About

Selasa, 07 Januari 2020

Tema 6 Subtema 1 PB 3 dan 4


Tema 6 Subtema 1 PB 3 dan 4
Hari/Tanggal : Selasa, 7 Januari 2019
Tujuan Pembelajaran:
PB 3
1. siswa dapat mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
2. siswa dapat menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya secara tepat.
3. siswa dapat mengidentifikasi hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan benar.
4. siswa mampu menggunakan hasil pengamatannya tentang ciri-ciri puisi secara tepat.
PB 4
1. siswa mampu mengidentifikasi keragaman kegiatan orangorang di sekitarnya dengan tepat.
2. siswa mampu menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya dengan benar.
3. siswa mampu menjelaskan makna puisi dengan benar.
4. siswa mampu mengidentifikasikan hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya.

PB 3


Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.
Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel  dan mangga dapat tumbuh dengan subur? Dataran rendah
Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur? Dataran tinggi
Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-ide pendukung. Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.
Sumber daya alam ada 2 yaitu sumber daya alam dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.

Makna puisi dari setiap baitnya adalah?

Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia.  Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh.  Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda.  Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri.  Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik  yang hampir serupa.   
Keragaman di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya.  Adanya keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara,
dan bauksit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar