                                             c. Acrilic, ecolin
b.      Pensil,krayon, ecolin                                             d. Pensil, krayon,spidol
6. Sejenis pensil dari bahan lunak berwarna hitam pekat, sering untuk membuat gambar gradasi atau benda-benda bertekstur halus adalah ……
a.       Konde                                                                   c. Konte
b.      Ecolin                                                                    d. Acrilic
7. Cat minyak dan ecolin merupakan media ………
a. Kering                                                                   c. Basah
b.  Arsir                                                                      d. Blok
8. Teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis disebut ………
a. teknik arsir                                                c.teknik sapuan basah (aquarel)
b. teknik dussel (gosok)                                 d. teknik siluet (blok)
9. Teknik menggambar dengan menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan balok disebut ……
    a. Teknik arsir                                                           c. Teknik siluet (blok)
    b. Teknik dussel (gosok)                                           d.Teknik Aquarel (sapuan basah)
10. Teknik aquarel (sapuan basah) adalah ……
a. Teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan titik-titik sehingga membentuk suatu objek
b. Teknik menggambar menggunakan bahan dengan campuran air di kertas, kain, atau bidang lain
c. Teknik menggambar dengan menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan balok
d. Teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis
KD 4.1
Buatlah 1 contoh gambar benda 3 dimensi!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar