About

Kamis, 31 Oktober 2019

Tema 5 Subtema 1 PB 1

Tema 5 Subtema 1 PB 1
Hari/Tanggal: Kamis, 31 Oktober 2019
Tujuan :
Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan bacaaan
Siswa mampu memahami tokoh dan peninggalan pada masa kerjaaan hindu,budha dan islam
Siswa mampu menerapkan sifat-sifat cahaya

Bahasa Indonesia
Suatu pertanyaan biasanya mengandung kata tanya seperti berikut :
1. Apa (menanyakan benda atau peristiwa)
2. Siapa (untuk menanyakan tokoh didalam cerita)
3. Di mana (untuk menanyakan tempat)
4. Kapan (untuk menanyakan waktu)
5. Mengapa untuk menanyakan alasan atau sebab)
6. Bagaimana(untuk menanyakan cara, proses,atau tahapan)

IPS
Pada masa kerjaan hindu, budha dan islam kita memiliki banyak tokoh-tokoh yang berperan beaar terhadap masyarakat. Para tokoh ini merupakan pemimpin suatu kerjaan



IPA
Beberapa sifat cahaya yaitu cahaya merambat lurus,  menembus benda bening, dapat dipantulkan, dapat dibiaskan
Percobaan sifat-sifat cahaya yaitu 

Selasa, 29 Oktober 2019

Penilaian harian Tema 4 Subtema 3

Penilaian Harian
Tema 4 Sub tema 3
Hari/Tanggal Rabu, 30 Oktober 2019
Kisi-kisi
PKn
Siswa mampu menghubungkan simbol dengan makna sila ketiga Pancasila
Siswam mampu mengamalkan sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari -hari
Siswa mampu membedakan sikap baik dan tidak baik
Bahasa Indonesia
Siswa mampu memberikan pendapat pribadi tentang cerita dalam dongeng
Siswa mampu menyampaikan isi donheng dengan menggunakan peta pikiran
Siswa mampu menentukan pesan moral dalam dongeng
IPA
Siswa mampu mengetahui dampak ekspolitasi hutan yang berlebihan
Siswa mampu memahami cara pengelolaan sampah  dan barang barang bekas (4R)
IPS
Siswa mengetahui kegiatan ekonomi pembuatan kertas
Siswa mengetahui kegiatan ekonomi dalam proses pembuatan beras
SBdP
Siswa mampu menggambar objek bemda
Siswa mampu mengapresiasi terhadap gambar objek benda

contoh soal dan pembahasannya


A. Soal Pilihan Ganda

1. FPB dari 28 dan 48 adalah ….
  1. 1
  2. 2
  3. 4
  4. 8
Faktor dari 28: 1, 2, 4, 7, 14, 28
Faktor dari 48: 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16, 24, 48
Faktor persekutuan dari 28 dan 48 adalah 1, 2, dan 4.
FPB dari 28 dan 48 adalah 4.
Kelipatan dan Faktor
2. Bilangan berikut yang termasuk faktor persekutuan dari 80 dan 120 adalah ….
  1. 1, 2, 3, 4, 5, 8, 12
  2. 2, 4, 5, 8, 10, 12
  3. 4, 5, 8, 10, 20, 40
  4. 4, 5, 8, 10, 12, 20
Faktor 80 = 1, 2, 4, 5, 8, 10, 16, 20, 40, dan 80.
Faktor 120 = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 12, 15, 20, 24, 30, 40, 60, dan 120.
Faktor persekutuan dari 80 dan 120 adalah 1, 2, 4, 5, 8, 10, 20, dan 40.
3. Faktorisasi prima dari 124 adalah ….
  1. 2² × 3
  2. 2² × 31
  3. 2² × 13
  4. 2 × 3 ²
Faktorisasi prima dari 124 adalah 2² × 31.
4. Bilangan berikut yang merupakan kelipatan persekutuan dari 16 dan 24 adalah ….
  1. 54
  2. 64
  3. 72
  4. 96
Kelipatan 16 = 16, 32, 48, 64, 80, 96, 112, …
Kelipatan 24 = 24, 48, 72, 96, 120, …
Kelipatan persekutuan dari 16 dan 24 adalah 48, 96, ….
5. Berapa FPB dari 27 dan 45 adalah ….
  1. 3
  2. 5
  3. 9
  4. 15
Faktor dari 27 = 1, 3, 9, 27
Faktor dari 45 = 1, 3, 5, 9, 15, 45
Faktor persekutuan dari 27 dan 45 = 1, 3, dan 9
FPB dari 27 dan 45 adalah 9.
6. Bilangan yang merupakan kelipatan persekutuan dari bilangan 3 dan 5 adalah ….
  1. 12, 15, 24
  2. 6, 12, 18
  3. 5, 10, 15
  4. 15, 30, 45
Kelipatan 3: 3, 6,9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, 30, 33, 36, 39, 42, 45, 48, …
Kelipatan 5: 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45, 50, …
Kelipatan persekutuan dari 3 dan 5 adalah 15, 30, 45.
7. Bilangan yang mempunyai faktorisasi prima 3 ³ × 5 × 13 adalah ….
  1. 585
  2. 405
  3. 1.755
  4. 2.025
3³ × 5 × 13 = 27 × 5 × 13 = 1.755
Jadi, 3³ × 5 × 13 merupakan faktorisasi prima dari 1.755.
8. Bilangan yang merupakan kelipatan persekutuan dari 4 dan 6 adalah ….
  1. 12, 24, 36
  2. 12, 24, 32
  3. 12, 18, 24
  4. 12, 36, 40
Jawaban: a
Kelipatan 4: 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32, 36, 40, …
Kelipatan 6: 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, …
Kelipatan persekutuan dari 4 dan 6 adalah 12, 24, 36.
9. Tiga bilangan kelipatan persekutuan dari 12 dan 18 adalah ….
  1. 24, 36, 48
  2. 36, 72, 108
  3. 24, 36, 72
  4. 36, 48, 72
Jawaban: b
Kelipatan 12 = 12, 24, 36, 48, 60, 72, 84, 96, 108, 120, …
Kelipatan 18 = 18, 36, 54, 72, 90, 108, 126, …
Kelipatan persekutuan dari 12 dan 18 adalah 36, 72, 108, …
10. Tiga bilangan kelipatan persekutuan dari 25 dan 30 adalah ….
  1. 150, 200, 250
  2. 50, 60, 150
  3. 150, 300, 450
  4. 150, 300, 550
Kelipatan 25 = 25, 50, 75, 100, 125, 150, 175, 200, …
Kelipatan 30 = 30, 60, 90, 120, 150, 180, 210, …
Salah satu kelipatan persekutuan dari 25 dan 30 adalah 150.
Kelipatan persekutuan dari 25 dan 30 merupakan kelipatan dari 150.
Jadi, kelipatan persekutuan dari 25 dan 30 adalah 150, 300, 450, 600, …
B. Soal Isian
1. KPK dari 20 dan 24 adalah ….
  • 20 = 2² x 5
    24 = 2³ x 3
    KPK = 2² x 3 x 5 = 120
2. FPB dari 24 dan 36 adalah ….
  • 24 = 2² x 3
    36 = 2³ x 3²
    FPB = 2² x 3 = 12
3. FPB dari 21 dan 35 adalah ….
  • 21 = 3 x 7
    35 = 5 x 7
    FPB = 7
4. FPB dari 24 dan 48 adalah ….
  • 24
5. FPB dari 48 dan 60 adalah ….
  • 48 = 2⁴ x 3
    60 = 2² x 3 x 5
    FPB = 2² x 3 = 12
6. KPK dari 15 dan 20 adalah ….
  • 15 = 3 x 5
    20 = 2² x 5
    KPK = 2² x 3 x 5 = 60
7. KPK dan FPB dari 20 dan 25 adalah ….
  • 20 = 2² x 5
    25 = 5²
    KPK = 2² x 5² = 1000
    FPB = 5
8. KPK dari 12 dan 18 adalah ….
  • 12 = 2² x 3
    18 = 2 x 3²
    KPK = 2² x 3² = 36
9. KPK dari 50 dan 75 adalah ….
  • 50 = 2 x 5²
    75 = 3 x 5²
    KPK = 2 x 3 x 5² = 150
10. KPK dari 8 dan 15 adalah ….
  • 8 = 2³
    15 = 3 x 5
    KPK = 2³ x 3 x 5= 120

C. Soal Uraian

1. Dina membeli 42 baju dan 72 celana. Dina ingin memberikan baju dan celana tersebut pada anak yang kurang mampu. Setiap anak mendapatkan baju dan celana dalam jumlah yang sama.
a. Hitunglah jumlah anak paling banyak yang dapat diberikan baju dan celana.
b. Berapa banyak baju dan celana yang diterima masing-masing anak?
  1. 42 = 2 × 3 × 7
    72 = 2³ × 3²
    FPB = 2 × 3 = 6
    Dina paling banyak dapat memberikan baju dan celana pada 6 anak.
  2. Banyak baju tiap anak = 42 : 6 = 7 helai
    Banyak celana tiap anak = 72 : 6 = 12 helai.
2. Ratna mempunyai 80 manik-manik berwarna kuning dan 110 manik-manik berwarna hijau. Manik-manik tersebut akan dibuat gelang, dengan setiap gelang mempunyai kombinasi warna yang sama.
a. Berapa banyak gelang paling banyak yang dapat dibuat Ratna?
b. Hitunglah banyak masing-masing manik-manik pada setiap gelang.
  1. 80 = 2⁴ × 5
    110 = 2 × 5 × 11
    FPB = 2 × 5 = 10
    Banyak gelang yang dapat dibuat Ratna adalah 10 buah.
  2. Banyak manik-manik kuning = 80 : 10 = 8 buah
    Banyak manik-manik hijau = 110 : 10 = 11 buah
3. Ibnu membeli buku setiap 30 hari sekali. Edi membeli buku setiap 45 hari sekali. Jika mereka membeli buku bersama pada hari Rabu 5 Januari 2011, kapan lagi mereka akan membeli buku bersama?
  • 30 = 2 × 3 × 5
    45 = 3² × 5
    KPK = 2 × 3² × 5 = 90
  • Jadi, Ibnu dan Edi membeli buku bersama 90 hari lagi setelah Rabu 5 Januari 2011, yaitu Selasa 5 April 2011.
4. Carilah KPK dan FPB dari:
a. 48 dan 120
b. 30 dan 36
c. 35 dan 49
  1. Kelipatan dari 48 adalah 48, 96, 144, 192, 240
    Kelipatan dari 120 adalah 120, 240
    KPK = 240
    Faktor dari 48 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16, 24, dan 48.
    Faktor dari 120 adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 12, 15, 20, 24, 30, 40, 60, dan 120.
    FPB = 24
  2. Kelipatan dari 30 adalah 30, 60, 90, 120, 150, 180
    Kelipatan dari 36 adalah 36, 72, 108, 144, 180
    KPK = 180
    Faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, dan 30.
    Faktor dari 36 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, dan 36.
    FPB = 6
  3. Kelipatan dari 35 adalah 35, 70, 105, 140, 175, 210, 245
    Kelipatan dari 49 adalah 49, 98, 147, 196, 245
    KPK = 245
    Faktor dari 35 adalah 1, 5, 7, dan 35.
    Faktor dari 49 adalah 1, 7, dan 49.
    FPB = 7
5. Tina mengikuti les matematika setiap 4 hari sekali. Rudi mengikuti les matematika setiap 5 hari sekali. Sedangkan Sinta mengikuti les matematika setiap 3 hari sekali.
a. Setiap berapa hari Tina, Rudi, dan Sinta mengikuti les bersama?
b. Jika mereka bertiga mengikuti les bersama pada tanggal 15 Februari 2011, kapan mereka akan les bersama lagi?
  • 4 = 2²
    5 = 5
    3 = 3
    KPK = 3 × 4 × 5 = 60
    a. Jadi, Tina, Rudi, dan Sinta mengikuti les matematika bersama setiap 60 hari.
    b. Mereka bertiga mengikuti les matematika bersama 60 hari lagi setelah tanggal 15 Februari 2011, yaitu tanggal 16 April 2011.
  • Boleh untuk latihan
  1. KPK dari 12 dan 15 adalah
  2. KPK dari 16 dan 24 adalah
  3. FPB dari 16 dan 32 adalah
  4. FPB dari 60 dan 81 adalah
  5. Rina dan Ibunya membeli 36 buah manggis dan 40 buah jambu. Buah-buahan tersebut akan dimasukkan dalam beberapa keranjang. Setiap buah harus mengisi setiap keranjang dengan jumlah yang sama. Berapa keranjang paling banyak dibutuhkan?
  6. Arka dan Azka bermain peluit. Arka meniup peluit setiap 30 detik, sedangkan Azka meniup peluit setiap 60 detik. Setiap berapa menit mereka berdua meniup peluit secara bersamaan?
  7.  Lampu di taman yang berkedip-kedip ada dua jenis warnanya yaitu merah dan biru. Lampu merah menyala setiap 5 detik dan lampu biru menyala setiap 15 detik. Setiap berapa detik kedua jenis lampu menyala bersamaan?
  8. Zora dan Raza mengikuti kursus biola. Jadwal latihan biola Zora 3 hari sekali. Sedangkan Raza latihan biola setiap 5 hari. Hari ini mereka latihan bersama. Berapa hari lagi mereka dapat latihan bersama?
  9. Ibu Sinar membuat 52 kue donat dan 72 kue bolu. Kue-kue itu akan dikemas ke dalam toples. Setiap kue mengisi toples sama banyak. Berapa paling banyak toples yang dibutuhkan? Berapa kue donat dan kue bolu yang mengisi setiap toples?


Senin, 28 Oktober 2019

Tema 4 Subtema 3 PB 5 dan 6


Tema 4 Subtema 3 PB 5 dan 6
Hari/Tanggal: Selasa, 29 Oktober 2019
Tujuan Pembelajaran:
PB 5
IPS
Siswa mampu memahami kegiatan ekonomi dalam proses menghasilkan beras
SBdP
Siswa mampu mengapresiasi terhadap gambar objek benda
PB 6
Bahasa Indonesia
Siswa mampu menentukan pesan moral dalam dongeng
PKn
Siswa mampu membedakan sikap baik dan tidak baik


PB 5
IPS




SBdP
Apresiasi tidak hanya diberikan pada gambar ilustrasi mengenai kegiatan lingkungan sekitar.  Apresiasi juga dapat diberikan pada gambara yang memiliki objek berupa benda atau dalam hal kerapian dan detail gambar

menurut ku gambarnya sangat detail dan terlihat hidup.

PB 6

Bahasa Indonesia
Selain isi dongeng kita juga dapat menyimpulkan pesan moral yang disampaikan dongeng tersebut. Tentu kita harus membaca dengan cermat dan memahami dongeng dengan baik. Komentar terhadap pesan moral dapat dinilai dengan cara melihat apakah komentar tersebut sudah sesuai seperti yang terdapat dalam dongeng atau tidak.
Contoh pesan moral pada Kelinci dan kura-kura adalah kita tidak boleh sombong kepada siapapun. Dan jangan menyempelehkan orang lain.

PKn
Sila ke satu sikap baik berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Sikap tidak baik, tidak berdoa sebelum dan setelah melakukan kegiatan
Sila kedua sikap baik mengikuti kegiatan sosial di lingkungan sekolah dan ruma
Sikap tidak baik tidak mau menolong orang yang sedang kesusahan
Sila ketiga sikap baik mempelajari dan menghargai budaya bangsa Indonesia
Sikap tidak baik tidak menerima teman yang berbeda suku ras atau agama
Sila keempat sikap baik menerima kritik dan saran dari orang lain
Sikap tidak baik memutuskan sesuatu sesuai dengan keinginannya sendiri
Sikap ke lima sikap baiknya memberi bantuan dengan iklas kepada korban bencana alam
Sikap tidak baik membantu teman dwngan mengharapkan imbalan

Tema 4 Subtema 3 PB 3 dan 4


Tema 4 Subtema 3 PB 3 dan 4
Hari/Tanggal: Senin, 28 Oktober 2019
Tujuan Pembelajaran:
PB 3
IPA
Siswa mampu mengola sampah dan barang-barang bekas
Bahasa Indonesia
Siswa mampu menilai komentar terhadap kejadian dalam suatu dongeng
PB 4
Bahasa Indonesia
Siswa mampu menyampaikan isi dongeng dengan menggunakan peta pikiran
PKn
Siswa mampu mengamalkan sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

PB 3
IPA
Benda-benda disekitar kita yang sudah tifak berfungsi atau tidak terpakai tentu akan menjadi barang bekas.
Barang-barang bekas tersebut dapat diolah dengan 4 R
1. Reuse artinya menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk funslgsi yang sama atau fungsi yang berbeda
Contoh: menggunakan kaleng bekas cat untuk dijadikan pot
2. Reduce artinya mengurangi potensi benda yang telah digunakan menjadi sampah.
Contoh: membawa air minum dalam botol sendiri daripada membeli air mineral dalam kemasan
3. Recycle artinya mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru
Contoh: memgolah sampah organik menjadi pupuk kompos
4. Replace artinya mengganti benda yang biasa digunakan demgan benda ramah lingkungan
Contoh :
Memilij menggunakan saputangan daripada tisu
Menggunakan lcd untuk membuat pupuk kompos yang benar
Bahasa Indonesia
Kita dapat memberikan komentar atau pendapat tentang peristiwa yang terdapat dalam dongeng.  Pemdapat dapat dikemukakan ketika kita sudah mengetahui tokoh, alur (jalan cerita), latar dan pesan moral. Tidak hanya memberikan komentar, kita juga bisa menilai komentar yang dibuat oleh teman kiga yang lain.
PB 4
Bahasa Indonesia
Siswa membuat peta pikiran dengam menggunakan karton
Contoh peta pikiran mengenai dongeng"kelinci dan kura-kura" pada Pb 1


Pengamalan sila ketiga Pancasila dalamkehidupan sehari-hari
Contoh kegiatan sehari-hari yang mencerminkan pengamalan sila ketiga pancasila.
1. Lingkungan keluarga 
a.  Saling menyayangi, menghormati dan bekerja sama dengan anggota keluarga 
b. Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain
c. Mendengarkan nasihat ayah dan ibu
2. Lingkungan sekolah 
a. Mau berteman dengan semua siswa tanpa membedakan suku, ras, atau agama
b. Menghormati guru, teman dan warga sekolah 
c. Menghargai pendapat teman saat berdiskusi 
3. Lingkungan masyarakat 
a. Peduli terhadap masyarakat sekitar 
b. Ikut serta dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar
c. Ikut serta dalam kerja bakti membersihkan lingkungan 

Kamis, 24 Oktober 2019

Tema 4 Subtema 3 PB 2


Tema 4 Subtema 3 PB 2
Hari/Tanggal : Jum’at, 25 Oktober 2019
Tujuan Pembelajaran:
PKn
Siswa mampu memahami hubungan simbol dengan makna sila ketiga Pancasila
SBdP
Siswa mampi menggambar objek benda
PB 2
PKn
Sila ketiga pancasila yaitu persatuan Indonesia
Simbolnya pohon beringin.

Pohon beringin merupakan pohon berkayu yang rindang.Pohon yang rindang membuat orang-orang berteduh dibawahnya.
Makna dari sila ketiga yaitu rakyat Indonesia dapat berlindung di bawah Negara Indonesia.
Indonesia menjadi pemersatu bangsa Indonesia. Pohon beringin memiliki akar gantung yang mempunyai makna Indonesia beragam suku, agama,ras etnis dan budaya. Hal ini berarti negara Indonesia juga menjdai wadah pemersatu keragaman-keragaman tersebut.
SBdP
Ilustrasi merupakan gambaran suatu benda atau kondisi lingkungan tertentu.
Ilustrasi dapat berupa pemandangan misalnya pantai. Kamu dapat menambahkan benda-benda sekitarnya seperti perahu,pohon kelapa dan hewan laut.

Matematika

Kamis, 24 Oktober 2019
Materi KPK dan FPB disertai Contoh Soal

Pengertian FPB dan KPK
Apasih kepanjangan dari kpk ? ingat lho kpk dalam matematika bukan kepanjangan dari komisi pemberantas korupsi, KPK dalam matematika biasa disebut dengan Kelipatan Persekutuan terKecil, sedang kepanjangan dari FPB adalah Faktor Persekutuan terBesar, udah jelaskan dengan pengertiannnya ?
Intinya untuk mencari KPK adalah dengan memilih kelipatan terkecil dari 2 bilangan yang ditanyakan, sedangkan untuk mencari FPB yaitu dengan memilih faktor terbesar dari 2 bilangan yang ditanyakan. masih bingung dengan KPK dan FPB ? untuk lebih jelasnya silahkan lihat beberapa contoh soal KPK dan FPB dibawah.
Sebelum menginjak ke contoh soal penyelesaian FPB dan KPK mari kita mengingat kembali mengenai bilangan prima dan faktorisasi prima.
  • Bilangan prima
Bilangan prima adalah bilangan asli yang hanya memiliki 2 faktor yaitu bilangan itu sendiri dan 1, yaitu {2,3,5,7,11,.....}.
  • Faktorisasi prima
Menguraikan bilangan menjadi perkalian faktor-faktor prima. Untuk melakukan faktorisasi prima ini bisanya menggunakan bantuan pohon faktor untuk mempermudah.
Contoh faktor prima dari 12 dan 18
gambar pohon faktor kpk dan fpbdari gambar pohon faktor disamping kita dapat mengetahui :
fator prima dari 122 x 2 x 3faktor prima dari 182 x 3 x3

KPK ( KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL ) a.       Cara mencari KPK dengan Kelipatan PersekutuanApa sih kelipatan persekutuan itu ? kelipatan persekutuan merupakan kelipatan yang sama dari 2 bilangan atau lebih .KPK ialah nilai terkecil dari suatu kelipatan persekutuan 2 bilangan ataupun lebih bilangan.Contoh soal : Carilah KPK dari 4 dan 8
Kelipatan 4 adalah = {4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32, 36, 40, 44, ....}Kelipatan 8 adalah = {8, 16, 24. 32. 40, 48, 56, ...}
Jadi didapat kelipatan persekutuan dari 4 dan 8 adalah 8, 16, 24, 32, ...    ( kelipatan yang bernilai sama dari 4 dan 8)Nilai yang terkecil dari 2 kelipatan persekutuannya adalah 8, sehingga KPKdari 4 dan 8 adalah 8 b.      Cara mencari KPK dengan Faktorisasi Prima- semua dari bilangan faktor dikalikan-apabila ada yang sama ambilah yang terbesar, apabila keduanya sama ambil dari salah satunya
Contoh soal :Carilah KPK dari 8, 12 dan 30
Buat pohon faktor KPK nya








Faktor Prima= 2x2x2 = 23                        2x2x3 = 22 x 3                      2 x 3 x 5
dari ketiga faktor 8, 12 dan 30 kita hanya menemukan 3 bilangan yaitu 2, 3 dan 5
faktor 2 yang terbesar Ã dalah 23      faktor 3 nilainyà sama untuk 12 dan 30 makà ambil salah satunyà yaitu 3
faktor 5 ada 1 
faktor 5 ada 1 Ã mbil nilai 5

sehingga didapat KPK dari 8, 12 dan 30 adalah 

sehingga didapat KPK dari 8, 12 dan 30 adalah 23 x 3 x 5 = 120

Contoh soal cerita materi KPK :

Contoh soal cerita materi KPK :
contoh soal cerita kelipatan persekutuan terkecil





















FPB (Faktor Persekutuan terBesar)a.       Cara Mencari FPB dengan Faktor PersekutuanYang dimaksud dengan faktor persekutuan adalah faktor yang sama dari 2 bilangan ataupun lebih.Jadi FPB adalah nilai paling besar dari faktor-faktor persekutuan dari 2 bilangan atau lebih itu.
Contoh : Carilah FPB dari 4, 8 dan 12Faktor dari 4 adalah = {1, 2, 4}Faktor dari 8 adalah = {1, 2, 4, 8}Faktor 12 adalah= {1, 2, 3, 4, 6, 12}
Jadi faktor persekutuan dari ketiga bilangan tersebut adalah 1, 2, 4Nilai yang terbesarnya adalah 4, sehingga FPBnya adalah 4b.     Cara Mencari FPB dengan Faktorisasi Prima-  ambilah bilangan faktor yang sama dan ambil yang terkecil dari 2 atau lebih bilangan yang didapat dari pemfaktoran tersebut.
Contoh : cari FPB dari 4, 8 dan 12
buat pohon faktornyapohon faktor fpb







  Faktor Prima= 2x2 = 22                        2x2x2 = 23                       2x 2 x 3 =22 x 3
faktor dari bilangan 4, 8 dan 12 yang sama adalah 2, dan  yang terkecil adalah 22 = 4
Jadi FPB dari 4, 8 dan 12 adalah 4
Contoh soal cerita materi FPB :Bu Aminah mempunyai 20 kelengkeng dan 30 anggur, kelengkeng dan anggur akan di masukkan kedalam plastik dengan jumlah yang sama besar.
a. Berapa plastik yang diperlukan untuk membungkus buah tersebut?
b. Berapa banyak kelengkeng dan anggur pada masing-masing plastik?
Jawab:
Faktorisasi prima dari 20 = 22 x 5
Faktorisasi prima dari 30 = 2 x 3 x 5
FPB dari 20 dan 30 = 2 x 5 = 10 ( kenapa yang dikalikan 2 dan 5, jika belum pahan baca lagi keatas)
a. Jumlah plastik yang diperlukan adalah 10 plastik
b. Jumlah kelengkeng dalam setiap plastik = 20/10 = 2 jeruk
    Jujmlah anggur dalam setiap plastik = 30/10 = 3 salak
Sumber : http://belajar-soal-matematika.blogspot.com/2014/09/kpk-dan-fpb.html
Bisa coba soal - soal berikut ya bunda - bunda!
1.
Angka-angka berikut ini yang merupakan kelipatan dari 6 adalah ....
A.


    • 6 , 12 dan 16
    • B. 
      6, 16 dan 26
    • C. 
      6, 12 dan 18
    • D. 
      6, 12 dan 22
     
2.
5 – 10 – 15 – 20 -25 – 30 Bilangan di atas bilangan kelipatan ....
A.
    • 6
    • B. 
      7
    • C. 
      10
    • D. 
      5
     
3.
Berikut ini yang merupakan bilangan keliatan persekutuan 3 dan 4 adalah ....
A.
    • 12 dan 15
    • B. 
      6 dan 24
    • C. 
      12 dan 16
    • D. 
      12 dan 24
     
4.
Bilangan 40  merupakan bilangan kelipatan persekutuan dari ....
A.
    • 5 dan 6
    • B. 
      7 dan 8
    • C. 
      3 dan 10
    • D. 
      5 dan 8
     
5.
Faktor dari 20 adalah ...DiscussA.
    • 1, 2, 4, 5, 10 dan 20
    • B. 
      1, 2, 3, 5, 10 dan 20
    • C. 
      2, 4, 5, 8 dan 10
    • D. 
      2, 4, 5, 8, 10 dan 20
     
6.
Faktor prima dari 18 adalah ....
A.
    • 1, 2 dan 3
    • B. 
      2 dan 3
    • C. 
      3 dan 7
    • D. 
      3 saja
     
7.
Faktor prima dari 30 adalah ....
A.
    • 2 dan 3
    • B. 
      3 dan 5
    • C. 
      2, 4 dan 5
    • D. 
      2 , 3 dan 5
     
8.
2, 3 dan 7  adalah faktor prima dari ....
A.
    • 24
    • B. 
      21
    • C. 
      84
    • D. 
      96
     
9.
Faktorisasi prima dari 48 adalah ....
A.
    • 2³ x 3
    • B. 
      2⁴ x 3
    • C. 
      2² x 3²
    • D. 
      2³ x 3³
     
10.
Faktorisasi prima dari 50 adalah ....
A.
    • 2 x 5²
    • B. 
      2² x 5
    • C. 
      2² x 5²
    • D. 
      3 x 5²
     
11.
2 x 3² x 5² adalah faktorisasi prima dari ....
A.
    • 150
    • B. 
      250
    • C. 
      450
    • D. 
      350
     
12.
2² x 3² x 7 adalah faktorisasi prima dari ....
A.
    • 232
    • B. 
      144
    • C. 
      432
    • D. 
      252
     
13.
KPK dari 6 dan 8 adalah ....
A.
    • 12
    • B. 
      16
    • C. 
      24
    • D. 
      48
     
14.
KPK dari 8 dan 10 adalah ....
A.
    • 20
    • B. 
      40
    • C. 
      60
    • D. 
      80
     
15.
KPK dari 15 dan 12 adalah ....
A.
    • 45
    • B. 
      75
    • C. 
      60
    • D. 
      90
     
16.
FPB dari 20 dan 25 adalah ....
A.
    • 5
    • B. 
      10
    • C. 
      6
    • D. 
      15
     
17.
FPB dari 48 dan 36 adalah ....
A.
    • 6
    • B. 
      8
    • C. 
      9
    • D. 
      12
     
18.
FPB dari 100 dan 75 adalah ....
A.
    • 20
    • B. 
      5
    • C. 
      25
    • D. 
      25
     
19.
Dani berenang 4 hari sekali dan Budi berenang 6 hari sekali. Maka mereka akan berenang bersama-sama lagi setiap .... hari sekali.
A.
    • 10
    • B. 
      7
    • C. 
      24
    • D. 
      12
     
20.
Bel A berbunyi 8 jam sekali. Bel B berbunyi 10 jam sekali. Kedua bel akan berbunyi bersama-sama setiap .... jam sekali.
A.
    • 18
    • B. 
      40
    • C. 
      80
    • D. 
      60
     
21.
 Bus Mahkota lewat di depan rumah santi setiap 4 jam sekali. Bus Sentosa lewat setiap 10 jam sekali. Kedua bus akan lewat bersamaan setiap .... jam sekali.
A.
    • 20
    • B. 
      30
    • C. 
      40
    • D. 
      14
     
22.
Andi kursus komputer di Kursus Brilian 6 hari sekali dan Bagas setiap 8 hari sekali. Jika mereka terakhir kali krusus komputer pada tanggal 1 Januari 2017. Maka mereka akan mengikuti kursus bersama lagi pada tanggal ....
A.
    • 15 Januari 2017
    • B. 
      25 Januari 2017
    • C. 
      20 Januari 2017
    • D. 
      27 Januari 2017
     
23.
Ibu membeli 24 buah jeruk dan 30 buah apel. Ibu ingin menaruh buah tersebut ke piring dengan jumlah sama rata. Jumlah piring paling banyak yang bisa dipakai adalah ....
A.
    • 12
    • B. 
      8
    • C. 
      6
    • D. 
      4
     
24.
Roni mempunyai 48 kelereng hijau dan 60 kelereng merah. Jika Roni ingin membagi kelerengnya ke dalam plastik dengan jumlah sama rata. Maka jumlah plastik paling banyak yang bisa digunakan adalah sebanyak ...
A.
    • 24 plastik
    • B. 
      18 plastik
    • C. 
      30 plastik
    • D. 
      12 plastik
     
25.
Sinta membeli kue bolu dan kue donat untuk sajian ulang tahunnya. Kue bolu sebanyak 75 potong dan kue donat sebanyak 60 potong. Sinta ingin membagi kue tersebut ke nampan-nampan dengan jumlah sama banyak. Jumlah nampan paling banyak yang bisa digunakan adalah sebanyak ....
A.
    • 15 nampan
    • B. 
      30 nampan
    • C. 
      25 nampan
    • D. 
      50 nampan
x