About

Rabu, 11 Maret 2020

Tema 8 Subtema 3 PB 4 dan 5

Hari/Tanggal : Rabu, 11 Maret 2020

PB 4
Peran tokoh dalam teks fiksi
Tokoh protagonis, antagonis dan tokoh tambahan dalam cerita fabel.

Kisah Buaya Yang Serakah

cerita dongeng buaya yang serakah
Di pinggiran sungai ada seekor buaya yang sedang kelaparan, sudah tiga hari Buaya itu belum makan perutnya terasa la sekali mau tidak mau hari ini dia harus makan sebab kalau tidak bisa-bisa ia akan mati kelaparan. Buaya itu segera masuk ke dalam Sungai ia berenang perlahan-lahan menyusuri sungai mencari mangsa.
Buaya melihat seekor bebek yang juga sedang berenang di sungai, Bebek tahu dia sedang diawasi oleh Buaya, dia segera menepi. Melihat mangsanya akan kabur Buaya segera mengejar dan akhirnya Bebekpun tertangkap.
Ampun Buaya, tolong jangan mangsa aku, dagingku sedikit, kenapa kamu tidak memang sa kambing saja di dalam hutan,” ucapnya seraya menagis ketakutan
“Baik, sekarang kau antar aku ke tempat persembunyian Kambing itu,” perintah buaya dengan menunjukkan taring yang sangat tajam.
Berada tidak jauh dari tempat itu ada lapangan hijau tempat Kambing mencari makan, dan benar saja di sana ada banyak Kambing yang sedang lahap memakan rumput.
“Pergi sanah, aku mau memangsa Kambing saja,” Bebek yang merasa senang, kemudian berlari dengan kecepatan penuh.
Setelah mengintai beberapa lama, akhirnya Buaya mendapatkan satu ekor anak Kambing yang siap dia santap. “Tolong, jangan makan aku, dagingku tidak banyak, aku masih kecil, kenpa kamu tidak makan gajah saja yang dagingnya lebih banyak, aku bisa mengantarkan kamu ke sana”.
“Baik, segera antarkan aku ke sana!” Anak Kambing itu mengajak buaya ke tepi danau yang luas, di sana ada anak Gajah yang besar. Buaya langsung mengejar dan menggigit kaki anak Gajah itu. Walau besar, tapi kulit Gajah itu sangat tebal, jadi tidak bisa melukainya.
Anak Gajah itu berteriak meminta tolong kepada ibunya. Buaya terus saja berusaha menjatuhkan anak Gajah itu, tapi sayang tetap tidak bisa. Mendengar teriakan anaknya, sekumpulan Gajah mendatangi dan menginjak Buaya itu sampai tidak bisa bernafas. Buaya itu tidak bisa melawan, karena ukuran ibu Gajah itu sangat besar, ditambah dia juga lemas karena belum makan. Buaya itu kehabisan tenaga dan mati.
Pesan moral Buaya Yang Serakah
Pesan moral dan pelajaran yang bisa kita ambil adalah kalau kita sudah menerima apapun meskipun kecil atau meskipun sedikit berterimakasihlah dan bersyukurlah dengan apa yang sudah kita dapat.
Sumber : https://woazy.com/2018/06/03/17-cerita-fabel-hewan-pendek-cerita-dongeng-anak-sebelum-tidur/

Corak Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Sekitar

Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia

Di Indonesia terdapat bebera jenis kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, untuk mengetahui informasi lebih detailnya maka simak uraian list yang terdapat di bawah ini.
  1. Perdagangan

Ketahuilah salah satu contoh kegiatan ekonomi di Indonesia yang banyak dilakukan oleh masyarakat yaitu kegiatan berdagang. Tentunya, sudah tidak asing lagi dengan istilah perdagangan atau yang lebih dikenal dengan proses transaksi jual beli dengan mendapatkan jumlah keuntungan yang cukup besar.
Kini perdagangan telah dijadikan sebagai salah satu bisnis yang sangat menguntungkan di Indonesia. Bahkan, dari banyaknya jenis perdagangan yang ada di Indonesia membuat banyak inovasi produk dalam proses jual beli yang menguntungkan setiap masyarakat yang melakukan transaksi.
Tentunya, proses kegiatan perdagangan ini memang sangat menguntungkan penjual ataupun pembelinya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Perindustrian

Berikutnya, kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia yaitu perindustrian yang memiliki ruang lingkup cukup luas dalam mengolah produk mentah menjadi produk jadi. Di Indonesia memang sudah cukup banyak jenis perusahaan industri yang memenuhi segala kebutuhan ekonomi di Indonesia.
Ketahuilah bahwa perindustrian di Indonesia memang membuat contoh kegiatan ekonomi memang menjadi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dalam waktu sehari-hari. Nah, dalam dunia perindustrian memang memiliki teknologi yang sangat canggih untuk mengolah hasil produksi.
Dalam rangka perindustrian ini memang membuat berbagai olahan produk yang memenuhi segala kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah dalam melakukan kegiatan ekonomi.
  1. Pertambangan

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui bahwa dalam jenis kegiatan ekonomi di Indonesia juga ada yang berbentuk pertambangan. Kegiatan pertambangan ini merupakan salah satu cara mengambil kekayaan yang memiliki nilai guna sangat tinggi. Di Indonesia terdapat banyak jenis pertambangan seperti batu bara, emas, dan perminyakan.
Orang yang bekerja di pertambangan pastinya memiliki gaji sangatlah besar, kegiatan pertambangan ini tentunya juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan setiap manusia.
  1. Jasa

Layanan  jasa juga merupakan salah satu jenis kegiatan ekonomi yang dapat memberikan pelayanan kepada setiap orang baik dalam bidang jasa darat, perairan, ataupun udara. Nah, sekarang ini sudah banyak sekali bisnis dalam bidang jasa yang mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat Indonesia.
Contohnya, jasa transportasi, jasa penerbangan, dan masih banyak lagi jenis jasa yang lainnya yang dibutuhkan oleh setiap manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
  1. Pertanian

Pertanian merupakan salah satu jenis kegiatan ekonomi yang paling familiar di Indonesia. Hal tersebut tentunya disebabkan karena negara Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan perhatian sangat luas. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan.
 Toleransi dapat diwujudkan melalui tindakan - tindakan sebagai berikut :
1. Tidak memaksa kehendak kepada orang lain
2. Menghargai dan menghormati pekerjaan orang lain
3. Saling membantu antar sesama
4. Senantiasa membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.

PB 5
Apa manfaat dari keragaman karakteristik setiap individu
  • Lebih mengenal masing-masing karakter orang-orang di sekitar kita.
  • Manfaat yang lainnya adalah tumbuh rasa toleransi. ...
  • Menumbuhkan rasa nasionalisme kita. ...
  • Setelah kita mengenal masing-masing karakter, kemudian tumbuh rasa toleransi, serta nasionalisme, maka akan timbul dengan sendirinya rasa persatuan dan kesatuan.

  • Membuat Sketsa
Setelah tema mengenai gambaran apa yang akan dilukis beres, maka buatlah sketsa dengan mengambilnya melalui ide yang ditemukan, kepuasan dalam membuat karya seni lukis ialah ketika ide dapat diwujudkan dalam sebuah karya seni lukis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar