PPKn
KD 3.3
1. Berikut
ini yang termasuk ciri fisik suatu suku bangsa, adalah … .
a. Warna kulit b. Bahasa daerah c. Pakaian d. Tarian adat
a. Warna kulit b. Bahasa daerah c. Pakaian d. Tarian adat
2. Sikap
menghormati keanekaragaman kebudyaan tampak dalam tindakan … .
a. Membiarkan kelompok lain mempraktikkan kebudayaannya
a. Membiarkan kelompok lain mempraktikkan kebudayaannya
b.
Belajar berbagai seni tradisional
c.
Mencela pertunjukkan kesenian suku bangsa lain
d.
Mengembangkan kesenian tradisional
3.
Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural atau majemuk. Artinya,
a.
Masyarakat Indonesia terdiri atas beragam karakteristik yang berbeda antara
masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya
b.
Negara yang sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai petani
c.
Negara yang wilayahnya perairan
d.
Negara yang terdiri dari kepulauan
4.
Pernyataan yang benar mengenai keberagaman di Indonesia adalah ……
a.
Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan penghambat persatuan
kesatuan
b.
Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan sumber timbulnya konflik
c.
Segala perselisihan di Indonesia bersumber dari keberagaman kebudayan
d.
Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia merupakan kekayaan khazanah
budaya bangsa yang dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia
5. Manfaat
keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal adalah ……
a. Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain
a. Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain
b.
Menimbulkan konflik antar golongn masyarakat
c.
Masyarakat bersikap egois
d.
Melunturkan sikap kepedulian antar masyarakat
6. Sikap
nasionalisme dalam diri setiap individu dapat tumbuh dengan adanya ………
a. Rasa cinta tanah air. c. sikap mandiri
a. Rasa cinta tanah air. c. sikap mandiri
b.
Sikap pantang
menyerah
d. Sikap dermawan
7. Dengan
keberagaman di Indonesia yang menjadi simbol pariwisata, otomatis akan menambah
…
a. Devisa atau pendapatan negara c. Pedagang
a. Devisa atau pendapatan negara c. Pedagang
b.
Pengeluaran
negara
d. Tenaga kerja Indonesia
8. Contoh
sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman berbeda agama adalah ……
a. Mempersilakan dan menghormati teman yang sedang beribadah
a. Mempersilakan dan menghormati teman yang sedang beribadah
b.
Membunyikan radio yang keras saat ada kegiatan ibadah agama lain
c.
Mengejek teman yang berasal dari agama lain
d.
Tidak mau berteman dengan teman dari agama lain
9. Karakteristik
tradisi daerah menjadi akar…..sebagai identitas bangsa di mata internasional
a. Budaya nasional c. Masalah
a. Budaya nasional c. Masalah
b.
Kesukuan
d. Bermasyarakat
10. Sikap menghadapi
perbedaan karakteristik antarteman suku adalah ………
a. Menghargai adat dan kebiasaan teman yang berbeda suku.
a. Menghargai adat dan kebiasaan teman yang berbeda suku.
b.
Membeda-bedakan teman yang berbeda suku
c.
Menghindari teman yang berbeda suku
d.
Menganggap diri sendiri lebih baik dari suku lain
KD 4.3
1.
Sebutkan 2 sikap toleransi dalam keberagaman di lingkungan masyarakat!
a.
…………………………………………………………………………………………..
b.
……………………………………………………………………………………………
2.
Sebutkan 3 manfaat keberagaman karakteristik individu masyarakat Indonesia?
a.
…………………………………………………………………………………………..
b.
……………………………………………………………………………………………
c.
…………………………………………………………………………………………..
Bahasa
Indonesia
KD 3.9
Bacalah
cerita di bawah ini!
Air Terjun
Roro Kuning
Roro kuning
adalah putri Lembu Amiseno dari kerajaan Doho. Roro Kuning selain cantik juga
sangat berbakti pada kedua orang tuanya. Ketika Roro kuning sakit, di kerajaan
tidak ada yang bisa menyembuhkan. Roro kuning mengembara tanpa mengenal lelah
dan tidak pernah putus asa dengan naik turun gunung. Hingga akhirnya Roro
Kuning singgah di Gunung Willis. Ketika sedang merenungi nasibnya, Roro Kuning
bertemu dengan Resi Darmo dari padepokan Ringin putih Desa Bajulan. Di sinilah
Roro Kuning dirawat hingga akhirnya sembuh. Dalam proses penyembuhan, Roro
Kuning sering mandi di air terjun yang kemudian diabadikan oleh sang Resi
menjadi air terjun Roro Kuning.
1. Latar
tempat di atas adalah …
a. Kerajaan Doho, Desa Bajulan, dan padepokan.
a. Kerajaan Doho, Desa Bajulan, dan padepokan.
b.
Kerajaan Doho, lereng Gunung Wilis, dan air terjun.
c.
Desa Bajulan, pedepokan, dan lereng Gunung Wilis.
d.
Air terjun, Desa Bajulan, dan padepokan.
2. Tokoh
utama dalam cerita di atas adalah ………
a. Roro Kuning c. Lembu Amiseno
a. Roro Kuning c. Lembu Amiseno
b.
Resi
Darmo
d. Orangtua Roro Kuning
3. Watak
Roro Kuning dalam cerita diatas adalah ….
a. Pantang menyerah c. Tidak sabar
a. Pantang menyerah c. Tidak sabar
b.
Pemaaf
d. Rendah hati.
4.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan cerita di atas adalah ………
a. Putri Lembu Amiseno dari kerajaan Doho adalah Roro Kuning
a. Putri Lembu Amiseno dari kerajaan Doho adalah Roro Kuning
b. Roro
Kuning memiliki paras yang kurang cantik , namun sangat berbakti pada kedua
orang tuanya
c.
Roro Kuning mengembara dan singgah di Gunung Willis
d Dalam
proses penyembuhan dari sakitnya, Roro Kuning sering mandi di air terjun
5. Amanat
cerita di atas adalah ….
a. Sikap pantang menyerah belum tentu membuahkan keberhasilan.
a. Sikap pantang menyerah belum tentu membuahkan keberhasilan.
b.
Kesabaran tidak akan membuhkan keberhasilan.
c.
Untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan usaha yang keras.
d.
Jika menemui kesulitan temuilah orang yang lebih tua.
Malin
Kundang pun turun dari kapal. Ia disambut oleh ibunya. Setelah cukup dekat,
ibunya melihat bekas luka di lengan kanan orang tersebut, semakin yakinlah
ibunya bahwa yang ia dekati adalah Malin Kundang. “Malin Kundang, anakku,
mengapa kau pergi begitu lama tanpa mengirimkan kabar?”, katanya sambal memeluk
Malin Kundang. Tetapi Kundang segera melepaskan pelukan ibunya dan mendorongnya
hingga terjatih. “Wnita tak tahu diri, sembarangan saja mengaku sebagai
ibuku”,kata Malin Kundang kepada ibunya. Malin Kundang pura-pura tidak mengenali
ibunya, karena malu dengan ibunya yang sudah tua dan mengenakan baju
compang-camping.
6. Tokoh
utama dalam cerita di atas adalah….
a. Ibu c. Malin Kundang
a. Ibu c. Malin Kundang
b.
Istri
d. Pengawal
7. Apa yang
membuat ibu Malin Kundang merasa yakin terhadap anaknya…
a. Wajah c. Tubuh
a. Wajah c. Tubuh
b.
Cara
bicara
d. Bekas luka
8. Kalimat
“Wanita tak tahu diri, sembarangan saja mengaku sebagai ibuku” menggambarkan
perasaan Malin yang sedang….
a. Marah c. Senang
a. Marah c. Senang
b.
Gembira
d. Terharu
9.
Berdasarkan cerita tersebut Malin Kundang memiliki sifat….
a. Ramah c. Pemalu
a. Ramah c. Pemalu
b.
Sombong
d. Rendah hati
10. Tokoh
yang penuh kasih sayang dalam kutipan cerita di atas adalah…
a. Malin Kundang c. Ibu Malin Kundang
a. Malin Kundang c. Ibu Malin Kundang
b.
Istri Malin
Kundang
d. Pengawal Malin Kundang
KD 4.9
Bacaan untuk
nomor 1-10
Umbi Jalar
Ticit
Si Ticit
sedang bersusah payah menyeret sebuah umbi jalar. Umbi itu akan disimpannya
sebagai cadangan. Tidak akan lama lagi masa paceklik akan datang. Umbi itu
hampir sebesar badannya. Kici, si anak kelinci, mendekati dengan maksud
memberikan pertolongan. Namun kemudian, Kici terkejut. Kici heran ketika Ticit
si anak tikus yang pelit dan nakal itu melontarkan ucapan yang tidak pantas.
“Oo, maaf
kawan. Aku tidak perlu bantuan. Aku pun tidak akan memberikan umbi ini
kepadamu!” kata si Ticit. Untunglah Kici sabar. Ia dapat menahan marahnya. Kici
diam. Ia tetap memperhatikan teman kecilnya itu menyeret-nyeret makanan
temuannya itu. Umbi itu dia bawa ke atas gundukan tanah. “Bila sudah sampai di
puncak, aku akan menggelindingkan makanan lezat ini ke dekat rumahku,” kata si
Ticit. Bicaranya sombong.
Sesaat
kemudian, si Ticit sudah sampai di puncak. Sayangnya ia telah salah menduga.
Umbi jalarnya itu memang meluncur ke bawah. Namun, arahnya salah. Umbi itu
menggelinding ke lain arah. Tubuh si Ticit pun ikut terseret.
“Walaaawww,
tolooong,” teriak si Ticit.
“Kici,
tangkap si Ticit,” teriak si Kelabu, seekor anak ayam. Ketika itu ia pun
menyaksikan Ticit terguling-guling. Tubuh temannya hampir mendekati jurang
bersama umbinya. Dengan cekatan Kici meraih tangan si Ticit. Dengan penuh rasa
sayang, ia menarik badan temannya itu ke tempat yang aman. Si Ticit tidak dapat
berkata sepatah katapun. Ia merasa malu mendapat kebaikan Kici yang tulus itu
(Pikiran Rakyat dengan beberapa perubahan)***
1. Ticit
membawa umbi jalar untuk….
a.
disimpan
c. dijual
b.
dibakar.
d. ditanam
2. Si Kalebu
merupakan ………
a.
Anak
tikus
c. Anak kelinci
b.
Anak
tupai
d. Anak ayam
3. Si Kici
mau menolong si Ticit karena….
a.
si Kici ingin diberi umbi..
.
c. si Kici merasa kasihan pada si Ticit.
b.
si Ticit badannya sangat
kecil.
d. Ticit memiliki umbi yang banyak.
4.
Sifat si Kici adalah….
a.
sombong
c. sabar
b.
dermawan
d. egois
5. “Oo, maaf
kawan. Aku tidak perlu bantuan. Aku pun tidak akan member umbi ini kepadamu!”
kata si Ticit.
Kata-kata si
Ticit diungkapkan dengan nada….
a.
marah
c. takut
b.
angkuh
d. sedih
6. Tokoh
utama dalam cerita di atas adalah ….
a.
Si Ticit dan
Kici
c. Si Ticit dan umbi
b.
Si Kici dan si
ayam
d. Si ayam dan Umbi
7. Yang
berperan sebagai tokoh antagonis pada cerita diatas adalah ….
c.
Ayam
c. Kici
d.
Ticit
d. umbi
8. Yang
berperan sebagai tokoh protagonis adalah ….
a.
Ayam
c. Kici
b.
Ticit
d. umbi
9. Latar
tempat pada cuplikan cerita di atas adalah …
a.
Hujan
c. jurang
b.
Tanah
d. gubuk
10.
Amanat cerita diatas adalah ….
a. Simpanlah makanan di tempat yang
aman c. Sedia payung sebelum
hujan
b. Tidak boleh berburuk
sangka
d. Hiduplah secara hemat
KD 3.10
1.
Bacalah kutipan cerita berikut !
Sikancil
berjalan berjingkat-jingkat dikebun pak Tani, Kancil hendak mecuri
metimun. Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, tanpa berpikir panjang
kancil menendang boneka itu. Ternyata boneka orang-orangan itu diberi getah
nangka sehingga kaki Kancil menempel diboneka itu dan sulit dilepaskan.
Kemudian pak Tani datang menangkap Si Kancil.
Watak
/ karakter si Kancil dalam dongeng tersebut adalah ………….
a.
Cerdik.
c. Pemalas.
b.
Ceroboh.
d. Pembohong
2.
Perhatikan penggalan cerita berikut !
Sangkuriang
adalah anak kandun Dayang Sumbi yang telah menjadi pemuda gagah dan sakti. Pada
suatu hari, Sangkriang bermaksud melamar Dayang Sumbi. Alangkah terkejutlah
Dayan Sumbi. Untuk menolak secara halus lamaran Sangkuriang, Dayang Sumbi
mengajukan syarat kepada Sangkuriang. Syarat tersebut adalah Sangkuriang harus
membuat perahu dalam waktu satu malam sekaligus danau untuk berlayar.
Dari cerita
tersebut, digambarkan sikap Dayang Sumbi sebagai tokoh …………..
a.
Pemarah.
c. Angkuh.
b.
Berperasaan halus.
d. Ingin menang sendiri.
3. Cerita
yang mengandung sejarah adalah ……
a.
Legenda
c. Fabel
b.
Mite
d. Sage
4.
Tokoh yang berperan sebagai penentang tokoh utama pada cerita adalah ……
a.
Antagonis
c. Figuran
b.
Protagonis
d. Pendukung
5. Seseorang
yang bermain dalam suatu cerita, dan hanya sebagai penghantar penghubung antara
tokoh utama dan pelerai disebut ……..
a.
Antagonis
c.
Protagonis
b.
Tritagonis
d. Figuran
Bacalah
cerita berikut untuk menjawab soal nomor 11 s.d. 13 !
Bayi
Bertanduk
….. Namun
kegembiraan mereka mendadak lenyap setelah mengetahui ternyata di kepala si
bayi laki-laki itu ada tanduknya. Mereka merasa malu dan takut dihina maupun
diejek oleh orang-orang desa.
Pada malam
hari, bayi laki-laki itu dimasukkan ke dalam peti, bersama sebutir telur ayam
dan secangkir beras lalu dihanyutkan ke sungai. Kakak perempuan si bayi
mengetahui perbuatan orang tuanya. Ia sangat sedih. Diam-diam ia meninggalkan
rumah dan mengikuti adiknya yang dihanyutkan ke sungai.
6. Tokoh
antagonis pada cerita di atas adalah ………
a.
Bayi
c. Orang tua
b.
Ibu
d. Kakak perempuan
7. Watak
tokoh kakak perempuan dalam penggalan cerita rakyat di atas adalah ….
a.
Penyayang
c. Tidak peduli
b.
Pemarah
d. Tidak menghormati orang tua
8.
Bagaimanakah watak tokoh orang tua dalam cerita di atas?
a.
sayang
anak
c. penakut
b.
Kejam terhadap
anak
d. tidak peduli
9.
Tokoh-tokoh yang ada dalam penggalan cerita rakyat di atas adalah ….
a.
kakak perempuan, bayi laki-laki, orang
tua c. orang tua
dan kakak perempuan
b.
orang tua dan bayi
laki-laki
d. kakak perempuan
Esok harinya
Baginda pergi ke halaman belakang istana. Tiga gembala muda sudah menunggu
dengan tongkat masing-masing. Domba-domba berkeliaran di rumput, ada yang duduk
tenang, ada yang berjalan-jalan dan ada pula yang berlaga dengan kawannya.
10. Cerita di atas terjadi di….
10. Cerita di atas terjadi di….
a.
tempat
raja
c. kandang domba
b.
di belakang istana
d. padang rumput
KD 4.10
1. Ketika
Ibu Malin Kundang menyapa anaknya, Malin Kundang tidak memerdulikannya. Bahkan,
ia menghardik dan menendangnya. Sikap seperti itu membuat ibunya tanpa sadar mengeluarkan
kutukan terhadap anaknya. Akhinya, Malin Kundang berubah menjadi batu.
Pesan yang
terkandung pada penggalan cerita di atas adalah….
a.
Surga itu ada di telapak kaki
ibu.
c. Perhatikan keinginan orang tua.
b.
Tak ada ibu yang tidak menyayangi anaknya. d. Jangan
menyakiti hati orang tua.
2. Mertua si
Kabayan sangat jengkel kepada menantunya. Setiap hari ia hanya
bermalas¬malasan. Semua nasihat mertuanya sedikit pun tidak mengubah sikap
jeleknya itu. “Dasar Kabayan si Tebal Muka,” umpat mertuanya.
Kata
yang bergaris bawah dalam penggalan cerita itu bermakna
a.
suka
melawan
c. senang dipuji
b.
tak tahu
malu
d. malas
bekerja
4. Panas
hati Kamandaka. Darahnya menggelegak. Dalam keadaan seperti itu ia
membalas dengan suara lantang.
Makna dari
kata yang bergaris bawah adalah
a.
sayang
c. senang
b.
tabah
d. marah
5. Arya
Panangsang di Jipang Pandan Bakti sakti mandraguna. Kesaktiannya tidak ada yang
menandingi. Karena mempunyai kesaktian yang tanpa tanding itulah, maka tanpa
berpikir panjang lagi ia membabat semua musuhnya.
Sifat yang
dimiliki oleh Arya Panangsang adalah
a.
bijaksana
c. takabur
b.
pemberani
d. pemarah
6. Raja muda
menikah dengan putri cantik. Semua rakyat bergembira kecuali Dayang Ipu. la
ingin menyingkirkan Sang Putri. Sang Putri oleh Dayang Ibu dibawa ke laut
kemudian ia ditinggalkan seorang diri. Dayang Ipu menjelma menjadi Sang Putri,
kemudian ia bersenang-senang di istana.
Tokoh Dayang
Ipu bersifat . . .
a.
sombong
c. cerdik
b.
kikir
d.dengki
7. Pada
suatu hari Dayang Sumbi berkata kepada Sangkuriang. Dayang Sumbi ingin s hati
kijang. Disuruhnya Sangkuriang untuk berburu besok pagi. Sangkuriang menye
keingnan ibunya itu. Ia menyarankan agar ibunya segera pergi tidur karena hart,
larut malam.
Kalimat yang
tidak tepat dengan cerita di atas adalah….
a.
Dayang Sumbi menyuruh anaknya untuk berburu pada hari itu juga.
b.
Dayang Sumbi ingin sekali hati kijang.
c.
Sangkuriang menyetujui keinginan ibunya itu.
d.
Sangkuriang menyarankan ibunya pergi tidur
8. Elis
tidak pernah berbicara kasar terhadap siapapun. Bila bertemu dengan orang tua
guru, pasti is memberi salam.Dia disenangi oleh semua temannya serta
guru-guru. Sifat Elis dalam cerita tersebut adalah
a.
Sombong
c. pandai dan rendah hati.
b.
sopan dan
ramah
d. suka mencari muka.
9. Konon,
ada seorang saudagar yang kaya. Dia mempunyai tiga orang putri. Ketiganya
berparas cantik. Sulung memiliki tubuh yang ramping. Karena itu senang sekali
memakai baju yang bagus-bagus. Tengah mempunyai kulit yang halus lembut. Karena
itu dia suka memakai perhiasan yang indah-indah, sedan si Bungsu suaranya sangat
merdu. Sifatnya juga lemah lembut. Dia sayang kepada ayahnya.
Penggalan
cerita di atas banyak menginformasikan….
a.
tokoh
c. tema
b.
latar
d. pesan
10. Kalimat
yang menjelaskan watak si Bungsu dalam cerita nomor 9 di atas adalah….
a.
Dia seorang saudagar yang kaya.
b.
Dia senang sekali memakai baju yang bagus-bagus.
c.
Dia suka memakai perhiasan yang indah-indah
d.
Dia sayang sekali kepada ayahnya.
IPA
KD 3.4
1. Gaya yang
dilakukan Harno saat mendorong gerobak bakso adalah …
a.
Gaya
otot
c. Gaya gerak
b.
Gaya berupa
tarikan
d. Gaya gesek
2. Harno
menggunakan kekuatan otot tangan dan kaki untuk mendorong gerobak sehingga…
a.
Gerobak bergerak ke
belakang
c.Badan Harno tidak berpindah posisi
b. Gerobak
bergerak ke
depan
d. Gerobak tetap diam
3. Gaya yang
terjadi saat seseorang bermain sepatu roda adalah gaya gesek antara………
a.
Kaki dan sepatu
roda
c. Jalan dan kaki
b.
Sepatu roda dan
jalan
d. Jalan dan badan
4.
gambar disamping mennunjukkan pengaruh gaya ………
a. Mengubah
benda yang bergerak menjadi diam c. Mengubah bentuk benda
b.
Mengubah benda yang diam menjadi bergerak d. Mempengaruhi
arah gerak benda
5. Semakin
besar benda yang ditarik atau didorong berarti gaya yang dikeluarkan …
a.
Tidak
ada
c. Semakin
besar
b.
Semakin kecil
d. Sama
6. Semakin
besar gaya diberikan saat mendorong gerobak, maka gerobak akan …
a.
Diam
c. bergerak pelan
b.
Tidak bergerak
d. bergerak cepat
7. Contoh
peristiwa gaya dapat mengubah bentuk benda yaitu …
a.
Tanah liat dibentuk menjadi kerajinan gerabah
c. Buku jatuh ke lantai
b.
Bola yang ditendang ke
depan
d. Sepatu
jatuh dari rak
8. Berikut
ini yang bukan akibat dari gaya adalah ………
a.
Bola yang bergerak menjadi berhenti ketika ditangkap
b.
Sepeda yang dikayuh dengan cepat
c.
Plastisin yang ditekan akan berubah bentuknya
d.
Angin yang dapat dirasakan tetapi tidak dapat dilihat
9. Berikut
contoh gaya dapat mempengaruhi bentuk benda, kecuali ……
a.
Ivan meremas
kertas
c. Bermain plastisin
b.
Membuat gerabah dari tanah
liat
d. Menimba air
10.
Kegiatan di rumah yang melakukan gaya berupa tarikan dan gaya berupa dorongan
adalah..
a.
Menyapu
lantai
c. Mengangkat barang
b.
Mencuci piring
d. Membuka dan menutup jendela
KD 4.4
1.
Tuliskan contoh gerak benda:
a.
Memantul
: ……………………………………………………………………
b.
Menggelinding : ……………………………………………………………………
c.
Berputar
: ……………………………………………………………………
d.
Meluncur
: ……………………………………………………………………
e.
Jatuh
: ……………………………………………………………………
f.
Mengalir
: ……………………………………………………………………
g.
Terapung
: ……………………………………………………………………
h.
Tenggelam
: ……………………………………………………………………
2.
Tuliskan contoh bentuk benda:
a.
Memanjang :
……………………………………………………………………
b.
Memipih
: ……………………………………………………………………
IPS
KD 3.3
1. Importir
adalah ……………
a.
Pelaku yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
b.
Pelaku yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
c.
Kegiatan yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
d.
Kegiatan yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
2. Eksportir
adalah …………
a.
Pelaku yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
b.
Pelaku yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
c.
Kegiatan yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
d.
Kegiatan yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
3. Manfaat
membuka usaha jasa adalah ………
a.
Menambah
pendapatan
c. Melatih jiwa wirausaha
b.
Memenuhi kebutuhan
masyarakat d.
Membuka persaingan usaha
4. Teh, kopi
dan sawit adalah hasil produksi dari sektor ….
a.
Perkebunan
c. Perikanan
b.
Pertambangan
d. Peternakan
5. Kerajinan
perak yang terkenal terdapat di Kota ….
a.
Jakarta
c. Semarang
b.
Yogyakarta
d. Surabaya
6. Kegiatan
ekonomi menyalurkan barang atau jasa dari ……… ke konsumen
a.
Produksi
c. Produsen
b.
Distribusi
d. Distributor
7. Produk
yang dalam pengolahannya membutuhkan peragian adalah ….
a.
tape,
trasi
c. tempe, selai
b.
selai,
tahu
d. tempe, tape
8. Kekayaan
alam suatu daerah ……… dengan daerah lain, sehingga menyebabkan keragaman jenis
mata pencaharian penduduknya
a.
Unik
c. Harmonis
b.
Berbeda
d. Sama
9. Perbedaan
petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak
pada……
a.
Tanaman yang ditanam
c. Penduduk yang bermukim
b.
Pupuk yang
dipakai
d. Kegiatan ekonomi
10. Adapun
mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern biasanya lebih mendekati
sector ………
a.
jasa, transportasi, dan
pariwisata.
c. Penambang pasir, batu
b.
Pertanian
d. Nelayan
KD 4.3
1. Di daerah
pegunungan sebagian warganya menggarap …………
2.
Pekerjaan yang ditekuni masyarakat sesuai dengan ……………… sekitar.
3.
Gambar di samping merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan
……
4.
Akuntan merupakan pekerjaan yang melayani ………
5. Pekerjaan
yang menghasilkan jasa sering disebut sebagai pekerjaan yang berkaitan dengan……
6.
Lahan pertanian banyak ditemui di daerah …………
7. NTT,
Lombok, dan Sumbawa cook untuk usaha peternakan karena ………
8. Para
petani dapat memenuhi kebutuhan pertaniannya dengan berbelanja di ………
9. Petani
yang mengolah sawah atau lading orang lain disebut ………
10.
Bahan baku pembuatan kecap adalah ………
SBdP
KD 3.1
1. Karya
seni tiga dimensi adalah…………
a. Karya
seni rupa yang memiliki volume panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki
volume
b.
Karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar
c.
Karya animasi yang dapat bergerak
d.
Karya seni dengan cara memahat suatu benda
2. Ciri
benda 3 dimensi adalah kecuali ………
a.
Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
b.
Mempunyai panjang dan lebar
c.
Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
d.
Memiliki volume
3.
Benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan silinder disebut . …
a.
Kubistis
c. Silindris
b.
Benda bebas
d. Oval
4.
Buah-buahan, pepohonan, batu-batuan termasuk benda tiga dimensi dengan jenis ……
a.
Kubistis
c. Oval
b.
Silindris
d. Benda bebas
5. Yang
termasuk media kering adalah ………
a.
Pensil, acrylic,
ecolin
c. Acrilic, ecolin
b.
Pensil,krayon,
ecolin
d. Pensil, krayon,spidol
6. Sejenis
pensil dari bahan lunak berwarna hitam pekat, sering untuk membuat gambar
gradasi atau benda-benda bertekstur halus adalah ……
a.
Konde
c. Konte
b.
Ecolin
d. Acrilic
7. Cat
minyak dan ecolin merupakan media ………
a. Kering
c. Basah
b. Arsir
d. Blok
8. Teknik
menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau
tebal-tipis disebut ………
a. teknik
arsir
c.teknik sapuan basah (aquarel)
b. teknik dussel
(gosok) d. teknik siluet (blok)
9. Teknik
menggambar dengan menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga
menimbulkan kesan balok disebut ……
a. Teknik
arsir
c. Teknik siluet (blok)
b. Teknik dussel
(gosok)
d.Teknik Aquarel (sapuan basah)
10. Teknik
aquarel (sapuan basah) adalah ……
a. Teknik
menggambar atau melukis dengan menggunakan titik-titik sehingga membentuk suatu
objek
b. Teknik
menggambar menggunakan bahan dengan campuran air di kertas, kain, atau bidang
lain
c. Teknik
menggambar dengan menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga
menimbulkan kesan balok
d. Teknik
menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau
tebal-tipis
KD 4.1
Buatlah 1
contoh gambar benda 3 dimensi!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar