About

Jumat, 01 September 2023

P5 Mempresentaikan Hasil Mading Inovasi Olahan Pisang

 Hari/Tanggal : Jum'at, 1 September 2023

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA




TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN "INOVASI OLAHAN PISANG" 

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong
3. Kreatif 

Materi Ajar “Inovasi Olahan Pisang”





Bagian-bagian Pohon Pisang
Pohon pisang memiliki beberapa bagian, yaitu :
1. Buah, yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk olahan seperti pisang sale, tepung pisang, sari buah, dan keripik.
2. Bunga
3. Daun, yang berbentuk memanjang dan lebar dengan pertulangan daun besar yang disebut dengan pelepah.
4. Batang, yang pada bagian pangkalnya berupa umbi batang yang tertanam dalam tanah.
5. Bonggol (umbi), yang terdapat pada bagian bawah batang pisang dan menggembung.

7 Bagian Pohon Pisang yang Bisa Bermanfaat untuk Tanaman

Pohon pisang cukup mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Selain buahnya yang bisa dimakan, semua bagian dari pohon pisang dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah dan tanaman.

1. Akar pohon pisang 
Akar pisang dapat diolah menjadi PGPR atau Plant Growth Promoting Rhizobacteria (pertumbuhan tanaman mempromosikan rhizobakteri). Sebab, akar pisang mampu mengikat nitrogen dari udara atau dari alam bebas dengan bantuan bakteri yang ada pada akar pisang, sehingga membantu menyuburkan tanah dan tanaman.

2. Bonggol pohon 
pisang Bonggol pohon pisang merupakan pokok dari pohon pisang. Pada bagian bawah bonggol pohon pisang ditumbuhi oleh akar untuk mencari makanan. Sementara, bagian atas bonggol pohon pisang ditumbuhi oleh batang semu dari pohon pisang.

3. Batang pohon pisang 
Batang pohon pisang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menyuburkan tanaman. Sebab, pada bagian batang pohon pisang terdapat kandungan unsur hara fosfor yang sangat tinggi. Lihat Foto Ilustrasi tanaman pisang, pohon pisang, gedebok pisang. Oleh karena itu, batang pohon pisang dapat diolah menjadi pupuk organik yang sangat besar peranannya untuk kesuburan tanah.

4. Daun pisang 
Daun pisang, khususnya daun yang sudah kering dapat dihaluskan untuk dijadikan sebagai media tanam. Lihat Foto Ilustrasi pohon pisang, daun pisang. Daun pohon pisang dapat dijadikan sebagai media tanam bagi tanaman hias di halaman rumah, maupun untuk sayur-sayuran yang kamu tanam di samping rumahmu. Namun, daun pohon pisang harus diolah terlebih dahulu. Daun pohon pisang bisa kamu lembapkan dengan air tapi bisa juga difermentasi sebelum digunakan. 

5. Kulit pisang 
Kulit buah pisang memiliki kandungan unsur hara kalium yang sangat tinggi dan sangat banyak manfaatnya. Kandungan di dalam kulit buah pisang dapat memperkuat daya tahan tanaman dalam menghadapi penyakit dan hama, serta memperkuat postur dari tanaman tersebut.

6. Jantung pisang 
Selain terkenal untuk bahan olahan kuliner, jantung pisang ternyata juga dapat dimanfaatkan dalam dunia pertanian organik. Lihat Foto Ilustrasi jantung pisang. Ada bermacam cara yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan jantung pisang, salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi MOL. Manfaat MOL jantung pisang dalam dunia pertanian dapat digunakan dalam menyuburkan tanah atau mengurai bahan-bahan di dalam tanah.

7. Air sadapan dari batang pohon pisang   
Air sadapan dari batang pohon pisang adalah air yang sangat bermanfaat dalam kehidupan. Selain dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi penyakit tertentu, air sadapan dari batang pohon pisang juga dapat untuk dijadikan sebagai sumber air minum atau untuk keperluan memasak.

Aneka Olahan Pisang


1. Resep Olahan Pisang Nugget

pisang nugget.jpg

2. Resep Olahan Pisang Goreng

Pisang Goreng.jpg 

3. Resep Olahan Pisang Bakar

pisang bakar.jpg

 4. Resep Olahan Crepes Pisang Cokelat
crepes pisang.png  

5. Resep Olahan Pisang Roti Cokelat

olahan pisang roti cokelat.jpg 

6. Resep Olahan Pisang Aroma Bandung

pisang-aroma-kulit-pangsitisi-coklat-keju-gula-aren-foto-resep-utama.jpg

7. Resep Olahan Pisang Puding Cokelat

Puding Pisang Cokelat - Resep(1).jpg

8. Resep Olahan Pisang Bolen

Resep Bolen Pisang Keju.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar