About

Senin, 31 Januari 2022

Tema 5 ST 4 PB 6 dan Penilaian Harian Tema 5 Subtema 4

 Hari/Tanggal : Senin, 31 Januari 2022

 

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


setelah absen kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak!

Tema 5 : Cuaca

Subtema 4 : Cuaca, Musim dan Iklim

Pembelajaran : 6

Tujuan Pembelajaran

1.        Dengan presentasi, siswa mampu mengampanyekan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan jelas dan menarik.

2.        Dengan berdiskusi, siswa dapat menyusun informasi tentang hubungan cuaca, musim, dan iklim dalam bentuk kalimat efektif dengan tepat.

3.        Dengan berlatih, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.

 

Musim hujan sudah hampir tiba. Beni mengajak anggota keluarganya untuk bersama-sama membersihkan rumah. Ibu menyapu di dalam rumah. Kakak Beni menyapu halaman. Ayah menggunting tanaman yang lebat. Beni mencabut rumput liar di halaman. Anggota keluarga boleh membersihkan rumah sesuai kemampuan masing-masing.


Sudahkah kamu mengajak anggota keluarga untuk melakukan suatu kegiatan bersama-sama? Bersatu dalam keberagaman keluarga amatlah penting.

 

Usai membersihkan rumah, Dayu dan anggota keluarga menikmati hidangan martabak. Dayu memotong lingkaran martabak menjadi beberapa bagian. Potongan martabak itu mengingatkan Dayu akan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Berikut contoh soalnya ya nak!


Dayu telah mengumpulkan informasi tentang  cuaca, musim, dan iklim. Dayu menulis pokok informasi tersebut di potongan-potongan kertas. Satu potongan kertas berisi satu informasi. Dayu lalu membuat tiga kotak informasi di selembar kertas. Setiap kotak diberi judul: Cuaca, Musim, dan Iklim.

Dayu mengajak anggota keluarganya untuk bermain menyusun informasi. Setiap informasi ditempelkan pada kotak yang tepat.

Pada halaman 219, pokok informasi tentang cuaca, musim, dan iklim telah tersedia.

Guntinglah pokok-pokok informasi tersebut. Lalu tempelkan pada kotak dengan judul yang tepat.

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita!

Berikut link Penilaian Harian hari ini!

Penilaian Harian Tema 5 SubTema 4

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan hasil penilaian harian kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mengerjakan penilaian dan hasilnya agar bu Guru. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

Jumat, 28 Januari 2022

Tema 5 SubTema 4 PB 5

 Hari/Tanggal : Jum'at, 28 Januari 2022

 

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


setelah absen kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak!

Tema 5 : Cuaca

Subtema 4 : Cuaca, Musim dan Iklim

Pembelajaran : 5

Tujuan Pembelajaran :

1.Siswa dapat menjelaskan tentang pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman ,dalam kehidupan sehar hari di lingkungan sekitar.

2.Dengan benda kongkret siswa dapat menyelesaikan masalah sehari hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.


Bermain Papan Informasi

Udin dan teman-teman berkumpul di dalam kelas saat istirahat tiba. Mereka saling bertukar informasi tentang cuaca, musim, dan iklim.
Udin mengajak teman-teman di kelas bermain papan informasi. Udin meminta mereka membentuk kelompok.
Setiap informasi ditulis di atas sebuah papan kertas. Lalu, setiap kelompok menyampaikan informasi yang diperolehnya di depan kelas.
Ajaklah teman teman mu untuk bermain seperti mereka.Informasi apa saja yang bisa dituliska di. Papan tersebut?
Kumpulkan informasi yang akan di tulis di papan.


Ayo Bercerita

Usai bermain, waktu istirahat pun selesai. Sisa-sisa kertas bekas bermain papan informasi berserakan
di lantai kelas. Siti mengajak teman-teman untuk membersihkan kelas.

Ajaklah teman-temanmu untuk membersihkan kelas. Sampaikan bahwa bersatu dalam melakukan suatu hal itu penting dan bermanfaat.

Ayo Mengamati

Berkarya dengan Kertas Bekas Kelas Siti dan teman-teman sudah terlihat bersih.
Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain  terbuang percuma. 

Siti mengambil sisa kertas tadi dan membuat potongan kertas untuk belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama. 
Inilah contoh alat peraga Siti dari barang bekas.

Masih ingatkah kamu dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama?
Kamu dapat membuat alat peraga untuk membantu 
elajar pengurangan pecahan berpenyebut sama.

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita!  

 TUGAS
Coba  ceritakan pengalamanmu saat melakukan suatu kegiatan dengan cara bersatu dalam keberagaman.
kirimkan melalui voice note, ke grup WA kls kita ya nak!

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

Kamis, 27 Januari 2022

Tema 5 SubTema 4 PB 3 dan 4

 Hari/Tanggal : Kamis, 27 Januari 2022

 

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


setelah absen kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak!

Tema 5 : Cuaca

Subtema 4 : Cuaca, Musim dan Iklim

Pembelajaran : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang hubungan cuaca, musim, dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan jelas.

2.        Dengan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.

3.        Dengan praktek langsung, mengidentifikasi teknik sambung dalam suatu karya (menempel dan menjahit) dengan tepat.

4.        Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan dan mengampanyekan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap dan benar.

 

Cuaca cerah di pagi hari kini berubah menjadi cuaca berawan. Lani dan teman-teman berjanji akan kembali ke rumah Edo nanti sore. Mereka akan melanjutkan membuat karya 3 dimensi.

Sore hari yang dinanti pun tiba. Lani, Siti, Dayu, Beni, dan Udin telah tiba di rumah Edo. Mereka kembali berkumpul di ruang keluarga. Edo sudah menyiapkan kain lagi untuk digunting dan dipotong.

Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk persegi panjang dan membaginya menjadi enam bagian.

Edo membaginya menjadi 6 bagian untuk mereka berenam. Masing-masing mendapatkan 1/6 bagian kain berbentuk persegi panjang.

Sekarang, Edo menggunting kain yang lain menjadi delapan bagian berbentuk segitiga.

Potongan kain ini akan diberikan untuk Beni dan Udin. Masing-masing akan mendapatkan 3/8 bagian kain.

Sisa kain 2/8 bagian disimpan untuk Edo.

Yuk coba latihan pengurangan berpenyebut sama di bawah ini! Tulis dibuku latihan ya nak sebagai tugas kalian!


Yuk coba buka buku kalian halaman 200 dan 201 tentang teks percakapan antara Edo dan teman – temannya !

Informasi apa yang kamu peroleh tentang cuaca, musim, dan iklim? Kalian dapat menjawab pertanyaan ini di buku latihan tema kalian ya nak!

Sore yang dinanti telah tiba. Cuaca sedikit berawan. Lani dan teman-teman pun bergegas menuju rumah Edo. Mereka ingin segera bertemu dengan Pak Tono. Mereka ingin bertanya banyak hal tentang cuaca, musim, dan iklim.

Mereka pun tiba di rumah Edo. Ternyata Pak Tono

belum datang. Mereka lalu duduk di ruang tamu menunggu Pak Tono.

Setelah menunggu selama 10 menit, Pak Tono akhirnya datang. Tetapi, baju Pak Tono agak basah. Mengapa, ya?

Yuk simak penjelasan dari Pak Tono berikut ini!



Hari sudah makin sore. Cuaca yang tadinya berawan, kini berubah mendung. Sebelum hujan, Edo meminta tolong kepada teman-teman untuk membantu ibunya.

Lani dan Siti membantu mengangkat jemuran yang kering. Dayu dan Edo membantu membawa masuk sepatu yang ada di luar. Beni dan Udin membantu mengangkat keset yang dijemur di atas pagar.


Tuliskan 3 manfaat dan pentingnya bersatu dalam keberagaman di buku latihan temamu ya nak dan ini juga sebagai tugas kalian di rumah!

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.


Rabu, 26 Januari 2022

Tema 5 SubTema 4 PB 1 dan 2

Hari/Tanggal : Rabu, 26 Januari 2022

 

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


setelah absen kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak!

Tema 5 : Cuaca

Subtema 4 : Cuaca, Musim dan Iklim

Pembelajaran : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan tentang cuaca, musim, dan iklim dengan tepat.
2.       Dengan menyimak video, siswa dapat menyebutkan cara pengurangan pecahan berpenyebut sama.
3.       Dengan menyimak video, siswa dapat mengidentifikasi teknik sambung dalam suatu karya (menempel dan menjahit).
4.       Dengan menyimak video, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap dan benar.

Tahukah kalian bahwa Indonesia adalah negara yang berada di garis khatulistiwa bumi. Musim di negara kita hanya ada 2 jenis, yaitu musim hujan dan musim kemarau.
Jika cuaca cerah berlangsung terus-menerus, tanda musim kemarau sedang berlangsung. Sesekali
cuaca berawan.
Jika cuaca mendung dan hujan sering terjadi, itu tanda musim hujan telah tiba.
Jika cuaca cerah dan hujan datang silih berganti, itu pertanda sedang memasuki masa peralihan
atau pancaroba.
Saat seperti ini cuaca cepat berubah, mulai dari cuaca cerah, berawan, mendung, lalu hujan.

Yuk kita cari Informasil lenih dalam lagi tentang cuaca, musim dan iklim!

Berikut informasi yang dapat di peroleh dari Teks Iklim, Cuaca dan Perubahannya:

1.        Cuaca merupakan suatu gejala alam
2.       Perubahan cuaca dapat dirasakan dari menit ke menit atau jam ke jam.
3.       Iklim adalah lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu
4.       Iklim biasanya diamati dalam waktu lama, dari bulan ke bulan.
5.       Iklim menyebabkan adanya musim.

Edo dan teman - temannya akan kedatangan tamu ayahnya dari BMKG bernama Pak Tono. Mereka akan bertanya tentang cuaca, musim dan Iklim. Nah sebelum tamu nya datang mereka akan membuatkan kenang - kenangan untuk Pak Tono yang terbuat dari kain. mereka akan memotong kain berbentuk lingkaran dan persegi. 
Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk lingkaran. Ia mengguntingnya menjadi tiga bagian sama besar. Edo memberikan bagian kain yang pertama untuk Siti.
Edo memberikan potongan bagian kain yang kedua untuk Dayu dan Lani. Masing-masing mendapatkan 1/3 bagian lingkaran.
Sekarang Edo menggunting kain berbentuk persegi. Ia memotongnya menjadi empat bagian sama
besar. Ini potongan kain yang pertama.
Ini potongan kedua.
Ini potongan ketiga dan keempat.
Potongan kain akan diberikan kepada Edo, Beni, Udin, dan Ibu Edo.  Masing-masing akan mendapatkan 1/4 bagian persegi.

Karya dengan kain yang akan dibuat Edo dan teman - temannya ini termasuk seni rupa 3 dimensi. Karya seni rupa 3 dimensi ini bermacam-macam teknik membuatnya. Teknik yang digunakan oleh ibu Edo namanya teknik aplikasi. Teknik ini menggunakan teknik menempel dan menjahit.
Cara menjahit potongan kain tersebut disebut dengan teknik Feston.

Tanda-tanda datangnya musim hujan makin terlihat. Cuaca hujan dan berangin lebih sering terjadi. Penduduk desa sedang bersiap-siap menghadapi musim hujan.
Kepala Desa meminta warga untuk berkumpul di balai desa pada pukul 8 pagi. Kepala Desa pun memberikan pengumuman. Bahwa akan diadakan kerjabakti.
Semua warga akan melakukan kerja bakti pada hari Minggu. Kerja bakti dilakukan agar saat musim hujan tidak terjadi banjir di desa mereka.
Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan saat kerja bakti, yaitu:
membersihkan saluran air dan bantaran sungai,
menebang cabang pohon yang lebat agar tidak tumbang,
membersihkan sampah di jalan desa.
Setelah selesai kerjabakti Kepala desa juga menyampaikan pentingnya bersatu dalam keberagaman untuk kepentingan bersama. Apa saja ya manfaatnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari - hari :
Manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah
·         Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama.
·         Mencegah terjadinya permusuhan atau perkelhian antar sesama.
·         Mempererat rasa persaudaraan antar sesama manusia.
·         Menumbuhkan rasa saling peduli dan saling tolong menolong antar sesama. 
·         Membuat hidup di dalam masyarakat menjadi lebih damai dan nyaman

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! berikut video penjelasan serta tugasnya ya nak ada dalam videonya :

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya video membuat videonya atau kolase foto2 saat proses pembuatan karya seni rupa 3 dimensinya dengan teknik feston. kepada bu Guru  agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb. 

Selasa, 25 Januari 2022

Penilaian Harian Tema 5 SubTema 3

 Hari/Tanggal : Selasa, 25 Januari 2022

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak! 
sebelum kita melaksanakan Penilaian Harian Tema 5 Sub Tema 3 hari ini dan tentunya kalian sudah belajar ya nak!
jangan lupa kerjakan soalnya dengan teliti dan jujur baca baik baik pertanyaannya sehingga kalian tidak salah dalam menjawab pertanyaannya.
Berikut soal Penilaian Harian Tema 5 Sub Tema 3:


Jika sudah selesai silahkan kirim dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta hasil kalian, dibuat kolase dan kirim ke WA grup saja ya nak! 

Terimakasih Sholeh/Sholeha Bu Guru,salam sehat dan semangat terus ya nak! Jangan lupa shalat 5 waktu Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb