About

Senin, 06 Januari 2020

Tema 6 Subtema 1 PB 1 dan 2


Tema 6 Subtema 1
Pembelajaran 1
Hari/Tanggal : Senin, 6 Januari 2020

Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran 1
  • Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
  • Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
  • Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
  • Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
Pembelajaran 2
  • Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda, siswa mampu mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar.
  • Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda, siswa mampu bernyanyi dengan tempo yang berbeda dengan tepat.
  • Melalui kegiatan mengamati sebuah puisi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar.
  • Melalui kegiatan mengamati daur hidup kupu-kupu dan belalang, siswa mampu membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat.
Pembelajaran 1
1.        Apakah kamu pernah membayangkan akan menjadi seorang apa di kemudian hari? 
2.        Apakah hal yang kamu bayangkan itu sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan?
3.        Apakah kamu pernah membayangkan, kelak akan mengajar menjadi seorang pilot, arsitek, dokter hewan, atau pekerja seni?

Cita-cita adalah . . . . .???
Suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya.
Bacalah Teks Berikut!
Description: C:\Users\User\Documents\Downloads\Salinan Kelas IV Tema 6 BS1_010.jpg 











Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Puisi adalah ......???
sebuah karya sastra yang mengandung unsur irama, ritma, diksi, llirik dan menggunakan kata kiasan dalam setiap baitnya untuk menciptakan estetika bahasa yang padu.
Ciri-Ciri Puisi
Anganku melayang ke masa depan                 .......... Baris Puisi
Aku ingin menjadi seorang guru                     .......... Baris Puisi
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan       .......... Baris Puisi
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu                     .......... Baris Puisi
Description: C:\Users\User\Documents\Downloads\mengamati.pngPuisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang disebut bait puisi.


Description: C:\Users\User\Documents\Downloads\Salinan Kelas IV Tema 6 BS1_012.jpg
 







Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa ada anak-anak hewan dan ada hewan yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.
Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang  berbeda-beda.  Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya.  Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami  perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.
Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.
Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak.  Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorfosis sempurna.  Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami  metamorfosis yang tidak sempurna.
Pembelajaran 2
 
































Dari 2 lagu yang sudah dinyanyikan tersebut. Lagu mana yang kamu nyanyikan dengan cepat?
Lagu mana yang kamu nyanyikan dengan lambat?
Cepat dan lambatnya lagu yang dinyanyikan disebut tempo lagu
Istilah atau Tanda Tempo
Description: C:\Users\User\Documents\Downloads\Salinan Kelas IV Tema 6 BS_020.jpg,Description: C:\Users\User\Documents\Downloads\Salinan Kelas IV Tema 6 BS_021 copy.png,Description: C:\Users\User\Documents\Downloads\mengamati.png 




























Apakah kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas???
Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut rima.  Ada jenis puisi yang memiliki rima teratur, yang dikenal dengan pola : a-b-a-b Biasanya terdapat pada pantun.
Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas empat baris dengan rima akhir  a-b-a-b.  Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata.

Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut daur hidup.
Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahap  belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sedangkan belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar