About

Selasa, 03 Oktober 2023

Matematika dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal : Selasa, 3 Oktober 2023


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
B. INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. 

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat menceritakan dalam bentuk teks deskripsi, pengalaman rute/ perjalanan dari rumah ke sekolah dengan benar. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik membuat denah lokasi Rute/perjalanan rumah ke sekolah dengan bentuk cerita yang tepat dan benar. 


Materi Bahasa Indonesia 
Mengamati 

Amatilah denah berikut ini bersama-sama!
Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y. Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lainlainnya. Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda.
Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?


Ayo Berdiskusi 

Ada di Sana
1. Gambarlah denah sederhana sekolah kalian dan lingkungan sekitar sekolah!
2. Pikirkan dua tempat yang ada di sekolah kalian atau di lingkungan sekitar. Tempat pertama menjadi titik awal (start) dan tempat kedua menjadi titik tujuan (finis). Kalian boleh memilih ruang guru, ruang kelas empat, kantin, lapangan, atau yang lainnya. Supaya tidak lupa, kalian boleh menuliskannya.
3. Dari titik awal, pandulah salah satu teman yang mendapat giliran agar sampai ke titik tujuan yang kalian pilih. Ucapkan perintah dengan menggunakan kata-kata yang menunjukkan arah seperti kanan, kiri, depan, belakang, menghadap, membelakangi, dan lain-lain.
Contoh:
Titik asalnya adalah ruang kelas empat. Berdirilah membelakangi kelas empat. Lalu, menghadaplah ke kanan dan berjalanlah sejauh dua kelas. Berbeloklah ke kiri sampai tiba di lapangan. Dari lapangan, berjalanlah lurus sampai tiba di persimpangan jalan. Berbeloklah ke kiri, lalu berjalanlah melewati tiga rumah. Titik tujuan ada di sebelah kanan.
4. Sewaktu petunjuk dibacakan, kalian yang belum mendapat giliran bisa menelusuri rute tersebut pada denah masing-masing.
5. Periksalah apakah titik tujuan hasil penelusuran kalian sudah benar. Diskusikanlah!

Dengan menuliskan petunjuk cara mencapai tempat tertentu di sekolah, kalian berlatih menyampaikan prosedur atau instruksi sederhana.


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA  : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat mengetahui cara menggunakan busur derajat dan dapat menentukan besaran sudut. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik memahami penggunaan busur untuk menentukan besaran pada suatu sudut. 


MATERI MATEMATIKA :

Mengukur Besaran Sudut 



Cara mengukur sudut menggunakan busur derajat, kita bisa meletakkan busur derajat di atas gambar sudut. Letakkan titik pusat busur derajat di titik sudut pada gambar sudut yang diukur. Misalnya, kalau kita ingin mengukur sudut pada gambar pertama, maka titik pusat busur derajat diletakkan di titik B.

Posisikan busur pada salah satu kaki sudut, sehingga saling berimpit di kaki sudut 0°. Geser busur hingga berada tepat di titik pusat pada busur. Perhatikan kaki sudut lainnya, angka pada busur yang berimpitan dengan garis tersebut menunjukkan ukuran sudut.

Simak video pembelajaran berikut untuk mengetahui cara menentukan besaran sudut. 


Kesimpulan : Teks yang dibuat berdasarkan denah suatu petunjuk tempat merupakan teks deskripsi. Paragraf deskripsi adalah Paragraf atau teks yang berisikan gambaran mengenai suatu petunjuk arah atau denah.
untuk mengukur sudut dapat digunakan dengan busur sudut dan bisa juga diukur jika salah satu sudut diketahui jika sudut lurus yang terbagi lagi menjadi dua sudut. 
Dokumentasi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar