About

Senin, 04 September 2023

Matematika dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal : Selasa, 5 September 2023

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :

B.INDONESIA : Menulis 

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi dengan baik.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik menulis atau menggambarkan sebuah topik dengan struktur deskripsi untuk beragam konteks dan tujuan.

MATERI 

Paragraf Argumentasi

Saat berdiskusi atau menyampaikan pendapat secara lisan atau tertulis, kalian perlu menyebutkan alasan atau penyebab kalian berpendapat demikian. Makin kuat alasan, atau didukung oleh bukti-bukti seperti peraturan atau data ilmiah, maka makin kuat pula pendapat kalian. Pernyataan yang kalian sampaikan itu disebut argumentasi. Jika argumentasi disampaikan dalam bentuk tertulis atau dalam sebuah paragraf, paragraf yang kalian tulis disebut paragraf argumentasi.

Ciri-ciri paragraf argumentasi yaitu:
1. Mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah permasalahan;
2. Ada data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;
3. Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;
4. Terdapat kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik utama.
5. Ada data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;
6. Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;
7. Terdapat kesimpulandalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik utama. 

Menulis

Tuliskan pendapat kalian dengan menjawab pertanyaan di bawah ini!
1. Menurut kalian, apa yang seharusnya dilakukan Rudi? Mengapa?
2. Bagaimana pendapat kalian tentang tindakan yang dilakukan pengendara sepeda motor? Jelaskan jawaban kalian!

Dengan menuliskan pendapat tentang kejadian yang dialami Rudi, kalian berlatih menyampaikan argumentasi.

MATEMATIKA  : Bilangan
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat menghitung pembagian yang pembaginya ratusan, dengan mempertimbangkannya sebagai operasi " : (satuan nilai tempat pertama)" dengan menghilangkan 0 menggunakan aturan pembagian.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik menghitung pembagian yang pembaginya ratusan, dengan mempertimbangkannya sebagai operasi " : (satuan nilai tempat pertama)" dengan menghilangkan 0 menggunakan aturan pembagian. 


MATERI
Aturan Pembagian

1. Jika kamu akan membagi 80 lembar kertas lipat sama rata pada 2 orang, berapa banyak yang akan diterima setiap orang?
1. Tulislah kalimat matematikanya. ⃞ (Banyak kertas) :⃞ (banyak orang)
2. Jika 10 lembar kertas dikelompokkan menjadi 1, tulislah kalimat matematikanya.
3. Berapa banyak kelompok kertas yang diterima setiap orang?

2. Jika kamu akan membagi 800 kertas lipat sama rata kepada 2 orang, berapa lembar kertas yang akan diterima setiap anak?

1. Tulislah dalam kalimat matematika. 
2. Jika kertas lipat tersebut dikelompokkan sehingga bisa dinyatakan sebagai 8 : 2, ada berapa lembar kertaskah di tiap kelompok?
3. Ada berapa banyak kelompok kertas yang diterima setiap orang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar