About

Senin, 23 Maret 2020

Tema 9 Subtema 2 PB 1

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret 2020

Bentuk Energi dan Contoh Perubahan Energi


bentuk-bentuk energi yang kita kenal ada beberapa contoh perubahan energi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
1. Energi Listrik – Energi Panas
Contoh perubahan dari energi listrik menuju energi panas, contohnya adalah penggunaan oven, kompor listrik, setrika hingga microwave.
2. Energi Listrik – energi Kimia
Perubahan dari energi listrik menuju energi kimia contohnya adalah charger batu baterai, pengisian aki atau accumulator.
3. Energi Listrik – Energi Gerak
Contoh perubahan energi listrik menjadi sebuah energi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, blender dan masih banyak lagi.
4. Energi Gerak – Energi Panas
Perubahan energi gerak menjadi sebuah energi panas, contohnya adalah ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh akan menjadi panas.
5. Energi Cahaya – Energi Listrik
Perubahan sebuah energi cahaya ke dalam energi listrik adalah contohnya teknologi panel surya.
6. Energi Listrik – Energi Panas
Contoh dari perubahan energi listrik ke energi panas adalah dari penggunaan hair dryer.
7. Energi Gerak – Energi Bunyi
Energi gerak yang diubah menjadi energi bunyi, bisa kita contohkan dari menabuh gendang atau bertepuk tangan yang akan menghasilkan suara.
8. Energi Kimia – Energi Panas
Perubahan dari energi kimia ke dalam bentuk energi panas bisa terdapat pada makanan yang kita makan, seusai dikonsumsi hingga menjadi panas.
Sumber daya alam adalah semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam terbagi dua yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. Sumber daya alam hayati disebut juga sumber daya alam biotik yaitu semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) berupa makhluk hidup. Sedangkan sumber daya alam non hayati atau sumber daya alam abiotik adalah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia berupa benda mati.
Sumber daya alam merupakan istilah yang berhubungan dengan materi-materi dan  penting yang terdapat di planet bumi yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Materi alam tersebut dapat berupa benda hidup (unsur-unsur hayati),yaitu hewan dan tumbuhan. Terdapat pula benda mati (nonhayati), seperti tanah,udara, air, bahan galian atau barang tambang. Selain itu terdapat pula kekuatan-kekuatan alam menghasilkan tenaga atau energi. Misalnya, panas bumi(geothermal), energi matahari, kekuatan air, dan tenaga angin.
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berada di alam (di luar manusia) yang dinilai memiliki daya guna untuk memenuhi kebutuhan sehingga tercipta kesejahteraanhidup manusia tersebut. Dalam pengertian lain sumber daya alam adalah semua kekayaan alam yang terdapat di lingkungan sekitar manusia yang dapat dimanfaatkan bagi pemenuhan kebutuhan manusia.
Sumber daya alam adalah semua bahan yang ada di alam dan dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam dapat didefinisikan sebagai lingkungan alam (natural  environment) yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam juga dapat diartikan sebagai keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.
Adapun Sumber Daya Alam (SDA) dibagi kedalam tiga jenis, berikut adalah jenis-jenis sumber daya alam :
1.          Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya
a) SDA yang Dapat Diperbaharui (Renewable)
SDA yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang apabila dimanfaatkan dan habis maka dapat dilestarikan kembali. Sumber daya alam ini dapat bereproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali). Contohnya air, tanah, tumbuhan danhewan. Karena sumber daya alam bersifat terbatas, maka tetap harus dijaga kelestariannya. Pelestarian ini berfungsi agar keseimbangan ekosistem dapat terjaga.
b) SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui (Non Renewable)
SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang apabila dimanfaatkan atau digunakan sampai habis maka sumber daya alam itu tidak dapat dilestarikan kembali. SDAyang tidak dapat diperbaharui juga dapat diartikan sebagai sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lambat dalam waktu jutaan tahun. Oleh karena itu, jumlahnya berkurang karena dimanfaatkan dan pada saatnya nanti akanhabis. Contoh SDA yang tidak dapat diperbaharui yaitu emas, batu bara, minyak bumi, tembaga, timah, bauksit, nikel, aspal, dan bahan tambang lainnya.
Laporan Hasil Wawancara

I.      Latar Belakang
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lancar dan sebagai mana mestinya.
Kegiatan wawancara ini merupakan salah satu tugas di bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari narasumber. Kami diberi topik “Hewan Peliharaan” oleh karena itu kami mewawancarai salah satu pemilik kucing di rumah saya.
Dengan terlaksananya kegiatan wawancara ini, maka kami berharap telah memenuhi tugas Bahasa Indonesia dan mendapatkan nilai yang baik. Serta bermamfaat bagi teman-teman sekalian.
II.    Maksud Dan Tujuan
1.          Memenuhi tugas Bahasa Indonesia.
2.          Memahami dan menguasai kegiatan wawancara.
3.          Memperoleh informasi.
III.  Topik Wawancara
Hewan Peliharaan.
IV.   Waktu dan Tempat Kegiatan
Acara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal                 : Kamis, 29 Agustus  2013.
Pukul                               : 17.27 WIB s/d selesai.
Tempat                            : Rumah saya.

V.     Laporan Hasil Wawancara
Narasumber       : Lia.
Pewawancara     : Amira Rachmatillah.
Hasil Wawancara
Pada hari Kamis, 29 Agustus 2013, pukul 17.27  kami datang ke pemelihara kucing. Tentu saja kami langsung bertemu dengan pemilik kucing ini, yang bernama Lia dan meminta izin  untuk mewawancarainya. Narasumber  ini bersikap ramah kepada kami.
Pertanyaan pembuka:
1.      Selamat Sore, Ibu Lia ! maaf kedatangan kami kemari mengganggu aktifitas ibu,sekedar ingin tahu berapa kucing yang ibu pelihara, dan apakah ibu kurung?
Sore, sekarang ini saya mempunyai 7 kucing dan pastinya saya biarkan berkeliaran supaya tidak setres.
2.      Wah banyak sekali,  apakah jenis dari 7 kucing tersebut?
Semua jenis kucing tersebut jenis kucing kampung
Pertanyaan isi:
3.      Lalu diantara mereka bertujuh mana yang paling berbeda lainnya dan siapa namanya?
Yang paling berbeda diantara lainnya yaitu namanya Empot, dia paling gendut dan menggemaskan diantara 7 kucing tersebut.
4.      Apakah warna  rambut si Empot?
Rambut badanya kuning keemasan , tangan dan kakinya putih.
5.      Lalu sudah berapakah umur si Empot?
Umur si Empot kurang lebih 7 bulan.
6.      Omong-omong apakah jenis kelamin si Empot?
Jenis kelamin si Empot perempuan.
7.      Kira-kira apakah ibu kesulitan merawat mereka ?
Tidak sama sekali, saya hanya memberi makan dan minum secara tidak berlebihan.
Pertanyaan penutup:
8.  Terima kasih sudah bersedia di wawancarai oleh kami dan maaf sudah mengganggu aktifitas ibu ?
Iya, tidak apa-apa.
VI. Penutup
A. Kesimpulan
Ibu Lia mempunyai 7 ekor kucing yang jenisnya kucing kampung semua, mereka dibiarkan bebas berkeliaran supaya tidak setres. Diantara 7 ekor kucing tersebut, ada salah satu kucing yang bernama si Empot, warna badannya kuning keemasan dan warna kakinya putih, ia sangat menggemaskan dan mereka selalu dirawat dengan baik.
B.  Saran-saran
Kucing harus dibiarkan bebas supaya tidak setres dan kucing harus dirawat dengan baik.
Demikianlah laporan hasil kegiatan wawancara ini kami buat dengan yang sebenar-benarnya. Ucapan terima kasih tertuju kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kemudahan kepada kami sehingga terlaksananya acara ini. Serta kepada teman-teman yang ikut membantu dalam pembuatan laporan hasil wawancara ini.
Latihan Soal
  1. Berikan contoh perubahan energi listrik menjadi energi gerak!
  2. Apa yang dimaksud dengan SDA yang tidak dapat diperbaharui serta contohnya?
  3. Dalam membuat laporan hasil wawancara ada 6 point yang harus di tulis. tuliskan poinnya saja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar