About

Selasa, 10 Oktober 2023

Matematika dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal : Selasa, 10 Oktober 2023


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar. 
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
>B.INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
 
> MATEMATIKA  : Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda 
konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengankelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1/2, 1/3, 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8, 4/8, 7/8). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan decimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.


TUJUAN PEMBELAJARAN :
> B.INDONESIA :
1. Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik dapat menulis kalimat persuasif dengan benar.

>MATEMATIKA :  
1. Peserta didik dapat menjelaskan prosedur perhitungan bersusun dengan menghubungan cara menghitung operasi pembagian dan pembagian bersusun.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
>B.INDONESIA :
1. Peserta didik mengategorikan ide pokok dari bacaan pada pengatur grafis sederhana.
> MATEMATIKA
1. Peserta didik menjelaskan prosedur perhitungan bersusun dengan menghubungan cara menghitung  operasi pembagian dan pembagian bersusun.

MATERI :

>B.INDONESIA :

Kalimat Persuasif
 

Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk meyakinkan, mengajak, merayu, atau membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Kalimat persuasif dapat dijumpai dalam berbagai teks iklan, misalnya pada iklan televisi dan media sosial. Tujuan kalimat persuasi tentu saja agar pembaca tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat persuasif:

“Ayo kita jaga Bumi demi generasi yang akan datang!”
“Jangan buang sampah sembarangan kalau tidak mau terkena banjir!”
“Mari biasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah!”
“Rawatlah tanamanmu setiap hari agar tidak layu!”
“Ayo cintai produk dalam negeri!”
“Jangan pernah malu bertanya kalau ingin pintar!”
“Berusahalah terus mencapai keberhasilan!”

> MATEMATIKA
Pembagian Bersusun

Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?
Pembagian bisa dilakukan dengan bersusun seperti halnya penjumlahan dan perkalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar