Hari/Tanggal : Senin, 2 Maret 2020
PPKn
KD 3.3
1. Setiap individu itu berbeda karena ………
a. Setiap individu itu memiliki ciri khas tersendiri yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.
b.      Lahir di tempat yang berbeda-beda
c.       Memiliki keyakinan agama masing-masing
d.      Perbedaan kondisi lingkungan tempat tinggal
2. Bentuk keberagaman pada setiap individu manusia, kecuali ………
a.       Sifat                                                                      c. Kegemaran
b.      Fisik                                                                      d. Jenis Kelamin
3. Manfaat menghargai keragaman di lingkungan keluarga adalah…
a.      Menjadikan anak giat bekerja
b.      Adik bisa membantu ibu memasak
c.       Menciptakan kehidupan yang harmonis
d.      Menjadikan orang tua selalu memperhatikan perkembangan anak
4. Berikut cara mengatasi keberagaman di lingkungan sekolah…
a.       Belajar bersama teman yang disukai saja
b.      Bermain dengan teman satu suku saja
c.       Membantu teman yang beragama sama
d.      Bekerja sama dengan teman berbeda suku
5. Apabila tidak dikelola dengan baik, keragaman dapat menimbulkan….
a.       Persatuan                                                               c. Kesatuan
b.      Perpecahan                                                            d. Kebersamaan
6. Kita harus saling ……… meskipun setiap siswa di sekolah memiliki karaketristik fisik maupun kegemaran yang berbeda-beda.
a.       Berdebat                                                               c. Menghormati
b.      Mengomentari                                                       d. Berdiskusi
7. Jujur, sopan, cerdik, dan peduli termasuk keragaman dalam bentuk ………
a.       Kegemaran                                                            c. Sifat
b.      Akal                                                                      d. Ciri-ciri
8. Setiap daerah Indonesia memiliki adat istiadat yang berbeda-beda karena ………
a.       Keberagaman lingkungan social tempat tinggal
b.      Keberagaman pegunungan di Indonesia
c.       Keberagaman sifat manusia
d.      Keberagaman karakteristik setiap individu
9. Cara menyikapi keberagaman karakteristik yaitu  dengan ……
a.      menghormati dan  menghargai teman yang berbeda  fisik, agama, dan asal daerah
b.      Menghindari teman yang berbeda agama
c.       Memilih teman yang paling pintar saja
d.      Menganggap rendah teman yang keadaan ekonominya kurang
10. Tempat manusia menetap untuk berteduh dari keadaan alam, serta tempat melaksanakan hak dan kewajibannya dalam menjalani hidup disebut …………
a.       Lingkungan                                                           c. Sekolah
b.      Pos ronda                                                              d. Tempat tinggal
KD 4.3
1.      Sebutkan 3 cara menyikapi keberagaman karakteristik di sekolah!
a.       …………………………………………………………………………………………..
b.      …………………………………………………………………………………………..
c.       …………………………………………………………………………………………..
2.      Sebutkan 2 manfaat dari keberagaman karakteritik di sekolah!
a.       …………………………………………………………………………………………..
b.      …………………………………………………………………………………………..
c.       …………………………………………………………………………………………………..

Bahasa Indonesia
KD 3.9
1.      Cerita fiksi adalah ………
a.       Cerita yang sengaja dikarang oleh pengarang       c. Laporan percobaan
b.      Bentuk karangan berdasarkan hasil wawancara   d. Cerita nyata
2.      Unsur-unsur cerita fiksi adalah ……
a.       Tema, sketsa, latar, alur, amanat                           c. Tema, tokoh, latar, alur, aplikasi
b.      Tema, tokoh, latar, alur, amanat                            d. Tema, tokoh, larat, alur, amanat
3.      Cerita rakyat adalah ………
a.       Cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa depan yang menjadi ciri khas setiap bangsa
b.      Cerita yang berasal dari pengalaman nyata sebagai pembelajaran pembacanya
c.       Cerita yang mengisahkan kesuksesan seseorang
d.      Cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa
4.      Tema adalah ……
a.       Suatu gagasan atau ide yang mendasari pembuatan suatu cerita
b.      Pesan moral yang terkandung dalam suatu cerita
c.       Jalannya cerita
d.      Permasalahan yang muncul di dalam sebuah cerita
5.      Tokoh adalah ……………
a.       Pelaku yang mengemban peristiwa dalam suatu cerita sehingga peristiwa itu mampu menjalin cerita
b.      Tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita dan ditampilkan terus-menerus
c.       Tokoh yang muncul sekali atau beberapa kali saja disebut tokoh tambahan
d.      Pelaku cerita yang bersifat baik hati
6.      Alur cerita adalah ………
a.       Rangkaian tahapan jalan cerita yang ada pada sebuah cerita
b.      Permasalahan yang muncul di dalam sebuah cerita
c.       Pesan moral yang terkandung dalam suatu cerita
d.      Pelaku dalam sebuah cerita
7.      Saat konflik telah mencapai tingkat intensitas tertinggi, dan saat itu merupakan sebuah konflik yang tidak dapat dihindari dinamakan ……
a.       Klamiks                                                                 c. Klimaks
b.      Latar                                                                      d. Sudut pandang
8.      Ciri-ciri cerita fiksi adalah kecuali ………
a.       Merupakan cerita rekaan atau cerita nyata yang diolah oleh pengarang.
b.      Bertujuan untuk menghibur dengan menceritakan  suatu peristiwa.
c.       Disajikan dalam alur cerita.
d.      Memiliki pola sajak
9.      Cerita fiksi yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia melalui tulisan pendek disebut ……
a.       Cerita rakyat         b. Novel                      c. Cerpen                       d. Komik
10.  Cerita fiksi yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak setiap tokoh disebut ……
a.       Cerpen                   b. Cerita rakyat           c. Komik                     d. Novel

KD 4.9
1.      Sebutkan 2 contoh cerita jenaka yang pernah kamu baca!
………………………………………………………………………………………………
2.      Sebutkan 2 contoh cerita mite yang pernah kamu baca!
………………………………………………………………………………………………
3.      Sebutkan 2 contoh cerita fabel yang pernah kamu baca!
………………………………………………………………………………………………
4.      Sebutkan 2 contoh cerita legenda yang pernah kamu baca!
………………………………………………………………………………………………
5.      Sebutkan 2 contoh cerita sage yang pernah kamu baca!
………………………………………………………………………………………………

IPA
KD 3.4
1.      Gerak adalah …………
a.       Suatu tarikan atau dorongan yang menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk
b.      Benda yang menggelinding
c.       Perputaran suatu benda
d.      Perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda.
2.      Contoh peristiwa yang menunjukkan gerakan benda akibat gaya yaitu kecuali ………
a.       Mobil mogok yang didorong akan bergerak         c. Meja yang didorong akan bergerak
b.      Kelereng yang dijentikkan akan bergerak             d. Bola yang tetap diam
3.      Saat Adi mendorong almari tanpa perpindahan posisi Adi, maka almari bergerak…
a.       Mendekati Adi                                                      c. Bergerak ke belakang
b.      Menjauhi Adi                                                        d. Menggelinding
4.wwwGambar di samping memanfaatkan gaya berupa ………
a.       Dorongan                                                              c. Tarikan
b.      Gesekan                                                                d. Gravitasi
5. Saat Indah menarik meja tanpa perpindahan posisi Indah , maka meja bergerak ……
a.       Mendekati Indah                                                  c. Bergerak ke belakang
b.      Menjauhi Indah                                                     d. Menggelinding
6.      Jumlah gaya saat dua anak mendorong meja …… dibandingkan jumlah gaya saat satu anak mendorong meja.
a.       Lebih kecil                                                c. Lebih besar
b.      Sama                                                                     d. Kurang dari
7.      Saat Edo menambah kekuatan dalam mengayuh sepeda, berakibat ………
a.       Sepeda bergerak lambat                                        c. Sepeda bergerak pelan
b.      Sepeda bergerak cepat                                          d. Sepeda akan berhenti
8.      Pernyataan yang tidak tepat tentang gaya yaitu ………
a.       Benda dapat bergerak cepat jika diberika gaya yang kecil
b.      Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk
c.       Gaya dapat memengaruhi gerak suatu benda
d.      Gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda
9.      Ketika kita saat bermain sepakbola dan menerima umpan bola dari teman, kemudian kita tendang dan melambung tinggi.  Peristiwa tersebut menunjukkan pengaruh gaya ……
a.       Gaya dapat mengubah arah gerak benda
b.      Gaya dapat mengubah bentuk benda
c.       Gaya dapat mengakibatkan benda bergerak menjadi diam
d.      Gaya dapat mengakibatkan benda berubah wujud
10. 4Gambar di samping memanfaatkan gaya berupa ………
a.       Dorongan                                                              c. Tarikan
b.      Gesekan                                                                d. Gravitasi

KD 4.4
1.      Berikan 2 contoh gaya tarikan yang kamu lakukan ketika bermain atau berolahraga!
a.       ………………………………………………………………………………………
b.      ………………………………………………………………………………………
2.      Berikan 3 contoh gaya dorongan yang kamu lakukan ketika bermain atau berolahraga!
a.       ………………………………………………………………………………………
b.      ………………………………………………………………………………………
c.       ………………………………………………………………………………………

IPS
KD 3.3
1.      Produksi adalah …………
a.  Kegiatan menghasilkan barang dan jasa c. Kegiatan menyalurkan barang dan jasa
b. Orang yang menghasilkan barang dan jasa d. Kegiatan menggunakan barang dan jasa
2.      Kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen disebut ………
a.       Kegiatan Ekonomi                                                c. Distribusi
b.      Produksi                                                                d. Konsumsi
3.      Pabrik yang memproduksi pesawat terbang di Bandung adalah ………
a.       PT. Dirgantara Indonesia                                      c. Pabrik Ban Good Year
b.      Pabrik Baja Krakatau Steel                                   d. Pabrik Semen Gresik
4.      Suatu kegiatan usaha yang memperoleh pendapatan dengan memberikan pelayanan kepada konsumen disebut ………
a.       Industri                                                                 c. Usaha jasa
b.      Perkebunan                                                           d. Usaha dagang
5.      Pekerja jasa adalah orang-orang yang memberikan pelayanan sesuai ……
a.       Upah yang diterima                                              c. Keahlian yang dimiliki
b.      Bayaran yang tinggi                                              d. Kesukaan terhadap konsumen
6.      Keadaan lingkungan suatu daerah memengaruhi, kecuali ………
a.       Jenis mata pencaharian penduduk                        c. Hasil sumber daya alam
b.      Kekayaan alam di suatu daerah                            d. Mata uang rupiah penduduk
7.      Penduduk di kota lebih banyak bekerja sebagai pekerja jasa karena di kota merupakan ……
a.       Pusat pemerintahan dan perdagangan c. Tanah yang subur
b.      Banyak lahan pertanian yang tersedia   d. Kondisi lingkungan yang masih asri
8.      Kegiatan usaha di bidang jasa yaitu ….
a.       Perkebunan                                                           c. Perindustrian
b.      Perbengkelan                                                         d. Pertanian
9.      Industri kerajinan di Kabupaten Tabanan Bali berkembang di ……
a.       Baturiti                                                                  c. Desa Pejaten, Kecamatan Kediri
b.      Desa Udu dan Bolangan, Kecamatan Penebel     d. Tanah Lot
10.  Kegiatan usaha yang dapat menghasilkan barang yaitu kecuali ……
a.       Pertanian                                                               c. Peternakan
b.      Perindustrian                                                         d. Konsultasi hukum

KD 4.3
1.      Pak Tono adalah pedagang kaki lima menjual majalah. Dalam kegiatan ekonomi, Pak Tono berperan sebagai ….
2.      Veri makan sepiring nasi. Kegiatan ekonomi yang dilakukan Veri adalah ………
3.      Matapencaharian penduduk ………………… kondisi lingkungan alam di sekitarnya.
4.      Petani kopi, petani teh, petani cengkeh merupakan pekerjaan penduduk di ………
5.      Petani tambak merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan ……
6.      Contoh pekerjaan yang berkaitan dengan jasa hukum adalah ………
7.      Tembakau tumbuh subur jika ditanam di daerah ………
8.      Kegiatan membuka peluang usaha atau mencipatakan lapangan kerja sendiri disebut ……
9.      Dosen, tutor, guru merupakan jenis pekerjaan jasa di bidang …………
10.  Contoh pekerjaan yang ada di pantai adalah ………………… dan ……………………

SBdP
KD 3.2
1. Tangga nada adalah ………
a.       Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu
b.      Urutan nada yang disusun secara berjenjang
c.       Lima garis horizontal tempat not ditulis
d.      Sistem penulisan karya musik
2.      Intonasi adalah ………
a.       Lima garis horizontal tempat not ditulis
b.      Cara bernyanyi untuk mencapai ketepatan bunyi tiap nada
c.       Urutan nada yang disusun secara berjenjang
d.      Sistem penulisan karya musik
3.      Paranada adalah ………
a.       Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu
b.      Urutan nada yang disusun secara berjenjang
c.       Lima garis horizontal tempat not ditulis
d.      Sistem penulisan karya musik
4.     Lagu yang bertema peperangan yaitu ……
a.       Kampuang Nan Jauh di Mato               c. Kicir-kicir
b.      Yamko Rambe Yamko                             d. Ampar-ampar Pisang
5.      Tempo allegro adalah tempo yang ketukannya ………
a.       Lambat                                                                  c. Cepat, hidup, dan riang
b.      Seperti orang berjalan                                      d. Sangat lambat
6.      Tempo lagu kicir-kicir adalah ……
a.       Sedang       b. Lambat       c. Sangat lambat       d. Agak Cepat
7.      Birama lagu kicir-kicir adalah ……
a.   1/4             b.  2/4              c.  3/4            d.  4/4
8.      Timang-Timang Anakku Sayang” ditulis dengan tempo ………
a.       Largo         b. Moderato              c. Andante       d. Presto
9.      Kecepatan tempo lento adalah ………
a.       (56-58 MM)    b. (72-76 MM) c. (132-138 MM)    d. (55-88 MM)
10.      Kecepatan tempo andante adalah ……
a.       (56-58 MM)     b. (72-76 MM) c. (72-108 MM)   d. (108-143 MM)

KD 4.2
Majulah ke depan kelas untuk menyanyikan lagu Yamko Rambe Yamko!


Nama  : ………………………
Kelas   : ………………………
PENILAIAN HARIAN
TAHUN AJARAN 2016/2017
TEMA            : 8. INDAHNYA NEGERIKU
SUBTEMA    : 2. KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU 
KELAS/SEM : IV/2
PPKn
KD 3.3
1. Berikut ini yang termasuk ciri fisik suatu suku bangsa, adalah … .
a. Warna kulit                                                              c. Bahasa daerah
b. Pakaian                                                                    d. Tarian adat
2. Tempat di Indonesia yang memiliki koleksi rumah adat dan pakaian adat nusantara adalah..
a.       Taman Mini Indonesia Indah                                c. Monas
b.      Pantai Ancol                                                         c. Kebun Ragunan
3. Membaca, menulis cerita, memasak merupakan salah satu keragaman dalam bentuk..
a.      Sifat                                                                      c. Fisik
b.      Kegemaran                                                            d. Pengetahuan
4. Karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai-nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan mudah diperhatikan disebut ……
a.      Watak                                                                    c. Sifat
b.      Kegemaran                                                            d. Karakteristik
5. Kebudayaan yang berasal dari suku-suku bangsa di Indonesia disebut ……
a.       Wiwitan                                                                c. Tari daerah
b.      Kebudayaan daerah                                              d. Pakaian daerah
6. Beberapa ciri kebudayaan daerah adalah sebagai berikut, kecuali ……
a.       sifatnya kedaerahan;                                             c. memiliki adat kebiasaan;
b.      adanya peninggalan sejarah;                                 d. Berasal dari negara luar
7. Beberapa ciri-ciri kebudayaan nasional adalah sebagai berikut, kecuali ………
a.      Mencerminkan nilai luhur dan kepribadian bangsa;
b.      Sifatnya kedaerahan
c.       Adanya unsur-unsur pemersatu bangsa;
d.      Menjadi kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia.
8. “Negara menghormati dan memelihara Bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional”. Merupakan bunyi UUD 1945 pasal ……… ayat ………
a.       Pasal 28 ayat 1                                                      c. Pasal 28 ayat 2
b.      Pasal 32 ayat 1                                                      d. Pasal 32 ayat 2
9. Keragaman suku bangsa di Indonesia antara lain disebabkan oleh, kecuali ……
a.     perbedaan ras asal,                                                c. perbedaan agama atau kepercayaan
b.      perbedaan latar belakang sejarah                          d. perbedaan konsumsi masyarakat
10. Berikut ini beberapa bentuk kesenian daerah yaitu kecuali ………
a.       Musik dan lagu daerah.                                         c. Tari-tarian tradisional daerah.
b.      Seni pertunjukkan tradisional                               d. Suku-suku daerah
KD 4.3
1.      Sebutkan 2 cara yang dilakukan agar keberagaman tidak menjadi sumber masalah!
a.       ………………………………………………………………………………………
b.      ………………………………………………………………………………………
2.      Sebutkan 3 manfaat kegemaran untuk diri sendiri!
a.       ………………………………………………………………………………………
b.      ………………………………………………………………………………………
c.       ………………………………………………………………………………………

Bahasa Indonesia
KD 3.9
1.      Tokoh utama adalah …………
a.       Tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita, ditampilkan terus-menerus, dan mendominasi cerita
b.      Tokoh yang muncul sekali atau beberapa kali saja disebut tokoh tambahan
c.       Tokoh yang bersifat baik hati
d.      Tokoh yang bersifat jahat
2.      Tokoh tambahan adalah …..………
a.       Tokoh yang muncul sekali atau beberapa kali saja disebut tokoh tambahan
b.      Tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita dan ditampilkan terus-menerus
c.       Tokoh yang bersifat baik hati
d.      Tokoh yang bersifat jahat
3.      Tokoh cerita berdasarkan sifat yaitu  ………
a.       Tritagonis dan antagonis                                       c. Tritagonis dan Protagonis
b.      Protagonis dan Antagonis                                     d. Protagonis dan Pentatonis
4.      Tokoh protagonis adalah ………
a.       Tokoh yang bersifat baik hati dan disenangi pembaca/penonton
b.      Tokoh yang bersifat jahat dan tidak disenangi pembaca/penonton
c.       Tokoh yang memiliki peran penting dan banyak muncul dalam cerita
d.      Tokoh figuran
5.      Tokoh antagonis adalah ………
a.       Tokoh yang bersifat baik hati dan disenangi pembaca/penonton
b.      Tokoh yang bersifat jahat dan tidak disenangi pembaca/penonton
c.       Tokoh yang memiliki peran penting dan banyak muncul dalam cerita
d.      Tokoh figuran
6.      Tokoh yang menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan dalam suatu cerita adalah
a.       Tokoh protagonist                                                 c. Tokoh antagonis
b.      Tokoh figuran                                                       d. Tokoh tambahan
7.      Contoh sifat yang dimiliki oleh tokoh antagonis adalah …………
a.       Penyabar, suka menolong, acuh                            c. Suka membantu, peduli, egois
b.      Egois, acuh, suka marah-marah                             d. dermawan, peduli, penyayang
8.      Contoh novel adalah ………
a.       Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.                    c. Laskar Pelangi karya Ardiyan
b.      Kelinci dan kura-kura                                           d. Malin Kundang
9.      Cerita Asal usul Burung Cendrawasih merupakan jenis cerita rakyat ………
a.       Fabel                     b. Legenda                  c. Sage                         d. Mite
10.  Cerita si Pitung merupakan jenis cerita rakyat ……
a.       Legenda                b. Mite                         c. Fabel                        d. Sage
KD 4.9
Bacaan untuk nomor 1-10
Asal Mula Salatiga
Dulu, Kabupaten Semarang termasuk wilayah Kesultanan Demak. Daerah ini diperintah oleh seorang bupati bernama Ki Ageng Pandanaran. Selain berwibawa, beliau juga kaya raya. Akan tetapi, lama-kelamaan beliau semakin memperkaya diri sendiri. Beliau tidak lagi memperdulikan rakyatnya.
Sunan Kalijaga, penasihat Sultan Demak, bermaksud mengingatkan sang Bupati. Dengan berpakaian compang-camping, beliau menyamar sebagai pedagang rumput. Beliau menawarkan rumput itu kepada Ki Ageng. Ki Ageng mau membeli rumput itu dengan harga murah. Sunan Kalijaga tidak mau memberikannya.
Akhirnya, Ki Ageng marah dan mengusir Sunan Kalijaga. Sebelum pergi, Sunan Kalijaga berkata bahwa dia dapat menunjukkan cara memperoleh kekayaan dengan mudah. Sunan Kalijaga kemudian meminjam cangkul. Sunan Kalijaga lalu mencangkul tanah di depan kabupaten. Ki Ageng kaget ketika melihat bongkahan emas sebesar kepala kerbau di balik tanah. Ki Ageng lalu memperhatikan pedagang rumput itu dengan saksama. Setelah tahu siapa sebenarnya, ia pun terkejut. Kemudian, ia minta maaf. la pun bersedia dihukum karena kesalahannya. Sunan Kalijaga memaafkan Ki Ageng. Sunan Kalijaga berpesan agar Ki Ageng kembali memerintah dengan cara yang benar.
Sejak kejadian itu, hidup Ki Ageng menjadi gelisah. Beliau lalu memutuskan untuk menebus kesalahannya. Beliau meninggalkan jabatan bupati. Beliau ingin mengikuti jejak Sunan Kalijaga menjadi penyiar agama. Beliau pun berniat pergi ke Gunung Jabalkat. Beliau akan mendirikan pesantren di  sana. Nyai Ageng ingin ikut pergi bersama Ki Ageng. Ki Ageng memperbolehkannya ikut, dengan berpesan Nyai Ageng tidak boleh membawa harta benda.
Pada waktu yang ditentukan, Nyai Ageng belum siap. Nyai Ageng ternyata mengatur perhiasan yang akan dibawanya dalam tongkat bambu. Ki Ageng lalu berangkat duluan. Setelah siap, Nyai Ageng lalu menyusul. Di tengah jalan, Nyai Ageng dicegat tiga perampok yang meminta hartanya. Akhirnya, semua perhiasan yang dibawa diberikannya kepada para perampok. Nyai Ageng menyusul Ki Ageng. Setelah bertemu, Nyai Ageng menceritakan peristiwa yang telah dialaminya. Ki Ageng berkata bahwa kelak, tempat Nyai Ageng dirampok akan bernama “Salatiga”, berasal dari kata salah dan tiga, yaitu tiga orang yang bersalah.
1.      Siapakah Ki Ageng Pandanaran itu?
2.      Siapa yang menyamar jadi pedagang rumput?
3.      Apa yang terlihat di balik tanah yang dicangkul oleh Sunan Kalijaga?
4.      Apa pesan Sunan kalijaga kepada Ki Ageng?
5.      Ke mana Ki Ageng akan pergi?
6.      Apa pesan Ki Ageng kepada istrinya?
7.      Dimana Nyai Ageng menyimpan perhiasannya?
8.      Apa yang terjadi di tengah jalan ketika Nyai Ageng akan menyusul Ki Ageng?
9.      Termasuk jenis cerita rakyat apa cerita di atas?
10.  Siapa saja tokoh pada cerita di atas?

IPA
KD 3.4
1.      Gaya yang timbul karena sifat elastis disebut gaya  …
a.       Listrik                                                                    c. Gesek
b.      Pegas                                                                     d. Karet
2.      Bus melaju dengan cepat, kemudian pengemudi mengeremnya hingga berhenti. Hal ini menunjukkan bahwa gaya dapat…
a.       Mengubah benda yang bergerak menjadi diam    c. Mengubah bentuk benda
b.      Mengubah benda yang diam menjadi bergerak    d. Mempengaruhi arah gerak benda
3.      Benda dapat bergerak karena ……………
a.       Terkena gaya                                                         c. Ada muatan listrik
b.      Ada mesin                                                             d. Ada baterai
4.      Pada saat terjadi tabrakan mobil yang keras dengan sebuah dinding dan bagian mobil menjadi penyok, peristiwa tersebut merupakan pengaruh gaya ………
a.       Gaya dapat mengubah bentuk suatu benda
b.      Gaya memengaruhi arah gerak suatu benda.
c.       Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak
d.      Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat
5.      Peritiwa saat pengendara motor mengerem motornya merupakan pengaruh gaya ………
a.       Gaya mengakibatkan benda diam menjadi bergerak.
b.      Gaya memengaruhi arah gerak suatu benda
c.       Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam
d.      Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat
6.      Peristiwa ketika Dayu mengayuh sepeda dengan kencang merupakan pengaruh gaya ……
a.       Gaya mengakibatkan benda diam menjadi bergerak.
b.      Gaya memengaruhi arah gerak suatu benda.
c.       Gaya dapat mengubah bentuk suatu benda
d.      Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat
7.      Meteor yang jatuh ke bumi jarang yang sampai ke dalam bumi dikarenakan adanya gaya..
a.       Gravitasi                                                                c. Gesek
b.      Listrik                                                                    d. Magnet
8.      Kuda dapat menggerakkan kereta dibelakangnya menggunakan tali karena kuda menggunakan gaya berupa ………
a.       Tarikan                                                                  c. Dorongan
b.      Tekanan                                                                 d. Sentuhan
a.       Tarikan                                                                  c. Dorongan
b.      Tekanan                                                                 d. Sentuhan
9. Contoh benda di bawah ini yang menggunakan gaya dorong adalah ………
a.       Roket                                                                    d. Ketapel
b.      Magnet                                                                  d. Pengungkit
10.3.jpgKegiatan di samping memanfaatkan gaya beupa ………
a.       Tarikan                                                                  c. Dorongan
b.      Tekanan                                                                 d. Sentuhan
KD 4.4
1.      Sebutkan 2 contoh pengaruh gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak!
a.       …………………………………………………………………………………………
b.      …………………………………………………………………………………………
2.      Sebutkan 3 contoh pengaruh gaya dapat mempengaruhi arah gerak suatu benda!
a.       …………………………………………………………………………………………
b.      …………………………………………………………………………………………
c.       …………………………………………………………………………………………


IPS
KD 3.3
1. Pada zaman dahulu manusia mencari makan di antaranya dengan cara ….
a.       Berburu di hutan                                                   c. Membeli di pasar
b.      Pesan online                                                          d. Industri
2. Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena ………
a.       merupakan pusat industri di Pulau Jawa yang berdiri lebih dari 1000 pabrik
b.      Banyak penduduk yang bermukim di Tangerang
c.       Banyak penduduk yang pindah ke daerah lain karena Tangerang terlalu semppit
d.      Banyak pasar-pasar tradisional di Tangerang
3. Kegiatan bertemunya produsen dan konsumen banyak terjadi di ….
a.       Rumah                                                                   c. Sawah
b.      Pasar                                                                      d. Sungai
4. Salah satu keuntungan dari adanya pabrik asing di Indonesia adalah ……
a.   Menyerap banyak tenaga kerja                             c. berkurangnya lahan
b.   Mengeluarkan polusi lingkungan                          d. ancaman bagi produk dalam negeri
5.  Banyak yang menjadi petani sayuran dan bunga di daerah ….
a.      Pantai                                                                    c. Danau
b.      Dataran Rendah                                                    d. Pegunungan
6. Pedagang beras membeli padi dari para petani lalu menjual kembali ke masyarakat. Kegiatan yang dilakukan pedagang beras ini termasuk kegiatan ekonomi jenis ….
a.       Irigasi                                                                    c. Produksi
b.      Konsumsi                                                              d. Distribusi
7. Pasar tradisional biasanya terdapat di  ………
a.       Pedesaan                                                               c. Pantai
b.      Perkotaan                                                              d Mall
8. Beikut adalah contoh hasil dari produksi  agraris yaitu ….
a.      Padi dan traktor                                                    c. Padi dan jagung
b.      Jagung dan traktor                                                            d. Traktor dan cangkul
9. Pedagang yang membeli barang dalam jumlah banyak dari produsen, kemudian dijual kembali kepada pedagang eceran dinamakan pedagang ….
a. Induk                                                                       c. Kaya
b. Modern                                                                   d. Grosir.
10.  Produksi televisi, radio, dan telepon termasuk hasil produksi ….
a. Mebel                                                                      c. Industri
b. Transportasi                                                             d. Perdagangan
KD 4.3
Isilah tabel di bawah ini!
No    Hasil SDA     Manfaat
1.      Kelapa sawit
2.      Kedelai
3.      Terumbu karang
4.      Kerang Mutiara
5.      Rumput laut

SBdP
KD 3.3
1.      Berikut bukan termasuk unsur-unsur dalam tarian Nusantara adalah…
a.       Iringan                                                       c. Properti
b.      Busana                                                      d. Kekuatan fisik
2.      Tarian tradisional adalah …………
a.       Tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama
b.      Karya tari garapan baru
c.       Tari klasik yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman
d.      Tari yang diciptakan oleh seniman tari zaman sekarang
3.      Serangkaian gerakan indah dari anggota tubuh yang dapat dinikmati oleh orang lain disebut
a.       Gerak tari                                                  c. Gerak lari
b.      Gerak push up                                           d. Gerak lompat
4.      Contoh tarian tradisional adalah …………
a.       Tari Serimpi Sangopati, Tari Gambyong   c. Tari Semut, Tari Kupu-kupu
b.      Tari Manuk Rawa, Tari Garuda Wisnu     d. Tari Nguri, Tari Rara Ngigel
5.      Contoh tarian kreasi baru adalah …………
a.       Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor   c. Tari Serimpi Sangopati, Tari Gambyong
b.      Tari Seudati, Tari Saman                           c. Tari Manuk Rawa, Tari Garuda Wisnu
6.      Tari Kipas Serumpun berasal dari ………
a.       Sumatra Utara                                           c. Sumatra Barat
b.      Sumatra Selatan                                        d. Jambi
7.      Ciri-ciri gerak tari Bali adalah kecuali ………
a.       Gerakan pada umumnya dilakukan secara lincah, enerjik, dinamis, dan cepat.
b.      Tidak hanya kepala, tangan, dan kaki yang digerakkan, mata juga digerakkan.
8.      Ciri-ciri gerak tari Sumatra adalah kecuali ………
a.       Pada umumnya dilakukan secara lincah dan gesit.
b.      Menekankan pada gerakan mata
c.       Gerak tari lebih menekankan pada gerakan-gerakan kaki.
d.      Gerak lengan, tangan, jari, leher, dan kepala tidak beragam dan tidak rumit.
9.      Pernyataan yang benar mengenai tari Seudati adalah kecuali ……
a.       Seudati adalah tari kelompok yang berasal dari Aceh.
b.      Pertunjukan tari Seudati tidak menggunakan iringan berupa alat musik.
c.       Iringan tari Seudati berupa nyanyian yang dilantunkan dua orang.
d.      Tari Seudati ditarikan oleh kelompok perempuan
10.  Tarian tradisional Seudati menggambarkan ………
a.       Siklus hidup manusia
b.      Untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan Bayu tahun 1771
c.       Keindahan daerah aceh
d.      Keteguhan, semangat, serta jiwa kepahlawanan seorang pria

KD 4.3
Sebutkan nama tari di bwah ini dan asal daerahnya!
asal tari gambyong berasal dariIMG_0384 copyTari BalumpaTari Yapong, Tarian Tradisional Dari Betawi JakartaTari-Tor-Tor-Sumatera-Utara


Nama  : ………………………
Kelas   : ………………………
PENILAIAN HARIAN
TAHUN AJARAN 2016/2017
TEMA            : 8. INDAHNYA NEGERIKU
SUBTEMA    : 3. Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku
KELAS/SEM : IV/2
PPKn
KD 3.3
1. Berikut ini yang termasuk ciri fisik suatu suku bangsa, adalah … .
a.       Warna kulit           b. Bahasa daerah         c. Pakaian                    d. Tarian adat
2. Sikap menghormati keanekaragaman kebudyaan tampak dalam tindakan … .
a.       Membiarkan kelompok lain mempraktikkan kebudayaannya
b.      Belajar berbagai seni tradisional
c.       Mencela pertunjukkan kesenian suku bangsa lain
d.      Mengembangkan kesenian tradisional
3.      Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural atau majemuk. Artinya,
a.       Masyarakat Indonesia terdiri atas beragam karakteristik yang berbeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya
b.      Negara yang sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai petani
c.       Negara yang wilayahnya perairan
d.      Negara yang terdiri dari kepulauan
4.      Pernyataan yang benar mengenai keberagaman di Indonesia adalah ……
a.       Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan penghambat persatuan kesatuan
b.      Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan sumber timbulnya konflik
c.       Segala perselisihan di Indonesia bersumber dari keberagaman kebudayan
d.      Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa yang dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia
5. Manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal adalah ……
a.       Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain
b.      Menimbulkan konflik antar golongn masyarakat
c.       Masyarakat bersikap egois
d.      Melunturkan sikap kepedulian antar masyarakat
6. Sikap nasionalisme dalam diri setiap individu dapat tumbuh dengan adanya ………
a.       Rasa cinta tanah air.                                  c. sikap mandiri
b.      Sikap pantang menyerah                           d. Sikap dermawan
7. Dengan keberagaman di Indonesia yang menjadi simbol pariwisata, otomatis akan menambah …
a.       Devisa atau pendapatan negara                c. Pedagang
b.      Pengeluaran negara                                   d. Tenaga kerja Indonesia
8. Contoh sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman berbeda agama adalah ……
a.       Mempersilakan dan menghormati teman yang sedang beribadah
b.      Membunyikan radio yang keras saat ada kegiatan ibadah agama lain
c.       Mengejek teman yang berasal dari agama lain
d.      Tidak mau berteman dengan teman dari agama lain
9. Karakteristik tradisi daerah menjadi akar…..sebagai identitas bangsa di mata internasional
a.       Budaya nasional                                        c. Masalah
b.      Kesukuan                                                  d. Bermasyarakat
10. Sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman suku adalah ………
a.       Menghargai adat dan kebiasaan teman yang berbeda suku.
b.      Membeda-bedakan teman yang berbeda suku
c.       Menghindari teman yang berbeda suku
d.      Menganggap diri sendiri lebih baik dari suku lain

KD 4.3
1.      Sebutkan 2 sikap toleransi dalam keberagaman di lingkungan masyarakat!
a.       …………………………………………………………………………………………..
b.      ……………………………………………………………………………………………
2.      Sebutkan 3 manfaat keberagaman karakteristik individu masyarakat Indonesia?
a.       …………………………………………………………………………………………..
b.      ……………………………………………………………………………………………
c.       …………………………………………………………………………………………..

Bahasa Indonesia
KD 3.9
Bacalah cerita di bawah ini!
Air Terjun Roro Kuning
Roro kuning adalah putri Lembu Amiseno dari kerajaan Doho. Roro Kuning selain cantik juga sangat berbakti pada kedua orang tuanya. Ketika Roro kuning sakit, di kerajaan tidak ada yang bisa menyembuhkan. Roro kuning mengembara tanpa mengenal lelah dan tidak pernah putus asa dengan naik turun gunung. Hingga akhirnya Roro Kuning singgah di Gunung Willis. Ketika sedang merenungi nasibnya, Roro Kuning bertemu dengan Resi Darmo dari padepokan Ringin putih Desa Bajulan. Di sinilah Roro Kuning dirawat hingga akhirnya sembuh. Dalam proses penyembuhan, Roro Kuning sering mandi di air terjun yang kemudian diabadikan oleh sang Resi menjadi air terjun Roro Kuning.
1. Latar tempat di atas adalah …
a.      Kerajaan Doho, Desa Bajulan, dan padepokan.
b.      Kerajaan Doho, lereng Gunung Wilis, dan air terjun.
c.       Desa Bajulan, pedepokan, dan lereng Gunung Wilis.
d.      Air terjun, Desa Bajulan, dan padepokan.
2. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ………
a.       Roro Kuning                                                         c. Lembu Amiseno
b.      Resi Darmo                                                           d. Orangtua Roro Kuning
3. Watak Roro Kuning dalam cerita diatas  adalah ….
a.       Pantang menyerah                                                 c. Tidak sabar
b.      Pemaaf                                                                  d. Rendah hati.
4. Pernyataan yang tidak sesuai dengan cerita di atas adalah ………
a. Putri Lembu Amiseno dari kerajaan Doho adalah Roro Kuning
b. Roro Kuning memiliki paras yang kurang cantik , namun sangat berbakti pada kedua orang tuanya
c.  Roro Kuning mengembara dan singgah di Gunung Willis
d Dalam proses penyembuhan dari sakitnya, Roro Kuning sering mandi di air terjun
5. Amanat cerita di atas adalah ….
a.       Sikap pantang menyerah belum tentu membuahkan keberhasilan.
b.      Kesabaran tidak akan membuhkan keberhasilan.
c.       Untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan usaha yang keras.
d.      Jika menemui kesulitan temuilah orang yang lebih tua.
Malin Kundang pun turun dari kapal. Ia disambut oleh ibunya. Setelah cukup dekat, ibunya melihat bekas luka di lengan kanan orang tersebut, semakin yakinlah ibunya bahwa yang ia dekati adalah Malin Kundang. “Malin Kundang, anakku, mengapa kau pergi begitu lama tanpa mengirimkan kabar?”, katanya sambal memeluk Malin Kundang. Tetapi Kundang segera melepaskan pelukan ibunya dan mendorongnya hingga terjatih. “Wnita tak tahu diri, sembarangan saja mengaku sebagai ibuku”,kata Malin Kundang kepada ibunya. Malin Kundang pura-pura tidak mengenali ibunya, karena malu dengan ibunya yang sudah tua dan mengenakan baju compang-camping.
6. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah….
a.       Ibu                                                                         c. Malin Kundang
b.      Istri                                                                        d. Pengawal
7. Apa yang membuat ibu Malin Kundang merasa yakin terhadap anaknya…
a.       Wajah                                                                    c. Tubuh
b.      Cara bicara                                                            d. Bekas luka
8. Kalimat “Wanita tak tahu diri, sembarangan saja mengaku sebagai ibuku” menggambarkan perasaan Malin yang sedang….
a.       Marah                                                                    c. Senang
b.      Gembira                                                                d. Terharu
9. Berdasarkan cerita tersebut Malin Kundang memiliki sifat….
a.       Ramah                                                                   c. Pemalu
b.      Sombong                                                               d. Rendah hati
10. Tokoh yang penuh kasih sayang dalam kutipan cerita di atas adalah…
a.       Malin Kundang                                                     c. Ibu Malin Kundang
b.      Istri Malin Kundang                                             d. Pengawal Malin Kundang
KD 4.9
Bacaan untuk nomor 1-10
Umbi Jalar Ticit
Si Ticit sedang bersusah payah menyeret sebuah umbi jalar. Umbi itu akan disimpannya sebagai cadangan. Tidak akan lama lagi masa paceklik akan datang. Umbi itu hampir sebesar badannya. Kici, si anak kelinci, mendekati dengan maksud memberikan pertolongan. Namun kemudian, Kici terkejut. Kici heran ketika Ticit si anak tikus yang pelit dan nakal itu melontarkan ucapan yang tidak pantas.
“Oo, maaf kawan. Aku tidak perlu bantuan. Aku pun tidak akan memberikan umbi ini kepadamu!” kata si Ticit. Untunglah Kici sabar. Ia dapat menahan marahnya. Kici diam. Ia tetap memperhatikan teman kecilnya itu menyeret-nyeret makanan temuannya itu. Umbi itu dia bawa ke atas gundukan tanah. “Bila sudah sampai di puncak, aku akan menggelindingkan makanan lezat ini ke dekat rumahku,” kata si Ticit. Bicaranya sombong.
Sesaat kemudian, si Ticit sudah sampai di puncak. Sayangnya ia telah salah menduga. Umbi jalarnya itu memang meluncur ke bawah. Namun, arahnya salah. Umbi itu menggelinding ke lain arah. Tubuh si Ticit pun ikut terseret.
“Walaaawww, tolooong,” teriak si Ticit.
“Kici, tangkap si Ticit,” teriak si Kelabu, seekor anak ayam. Ketika itu ia pun menyaksikan Ticit terguling-guling. Tubuh temannya hampir mendekati jurang bersama umbinya. Dengan cekatan Kici meraih tangan si Ticit. Dengan penuh rasa sayang, ia menarik badan temannya itu ke tempat yang aman. Si Ticit tidak dapat berkata sepatah katapun. Ia merasa malu mendapat kebaikan Kici yang tulus itu (Pikiran Rakyat dengan beberapa perubahan)***
1. Ticit membawa umbi jalar untuk….
a.     disimpan                                                          c. dijual
b.      dibakar.                                                           d. ditanam
2. Si Kalebu merupakan ………
a.      Anak tikus                                                       c. Anak kelinci
b.      Anak tupai                                                      d. Anak ayam
3. Si Kici mau menolong si Ticit karena….
a.      si Kici ingin diberi umbi.. .                              c. si Kici merasa kasihan pada si Ticit.
b.      si Ticit badannya sangat kecil.                        d. Ticit memiliki umbi yang banyak.
4.      Sifat si Kici adalah….
a.       sombong                                                          c. sabar
b.      dermawan                                                       d. egois
5. “Oo, maaf kawan. Aku tidak perlu bantuan. Aku pun tidak akan member umbi ini kepadamu!” kata si Ticit.
Kata-kata si Ticit diungkapkan dengan nada….
a.       marah                                                                c. takut
b.      angkuh                                                              d. sedih
6. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ….
a.       Si Ticit dan Kici                                               c. Si Ticit dan umbi
b.      Si Kici dan si ayam                                          d. Si ayam dan Umbi
7. Yang berperan sebagai tokoh antagonis pada cerita diatas adalah ….
c.       Ayam                                                                c. Kici
d.      Ticit                                                                  d. umbi
8. Yang berperan sebagai tokoh protagonis adalah ….
a.       Ayam                                                              c. Kici
b.      Ticit                                                                 d. umbi
9. Latar tempat pada cuplikan cerita di atas adalah …
     a. Hujan                                                                  c. jurang
     b. Tanah                                                                 d. gubuk
10.  Amanat cerita diatas adalah ….
     a. Simpanlah makanan di tempat yang aman         c. Sedia payung sebelum hujan
     b. Tidak boleh berburuk sangka                             d. Hiduplah secara hemat

KD 3.10
1.  Bacalah kutipan cerita berikut !
Sikancil berjalan berjingkat-jingkat dikebun pak Tani, Kancil hendak mecuri metimun.  Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, tanpa berpikir panjang kancil menendang boneka itu. Ternyata boneka orang-orangan itu diberi getah nangka sehingga kaki Kancil menempel diboneka itu dan sulit dilepaskan. Kemudian pak Tani datang menangkap Si Kancil.
Watak /  karakter si Kancil dalam dongeng tersebut adalah ………….
a.         Cerdik.                                                               c. Pemalas.
b.        Ceroboh.                                                            d. Pembohong
2.  Perhatikan penggalan cerita berikut !
Sangkuriang adalah anak kandun Dayang Sumbi yang telah menjadi pemuda gagah dan sakti. Pada suatu hari, Sangkriang bermaksud melamar Dayang Sumbi. Alangkah terkejutlah Dayan Sumbi. Untuk menolak secara halus lamaran Sangkuriang, Dayang Sumbi mengajukan syarat kepada Sangkuriang. Syarat tersebut adalah Sangkuriang harus membuat perahu dalam waktu satu malam sekaligus danau untuk berlayar.
Dari cerita tersebut, digambarkan sikap Dayang Sumbi sebagai tokoh …………..
a.        Pemarah.                                                            c. Angkuh.
b.        Berperasaan halus.                                             d. Ingin menang sendiri.
3. Cerita yang mengandung sejarah adalah ……
a.        Legenda                                                             c. Fabel
b.        Mite                                                                   d. Sage
4.  Tokoh yang berperan sebagai penentang tokoh utama pada cerita adalah ……
a.         Antagonis                                                          c. Figuran
b.        Protagonis                                                          d. Pendukung
5. Seseorang yang bermain dalam suatu cerita, dan hanya sebagai penghantar penghubung antara tokoh utama dan pelerai disebut ……..
a.        Antagonis                                                          c. Protagonis
b.        Tritagonis                                                           d. Figuran
Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 11 s.d. 13 !
Bayi Bertanduk
….. Namun kegembiraan mereka mendadak lenyap setelah mengetahui ternyata di kepala si bayi laki-laki itu ada tanduknya. Mereka merasa malu dan takut dihina maupun diejek oleh orang-orang desa.
Pada malam hari, bayi laki-laki itu dimasukkan ke dalam peti, bersama sebutir telur ayam dan secangkir beras lalu dihanyutkan ke sungai. Kakak perempuan si bayi mengetahui perbuatan orang tuanya. Ia sangat sedih. Diam-diam ia meninggalkan rumah dan mengikuti adiknya yang dihanyutkan ke sungai.
6. Tokoh antagonis pada cerita di atas adalah ………
a.       Bayi                                                                       c. Orang tua
b.      Ibu                                                                         d. Kakak perempuan
7. Watak tokoh kakak perempuan dalam penggalan cerita rakyat di atas adalah ….
a.       Penyayang                                                             c. Tidak peduli
b.      Pemarah                                                                d. Tidak menghormati orang tua
8. Bagaimanakah watak tokoh orang tua dalam cerita di atas?
a.       sayang anak                                                           c. penakut
b.      Kejam terhadap anak                                            d. tidak peduli
9. Tokoh-tokoh yang ada dalam penggalan cerita rakyat di atas adalah ….
a.   kakak perempuan, bayi laki-laki, orang tua           c. orang tua dan kakak perempuan
b.      orang tua dan bayi laki-laki                                   d. kakak perempuan
Esok harinya Baginda pergi ke halaman belakang istana. Tiga gembala muda sudah menunggu dengan tongkat masing-masing. Domba-domba berkeliaran di rumput, ada yang duduk tenang, ada yang berjalan-jalan dan ada pula yang berlaga dengan kawannya.
10. Cerita di atas terjadi di….
a.       tempat raja                                                            c. kandang domba
b.      di belakang istana                                                 d. padang rumput

KD 4.10
1. Ketika Ibu Malin Kundang menyapa anaknya, Malin Kundang tidak memerdulikannya. Bahkan, ia menghardik dan menendangnya. Sikap seperti itu membuat ibunya tanpa sadar mengeluarkan kutukan terhadap anaknya. Akhinya, Malin Kundang berubah menjadi batu.
Pesan yang terkandung pada penggalan cerita di atas adalah….
a.      Surga itu ada di telapak kaki ibu.                         c. Perhatikan keinginan orang tua.
b.      Tak ada ibu yang tidak menyayangi anaknya.     d. Jangan menyakiti hati orang tua.
2. Mertua si Kabayan sangat jengkel kepada menantunya. Setiap hari ia hanya bermalas¬malasan. Semua nasihat mertuanya sedikit pun tidak mengubah sikap jeleknya itu. “Dasar Kabayan si Tebal Muka,” umpat mertuanya.
 Kata yang bergaris bawah dalam penggalan cerita itu bermakna
a.      suka melawan                                                       c. senang dipuji
b.      tak tahu malu                                                        d. malas bekerja
4. Panas hati Kamandaka. Darahnya menggelegak. Dalam keadaan seperti itu ia membalas dengan suara lantang.
Makna dari kata yang bergaris bawah adalah
a.      sayang                                                                   c. senang
b.      tabah                                                                     d. marah
5. Arya Panangsang di Jipang Pandan Bakti sakti mandraguna. Kesaktiannya tidak ada yang menandingi. Karena mempunyai kesaktian yang tanpa tanding itulah, maka tanpa berpikir panjang lagi ia membabat semua musuhnya.
Sifat yang dimiliki oleh Arya Panangsang adalah
a.      bijaksana                                                               c. takabur
b.      pemberani                                                             d. pemarah
6. Raja muda menikah dengan putri cantik. Semua rakyat bergembira kecuali Dayang Ipu. la ingin menyingkirkan Sang Putri. Sang Putri oleh Dayang Ibu dibawa ke laut kemudian ia ditinggalkan seorang diri. Dayang Ipu menjelma menjadi Sang Putri, kemudian ia bersenang-senang di istana.
Tokoh Dayang Ipu bersifat . . .
a.      sombong                                                               c. cerdik
b.      kikir                                                                      d.dengki
7. Pada suatu hari Dayang Sumbi berkata kepada Sangkuriang. Dayang Sumbi ingin s hati kijang. Disuruhnya Sangkuriang untuk berburu besok pagi. Sangkuriang menye keingnan ibunya itu. Ia menyarankan agar ibunya segera pergi tidur karena hart, larut malam.
Kalimat yang tidak tepat dengan cerita di atas adalah….
a.       Dayang Sumbi menyuruh anaknya untuk berburu pada hari itu juga.
b.      Dayang Sumbi ingin sekali hati kijang.
c.       Sangkuriang menyetujui keinginan ibunya itu.
d.      Sangkuriang menyarankan ibunya pergi tidur
8. Elis tidak pernah berbicara kasar terhadap siapapun. Bila bertemu dengan orang tua guru, pasti is memberi salam.Dia disenangi oleh semua temannya serta guru-guru. Sifat Elis dalam cerita tersebut adalah
a.       Sombong                                                              c. pandai dan rendah hati.
b.      sopan dan ramah                                                   d. suka mencari muka.
9. Konon, ada seorang saudagar yang kaya. Dia mempunyai tiga orang putri. Ketiganya berparas cantik. Sulung memiliki tubuh yang ramping. Karena itu senang sekali memakai baju yang bagus-bagus. Tengah mempunyai kulit yang halus lembut. Karena itu dia suka memakai perhiasan yang indah-indah, sedan si Bungsu suaranya sangat merdu. Sifatnya juga lemah lembut. Dia sayang kepada ayahnya.
Penggalan cerita di atas banyak menginformasikan….
a.       tokoh                                                                    c. tema
b.      latar                                                                       d. pesan
10. Kalimat yang menjelaskan watak si Bungsu dalam cerita nomor 9 di atas adalah….
a.      Dia seorang saudagar yang kaya.
b.      Dia senang sekali memakai baju yang bagus-bagus.
c.       Dia suka memakai perhiasan yang indah-indah
d.      Dia sayang sekali kepada ayahnya.
IPA
KD 3.4
1. Gaya yang dilakukan Harno saat mendorong gerobak bakso adalah …
a.       Gaya otot                                                              c. Gaya gerak
b.      Gaya berupa tarikan                                              d. Gaya gesek
2. Harno menggunakan kekuatan otot tangan dan kaki untuk mendorong gerobak sehingga…
a.  Gerobak bergerak ke belakang                              c.Badan Harno tidak berpindah posisi
b. Gerobak bergerak ke depan                                  d. Gerobak tetap diam
3. Gaya yang terjadi saat seseorang bermain sepatu roda adalah gaya gesek antara………
a.       Kaki dan sepatu roda                                            c. Jalan dan kaki
b.      Sepatu roda dan jalan                                           d. Jalan dan badan
4.qqgambar disamping mennunjukkan pengaruh gaya ………
a. Mengubah benda yang bergerak menjadi diam    c. Mengubah bentuk benda
b.  Mengubah benda yang diam menjadi bergerak    d. Mempengaruhi arah gerak benda
5. Semakin besar benda yang ditarik atau didorong berarti gaya yang dikeluarkan …
a.       Tidak ada                                                              c. Semakin besar
b.      Semakin kecil                                                        d. Sama
6. Semakin besar gaya diberikan saat mendorong gerobak, maka gerobak akan …
a.       Diam                                                                     c. bergerak pelan
b.      Tidak bergerak                                                      d. bergerak cepat
7. Contoh peristiwa gaya dapat mengubah bentuk benda yaitu …
a.      Tanah liat dibentuk menjadi kerajinan gerabah    c. Buku jatuh ke lantai
b.      Bola yang ditendang ke depan                             d. Sepatu jatuh dari rak
8. Berikut ini yang bukan akibat dari gaya adalah ………
a.       Bola yang bergerak menjadi berhenti ketika ditangkap
b.      Sepeda yang dikayuh dengan cepat
c.       Plastisin yang ditekan akan berubah bentuknya
d.      Angin yang dapat dirasakan tetapi tidak dapat dilihat
9. Berikut contoh gaya dapat mempengaruhi bentuk benda, kecuali ……
a.       Ivan meremas kertas                                             c. Bermain plastisin
b.      Membuat gerabah dari tanah liat                          d. Menimba air
10.  Kegiatan di rumah yang melakukan gaya berupa tarikan dan gaya berupa dorongan adalah..
a.       Menyapu lantai                                                     c. Mengangkat barang
b.      Mencuci piring                                                      d. Membuka dan menutup jendela

KD 4.4
1.      Tuliskan contoh gerak benda:
a.       Memantul              : ……………………………………………………………………
b.      Menggelinding      : ……………………………………………………………………
c.       Berputar                : ……………………………………………………………………
d.      Meluncur               : ……………………………………………………………………
e.       Jatuh                      : ……………………………………………………………………
f.       Mengalir                : ……………………………………………………………………
g.      Terapung               : ……………………………………………………………………
h.      Tenggelam             : ……………………………………………………………………
2.      Tuliskan contoh bentuk benda:
a.       Memanjang           : ……………………………………………………………………
b.      Memipih                : ……………………………………………………………………

IPS
KD 3.3
1. Importir adalah ……………
a.       Pelaku yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
b.      Pelaku yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
c.       Kegiatan yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
d.      Kegiatan yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
2. Eksportir adalah …………
a.       Pelaku yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
b.      Pelaku yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
c.       Kegiatan yang mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri
d.      Kegiatan yang membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri
3. Manfaat membuka usaha jasa adalah ………
a.       Menambah pendapatan                                         c. Melatih jiwa wirausaha
b.      Memenuhi kebutuhan masyarakat            d. Membuka persaingan usaha
4. Teh, kopi dan sawit adalah hasil produksi dari sektor ….
a.       Perkebunan                                                           c. Perikanan
b.      Pertambangan                                                       d. Peternakan
5. Kerajinan perak yang terkenal terdapat di Kota ….
a.       Jakarta                                                                   c. Semarang
b.      Yogyakarta                                                           d. Surabaya
6. Kegiatan ekonomi menyalurkan barang atau jasa dari ……… ke konsumen
a.       Produksi                                                                c. Produsen
b.      Distribusi                                                               d. Distributor
7. Produk yang dalam pengolahannya membutuhkan peragian adalah ….
a.       tape, trasi                                                               c. tempe, selai
b.      selai, tahu                                                              d. tempe, tape
8. Kekayaan alam suatu daerah ……… dengan daerah lain, sehingga menyebabkan keragaman jenis mata pencaharian penduduknya
a.       Unik                                                                      c. Harmonis
b.      Berbeda                                                                 d. Sama
9. Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada……
a.       Tanaman yang ditanam                                         c. Penduduk yang bermukim
b.      Pupuk yang dipakai                                              d. Kegiatan ekonomi
10. Adapun mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern biasanya lebih mendekati sector ………
a.       jasa, transportasi, dan pariwisata.            c. Penambang pasir, batu
b.      Pertanian                                                              d. Nelayan
KD 4.3
1. Di daerah pegunungan sebagian warganya menggarap …………
2.  Pekerjaan yang ditekuni masyarakat sesuai dengan ……………… sekitar.
3.1.jpgGambar di samping merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan ……
4.  Akuntan merupakan pekerjaan yang melayani ………
5. Pekerjaan yang menghasilkan jasa sering disebut sebagai pekerjaan yang berkaitan dengan……
6.  Lahan pertanian banyak ditemui di daerah …………
7. NTT, Lombok, dan Sumbawa cook untuk usaha peternakan karena ………
8. Para petani dapat memenuhi kebutuhan pertaniannya dengan berbelanja di ………
9. Petani yang mengolah sawah atau lading orang lain disebut ………
10.  Bahan baku pembuatan kecap adalah ………

SBdP
KD 3.1
1. Karya seni tiga dimensi adalah…………
a. Karya seni rupa yang memiliki volume panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume
b.      Karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar
c.       Karya animasi yang dapat bergerak
d.      Karya seni dengan cara memahat suatu benda
2. Ciri benda 3 dimensi adalah kecuali ………
a.       Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
b.      Mempunyai panjang dan lebar
c.       Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
d.      Memiliki volume
3. Benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan silinder disebut . …
a.       Kubistis                                                                 c. Silindris
b.      Benda bebas                                                          d. Oval
4. Buah-buahan, pepohonan, batu-batuan termasuk benda tiga dimensi dengan jenis ……
a.       Kubistis                                                                 c. Oval
b.      Silindris                                                                 d. Benda bebas
5. Yang termasuk media kering adalah ………
a.       Pensil, acrylic, ecolin                                             c. Acrilic, ecolin
b.      Pensil,krayon, ecolin                                             d. Pensil, krayon,spidol
6. Sejenis pensil dari bahan lunak berwarna hitam pekat, sering untuk membuat gambar gradasi atau benda-benda bertekstur halus adalah ……
a.       Konde                                                                   c. Konte
b.      Ecolin                                                                    d. Acrilic
7. Cat minyak dan ecolin merupakan media ………
a.       Kering                                                                   c. Basah
b.      Arsir                                                                      d. Blok
8. Teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis disebut ………
a.       teknik arsir                                                c.teknik sapuan basah (aquarel)
b.      teknik dussel (gosok)                                            d. teknik siluet (blok)
9. Teknik menggambar dengan menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan balok disebut ……
c.       Teknik arsir                                                           c. Teknik siluet (blok)
d.      Teknik dussel (gosok)                                           d.Teknik Aquarel (sapuan basah)
10. Teknik aquarel (sapuan basah) adalah ……
a. Teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan titik-titik sehingga membentuk suatu objek
b. Teknik menggambar menggunakan bahan dengan campuran air di kertas, kain, atau bidang lain
c. Teknik menggambar dengan menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan balok
d. Teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis