Mengumpulan dan Menyajikan Data
Data adalah suatu keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau mendapat gambaran suatu keadaan. Data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang,diagram lingkaran, atau diagram gambar (piktogram).[2]
Data adalah suatu keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau mendapat gambaran suatu keadaan. Data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang,diagram lingkaran, atau diagram gambar (piktogram).
a) Pengumpulan data
Sebelum memperoleh sebuah data, maka kita harus melakukan proses pengumpulan data. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan data, diantaranya melalui:
1) Penelitian
2) Wawancara
3) Polling/angket
4) Penghitungan langsung
b) Penyajian data
Setelah memperoleh data, biasanya data-data tersebut disajikan dalam beragam bentuk. Salah satu contoh data yang bisa disajikan adalah nilai matematika dari siswa yang ada di sebuah sekolah.
Dalam bentuk tabel
Menggunakan tabel digambarkan dengan menggunakan tabel, berikut adalah contoh tabel data nilai matematika siswa SD Tunas Harapan:
- Nilai Dari tabel di atas kita bisa mengetahui: Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 65
Ada 9 siswa yang memperoleh nilai 70
Ada 14 siswa yang memperoleh nilai 75
Ada 10 siswa yang memperoleh nilai 80
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 85
Ada 7 siswa yang memperoleh nilai 90Menggunakan diagramDiagram ada beragam bentuknya mulai dari diagram batang, diagram lingkaran, diagram gambar dan diagram garis.a. Diagram batangMari kita ubah data diatas ke dalam bentuk diagram batang:b. Diagram lingkaran:Untuk membuat diagram lingkaran, kita harus mencari persentase besar sudut dari data yang di dapat:Nilai 65 = 5/50 x 360o = 36oNilai 70 = 9/50 x 360o = 64.8oNilai 75 = 14/50 x 360o = 100.8oNilai 80 = 10/50 x 360o = 72oNilai 85 = 5/50 x 360o = 36oNilai 90 = 7/50 x 360o = 50.4o
c. Diagram garis:
Hampir sama seperti diagram batang hanya saja bentuknya diubah menjadi garis.
Pengolahan data
Di dalam pengolahan sebuah data ada beberapa hal yang harus kita cari dengan menggunakan rumus matematika, yaitu:
Mean adalah nilai rata-rata dari keseluruhan data yang di dapat. Nilai rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan seluruh nilai kemudian dibagi dengan banyaknya data.
Sebagai contoh dari data di atas kita bisa mencari meannya dengan cara menjumlahkan nilai yang ada kemudian dibagi dengan jumlah siswa yang ada, seperti ini: Jadi nilai rata-rata siswa kelas VI untuk pelajaran matematika di SD Tunas Mekar adalah 9.3
Modus merupakan nilai yang paling sering muncul di dalam data tersebut. Bila dilihat dari data nilai matematika siswa kelas VI SD Tunas Mekar, maka nilai yang paling sering muncul adalah 70 karena ada 14 siswa yang mendapatkan nilai 70.
3. Median
Median adalah nilai tengah. Diperoleh dengan cara mengurutkan nilai-nilai yang ada dari yang terkecil sampai terbesar. Perhatikan contoh berikut:
Contoh Soal
Nilai ulangan harian matematika kelas IV SD Sumber Rejo berturut-turut adalah: 5,6,7,8,9,7,8,7,10,5 carilah median dari data tersebut.
Jawab:
Urutkan nilai-nilai tersebut dari yang terkecil : 5,5,6,7,7,7,8,8,9,10 -> jumlah datanya ada 10.
Ambil nilai yang ada ditengah-tengah, bila jumlah datanya genap ambil dua nilai yang ada ditengah kemudian dibagi dengan 2. Seperti pada soal diatas, karena jumlah datanya genap (10) maka kita ambil dua nilai yang ada di tengah yaitu 7 dan 7
7+7 : 2 = 14 : 2 = 7
Maka median dari data tersebut adalah 7.
Demikianlah pembahasan singkat tentang Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas 6. Semoga bisa membantu kalian untuk lebih memahami materi matematika yang diajarkan di sekolah.
Sumber : http://psb2k16.blogspot.com/2018/05/pengenalan-statistika-dalam-matematika.html
Soal Latihan untuk di kerjakan bisa lihat buku cetak matematika juga ya bunda2!!! good luck
Soal Latihan untuk di kerjakan bisa lihat buku cetak matematika juga ya bunda2!!! good luck
1. Berikut data nilai ulangan Matematika
kelas 4.
75, 60, 80, 80, 85, 75, 70, 60, 90, 85,
100, 60, 80, 70, 65, 80, 85, 80, 90, 65, 75
a. Berapakah nilai ulangan tertinggi yang
diperoleh siswa kelas 4?
b. Berapakah nilai ulangan terendah
yang diperoleh siswa kelas 4?
c. Berapa banyak siswa yang mendapat nilai
75?
d. Berapa banyak siswa yang mendapat nilai
85?
e. Jika nilai 70 ke bawah wajib ikut
remidi. Ada berapa siswa yang ikut remidi?
f. Ada berapa jumlah siswa kelas 4 yang
ikut ulangan matematika?
g. Urutlah data di atas dari yang paling
kecil!
2. Berikut data pengunjung taman Wisata
Alam!
a. Pada hari apa Taman Wisata Alam paling
ramai pengunjung?
b. Pada hari apa Taman Wisata Alam sepi
pengunjung?
c. Berapa banyak pengunjung pada hari
Rabu?
d. Berapa selisih pengunjung pada hari
senin dan kamis?
e. Berapa banyak pengunjung selama
seminggu?
3. Berikut data jumlah buku di
Perpustakaan SD Suka Maju:
a. Berapa jumlah buku pada tahun 2014?
b. Berapa jumlah buku pada tahun 2015?
c. Berapa selisih jumlah buku pada tahun
2016 dan 2017?
d. Berapakah selisih jumlah buku
pada tahun 2014 dan 2017?
4. Sebuah Kelompok Tani berhasil
mengekspor padi pada tahun 2013 sebanyak 350 Ton, tahun 2014 sebanyak 300 Ton,
tahun 2015 sebanyak 400 Ton, tahun 2016 sebanyak 350 Ton, tahun 2017 sebanyak
450 Ton, tahun 2018 sebanyak 500 Ton.
a. Sajikan data tersebut ke dalam bentuk
tabel frekuensi!
b. Buatlah diagram batang tentang data di
atas!
5. Berikut adalah tabel hasil ujian
Matematika.
a. Berapa siswa yang mendapatkan nilai 70?
b. Berapa siswa yang mendapatkan nilai
terendah?
c. Berapa siswa yang mendapatkan nilai 75
ke atas?
d. Jika yang mendapat nilai 70 ke atas
dinyatakan lulus, berapa anak yang ikut remidi?
e. Sajikan data tersebut ke dalam diagram
batang
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus