About

Selasa, 31 Oktober 2023

Matematika dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal : Selasa, 31 Oktober 2023


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar. 
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
>B.INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
 
> MATEMATIKA  : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> B.INDONESIA :
1. Dengan menulis mengikuti panduan kata tanya, peserta didik dapat membuat tulisan dengan terstruktur dan sesuai kaidah Bahasa Indonesia.

>MATEMATIKA :  
1. Peserta didik dapat mengetahui definisi trapesium dan mengetahui cara menggambar trapesium.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
>B.INDONESIA :
1. Peserta didik menulis dengan menggunakan tanda baca sesuai kaidah Bahasa Indonesia dan memanfaatkan kata Tanya “ADiKSiMBa” dalam mengembangkan gagasan.

>MATEMATIKA :  
1. Peserta didik mengetahui definisi trapesium dan mengetahui cara menggambar trapesium.


MATERI :

>B.INDONESIA :

Pengalaman Menonton Bulu Tangkis
 

Buatlah karangan sebanyak tiga paragraf tentang pengalaman menonton bulu tangkis. Tulislah di buku kalian. Jika kalian belum pernah menonton permainan bulu tangkis, kalian boleh menulis pengalaman menonton olahraga lain.
Untuk memandu kalian, jawablah pertanyaan dengan semua kata tanya: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. 
Contohnya seperti di bawah ini.
1. Apa
Sebutkan kegiatan yang akan kalian ceritakan, yaitu pengalaman 
menonton bulu tangkis.
2. Siapa
Kalian dapat menjelaskan siapa pemainnya, pemenangnya, atau dengan siapa kalian menontonnya.
3. Di mana
Jelaskan tempat pertandingan dan tempat kalian menonton, misalnya di sekolah, di lapangan, atau di televisi.
4. Kapan
Jelaskan waktu kalian menonton permainan bulu tangkis tersebut.
5. Mengapa
Jelaskan dalam rangka apa kegiatan tersebut, misalnya pertandingan antarsekolah, lomba 17-an, kejuaraan dunia, atau latihan saja.
6. Bagaimana
Kalian dapat menjelaskan jalannya permainan bulu tangkis tersebut, misalnya seru, menarik, atau malah menegangkan. 
Kalian juga dapat menceritakan perasaan kalian saat itu. Ingatlah untuk memeriksa kalimat, ejaan, dan tanda baca dalam karangan sebelum kalian kumpulkan.

> MATEMATIKA :

Trapesium


Trapesium adalah sebuah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh 4 buah rusuk, yang dua diantaranya saling sejajar namun panjangnya berbeda.

Nah selanjutnya kita akan mengenal jenis-jenis pada bangun datar trapesium..
Jenis-jenis Trapesium
Berikut ini adalah beberapa jenis trapesium yang perlu kita ketahui
a. Trapesium Sembarang
Trapesium Sembarang adalah trapesium yang memiliki empat buah sisi yang tidak sama panjang. Pada gambar diatas AD // BC, dan diagonal AC ≠ BD, sedangkan masing-masing sisi penyusunnya yaitu AB, BC, CD, dan AD juga mempunyai panjang yang tidak sama.

b. Trapesium sama kaki
Trapesium sama kaki adalah trapesium yang mempunyai sepasang sisi yang sejajar, selain itu pada gambar diatas, AD // BC dan AB = DC.

c. Trapesium Siku-siku
Trapesium siku-siku adalah trapesium yang mempunyai dua buah sudut siku-siku (90°). Selain itu pada gambar diatas AD // BC, juga tampak bahwa besar ∠ABC = ∠DAB = 90°

Sebagaimana jenis-jenis trapesium di pembahasan sebelumnya, maka sifat-sifat trapesium adalah sebagai berikut:
1. Mempunyai 4 buah sudut, dan 2 buah sudut yang berdekatan (sudut dalam sepihak) adalah 180°.
2. Mempunyai sepasang sisi sejajar
3. Khusus trapesium sama kaki, panjang diagonalnya sama, dan ukuran sudut-sudut alasnya sama serta bisa menempati bingkai dengan dua cara,
4. Trapesium siku-siku memiliki 2 buah sudut siku-siku
5. Untuk trapesium sembarang, panjang kakiya antara satu dengan yang lain tidak sama, kaki-kakinya juga tidak ada yang tegak lurus ke sisi sejajarnya, dan memiliki empat sudut yang besarnya berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar