About

Jumat, 26 Februari 2021

Tema 8 Sub Tema 2 PB 3 dan 4

 Hari/tanggal: Jum'at/26 Febuari 2021


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Kelas                          : VD

Tema 8                       : Lingkungan Sahabat Kita

Sub Tema 2                : Perubahan Lingkungan

Pembelajaran ke-      : 3 dan 4

Muatan Terpadu       : PPKn ( KD 3. 3, 4. 3), Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8), IPS (KD 3. 3, 4. 3).

 

Tujuan Pembelajaran :

1.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri dan kelompok dengan benar.

2.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifikasi peristiwa atau kejadian dalam bacaan.

3.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifikasi keunikan adat istiadat dalam keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari materi tentang Mengidentifikasi Urutan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi serta Mengidentifikasi Peristiwa Penting dalam teks Nonfiksi dengan Menjawab Pertanyaan, Faktor-faktor yang Memengaruhi Siklus Air dalam Tanah, Pengaruh Siklus Air pada Musim Kemarau (1), dan Pola Lantai Gerak Tari. hari ini kita akan mempelajari tentang Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri, Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok, Sikap terhadap Keunikan Adat Istiadat Daerah Tertentu di Indonesia, Memaknai Keberagaman Adat Istiadat di Indonesia, Tradisi Rasulan di Gunung Kidul, Mendiskusikan Peristiwa Penting dalam Teks Nonfiksi dan Menghimpun Peristiwa Penting dalam Teks Nonfiksi. yuk mari kita pelajari ringkasan materi yang bu Guru berikan! 

IPS (KD 3. 3, 4. 3)

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri

Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana.

Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut :

1.    Usaha Pertanian

Sebagian besar usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha ini memiliki modal terbatas. Lahan yang digarap petani biasanya terbatas, lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran.

2.    Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan secara perorangan biasanya berskala kecil dan sedang. Contoh usaha perdagangan antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.

3.    Usaha Jasa

Banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan, contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa.

4.    Industri Kecil

Sektor industri yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.

 

Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Usaha ekonomi kelompok dikelola secara bersama, baik modal, pengelolaan, maupun keuntungan.

Bentuk usaha ekonomi bersama sebagai berikut :

1.    Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan negara yaitu sebuah perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara. BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum) dan perseroan terbatas (persero). BUMN bergerak di bidang usaha yang bersifat strategis atau vital, misalnya bidang energi listrik dan telekomunikasi. Di Indonesia juga terdapat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau perusahaan daerah. BUMD merupakan perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki pemerintah daerah.

Tujuan pendirian BUMD sebagai berikut.

a.       Ikut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional.

b.      Memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

 

2.    Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Badan Usaha Milik Swasta merupakan perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh swasta. Ada beberapa macam BUMS sebagai berikut :

ü Firma

Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu. Pendiri firma biasanya orang-orang yang saling kenal satu dengan yang lain. Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas nama firma. Anggota firma juga bertanggung jawab secara penuh atas risiko kerugian firma. Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan.

ü Persekutuan Komanditer

Persekutuan komanditer (CV) didirikan oleh sekurangnya dua orang yang menyetorkan modal. Pada CV terdapat dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif berperan sebagai investor dan pengelola CV. Sekutu pasif berperan sebagai investor tanpa terlibat dalam pengelolaan CV. Usaha berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma. Ini dimungkinkan jika firma ingin memperluas usahanya dan membutuhkan banyak modal.

ü Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham. Saham diartikan sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan atas penyetoran modal. Setiap saham memiliki nilai nominal tertentu. Pemilik saham akan memperoleh keuntungan berupa dividen. Bagi perseroan yang ingin mengembangkan dan memperluas usaha, sahamnya dapat diperdagangkan di pasar modal.

 

3.    Koperasi

Di Indonesia berkembang usaha bersama yang bertujuan menyejahterakan anggotanya. Usaha yang dimaksud adalah koperasi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat (1), yaitu bentuk perekonomian disusun atas usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi pertama kali dikembangkan oleh Drs. Mohammad Hatta. Atas perannya tersebut beliau dijuluki Bapak Koperasi Indonesia.

Bentukbentuk koperasi di Indonesia sebagai berikut :

a)    Koperasi konsumsi, yaitu koperasi yang menyediakan berbagai barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya beras, gula, minyak, sabun, peralatan rumah tangga, dan barang elektronik. Tujuan koperasi ini adalah memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari bagi anggota dengan harga dan mutu layak.

b)   Koperasi simpan pinjam, yaitu koperasi yang menyediakan layanan simpan dan pinjam. Koperasi jenis ini menerima simpanan dari anggota. Selanjutnya, uang yang telah terkumpul dipinjamkan kepada anggota.

c)    Koperasi produksi, yaitu koperasi yang menyediakan bahan baku produksi dan menyalurkan hasil produksi anggotanya. Koperasi ini beranggotakan para produsen atau pengusaha, misalnya pengusaha batik, tahu dan tempe, dan sapi perah.

d)   Koperasi jasa, yaitu koperasi yang menyediakan layanan atau jasa tertentu bagi anggotanya. Contohnya, koperasi angkutan.

e)    Koperasi serbausaha, yaitu koperasi mengelola berbagai jenis usaha, misalnya penyediaan barang konsumsi, simpan pinjam, penyediaan bahan baku, dan penyaluran hasil produksi. Contohnya, koperasi unit desa (KUD)

 

PPKn (KD 3. 3, 4. 3)

Sikap terhadap Keunikan Adat Istiadat Daerah Tertentu di Indonesia

Di Indonesia tun temurunerdapat lebih dari 300 suku bangsa yang tersebar di seluruh daerah. Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat. Adat istiadat adalah perilaku budaya dan aturan-aturan yang diterapkan dalam masyarakat secara turun temurun. Biasanya terdapat sanksi social bagi mereka yang melanggar atau tidak menjalankan adat istiadat itu.

Adat istiadat bersifat lokal sehingga adat satu daerah dapat berbeda dengan daerah lain. Contoh adat istiadat dalam masyarakat dapat terlihat, misalnya :

ü Upacara pernikahan

ü Upacara tujuh bulanan

ü Upacara kematian, serta

ü Upacara sebelum masa tanam dan sesudah masa panen.

Adat istiadat mengandung nilai-nilai luhur yang berasal dari nenek moyang sehingga menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakatnya. Cara menghargai adat istiadat dapat dilakukan antara lain :

ü Mempelajari adat istiadat daerah yang akan kita kunjungi

ü Mematuhi aturan dalam adat istiadat di tiap daerah

ü Tidak melakukan hal-hal yang dilarang dalam adat istiadat daerah tertentu.

 

Memaknai Keberagaman Adat Istiadat di Indonesia

Adat istiadat di tiap daerah mengajarkan kita berbagai nilai luhur kehidupan seperti bergotong royong, meghargai kelestarian alam, kejujuran, dan kesederhanaan. Kita harus melestarikan adat istiadat yang ada di Indonesia untuk menjaga nilai-nilai luhur tersebut. Pelestarian adat istiadat di tiap daerah di Indonesia memiliki tujuan sebagai berikut :

a.    Melindungi dan membina adat istiadat serta nilai sosial budaya masyarakat.

b.    Menumbuhkan semangat kebersamaan dan kegotong-royongan.

c.    Memelihara kelestarian dan keseimbangan lingkungan alam.

Pelestarian adat istiadat di Indonesia dapat kita saksikan dalam upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat di daerah asalnya seperti gambar berikut :

Tradisi Rasulan di Gunung Kidul



Tradisi rasulan merupakan aset budaya yang harus dipertahankan. Tradisi ini melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, sehingga keharmonisan masyarakat dapat terjaga. Selain sebagai sarana untuk memupuk semangat kekeluargaan, tradisi ini juga menjadi salah satu wadah untuk melestarikan kesenian daerah Gunung Kidul.

Setiap upaca adat menyimpan makna dan nilai-nilai luhur yang hingga saat ini berusaha dijaga oleh masyarakat di daerahnya. Dengan mempelajari keberagaman adat istiadat di Indonesia artinya kita telah ikut serta menjaga dan melestarikan adat istiadat yang ada di Indonesia.

 

Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8)

Mendiskusikan Peristiwa Penting dalam Teks Nonfiksi

Peristiwa penting dapat ditemukan dengan membaca teks secara saksama. Setelah itu, kita dapat mencatatnya sehingga kita akan selalu mengingatnya. Cara mencatat peristiwa peristiwa penting dari sebuah teks dapat dilakukan dengan cara membuat peta pikiran, tabel, menjawab pertanyaan, atau diagram alir.

 

Menghimpun Peristiwa Penting dalam Teks Nonfiksi

Setiap paragraf dalam teks mengandung peristiwa-peristiwa penting yang akan menambah wawasanmu. Kamu dapat menghimpun peristiwa penting dalam teks nonfiksi. Menghimpun artinya mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi peristiwa yang ada di dalam teks nonfiksi. Peristiwa penting yang telah kita himpun dapat disajikan dalam bentuk peta pikiran.

Bagaimana penjelasan materi hari ini sudah paham ya nak! jika ada yang ingin di tanyakan dapat WA ke bu Guru ya nak!
Latihan soal dapat kalian kerjakan pada link di bawah ini:


Jangan lupa kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal latihan dan hasil nilainya ya nak!

Terimakasih, tetap jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan semangat terus ya nak walaupun belajarnya dari rumah!

Wassalamualaikum.wr.wb
Berikut Dokumentasi kalian :








Kamis, 25 Februari 2021

Tema 8 Sub Tema 2 PB 1 dan 2

  Hari/tanggal: Kamis/25 Febuari 2021


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Kelas                          : VD

Tema 8                       : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 2                : Perubahan Lingkungan
Pembelajaran ke-      : 1 dan 2
Muatan Terpadu       : IPA ( KD 3. 8, 4. 8), Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8), SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
 
Tujuan Pembelajaran :
1.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa atau  tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.
2.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifiksi faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air dengan benar.
3.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifiksi berbagai bentuk pola lantai tari dengan baik.

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah melakukan penilaian harian tema 8 sub tema 1 maka hari ini kita akan mempelajari materi selanjutnya yaitu tema 8 sub tema 2 tentang Mengidentifikasi Urutan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi serta Mengidentifikasi Peristiwa Penting dalam teks Nonfiksi dengan Menjawab Pertanyaan, Faktor-faktor yang Memengaruhi Siklus Air dalam Tanah, Pengaruh Siklus Air pada Musim Kemarau (1), dan Pola Lantai Gerak Tari. yuk mari kita pelajari ringkasan materi yang bu Guru berikan!

Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8)
Mengidentifikasi Urutan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi
Cara mengidentifisasi urutan peristiwa dalam teks nonfiksi :
ü Baca teks dengan saksama dari awal hingga akhir teks.
ü Temukan kalimat utama atau gagasan pokok pada setiap paragraf.
ü Tandai kata atau kalimat yang kamu anggap sebagai kata kunci.
ü Mancatatnya dalam bentuk peta konsep atau diagram alir.
Contoh diagram alir :

Mengidentifikasi Peristiwa Penting dalam teks Nonfiksi dengan Menjawab Pertanyaan
Peristiwa penting dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks.
Berikut fungsi kata tanya :

No.

Kata Tanya

Fungsi Kata Tanya

1

Apa

Menanyakan keadaan, perilaku, atau penjelasan isi teks.

2

Di mana

Menanyakan tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang akan dituju, serta tempat yang sedang digunakan dalam teks.

3

Kapan

Menanyakan waktu terjadinya suatu keadaan atau peristiwa (jam, hari, tanggal, bulan, tahun ataupun lamanya sebuah kejadian) dalam teks

4

Siapa

Menanyakan pelaku yang terkait atau turut serta dalam suatu peristiwa kejadian dalam teks

5

Mengapa

Menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa terjadi dalam teks

6

Bagaimana

Menanyakan cara atau proses sebuah peristiwa berlangsung, serta untuk menanyakan keadaan atau kejelasan satu hal dalam teks

7

Berapa

Menanyakan banyak, jumlah, atau satuan dan berupa angka

 
 
 
IPA (KD 3. 8, 4. 8)
 
Faktor-faktor yang Memengaruhi Siklus Air dalam Tanah
Tanah memiliki kemampuan menyimpan air. Dalam siklus air, tanah berperan penting dalam menyimpan air. Air tanah sangat berguna saat menghadapi musim kemarau. Air masuk ke dalam tanah melalui pori-pori tanah. Proses masuknya airke dalam pori-pori tanah dinamakan infiltrasi. Proses infiltrasi secara lambat akan membawa air tanah kembali ke laut. Air tanah biasanya lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan perakaran tumbuhan.
Faktor-faktor yang memengaruhi air tanah adalah sebagai berikut :
1.    Curah hujan
Curah hujan berpengaruh pada tanah karena sumber air tanah berasal dari curah hujan yang turun. Semakin banyak curah hujan yang turun, semakin banyak pula cadangan air tanah yang tersimpan.
2.    Material batuan
Air menyerap ke dalam batuan melalui celah batuan. Lapisan tanah yang mengandung banyak batuan akan menyimpan air sehingga air bertahan lebih lama di dalam tanah.
3.    Lereng pegunungan
Air tanah akan mudah disimpan di lingkungan yang datar atau tingkat kemiringan yang rendah. Jika air diserap di lahan yang sangat miring, air tersebut akan tetap mengalir sehingga air yang tersimpan hanya sedikit.
4.    Keberadaan tumbuhan (vegetasi)
Tumbuhan berperan dalam menggemburkan tanah sehingga air hujan dapat terserap dan tersimpan dengan baik di dalam tanah. Air tanah yang tersimpan di daerah pegunungan akan bertahan lebih lama sehingga menjadi cadangan air pada musim kemarau.
 
Apa yang akan terjadi jika semakin banyaknya pembangunan permukiman, gedung, dan jalan raya?
Hal tersebut akan mengganggu peranan tanah dalam menyerap dan menyimpan air. Jika air tidak tersimpan, kita tidak memiliki cadangan air saat menghadapi musim kemarau. Selain itu, banjir dan tanah longsor juga dengan mudah terjadi karena berkurangnya daerah resapan air.
 
Pengaruh Siklus Air pada Musim Kemarau (1)
Air bermanfaat bagi kehidupan mahluk hidup di Bumi. Adanya siklus air menyebabkan ketersediaan air di daratan tetap terjaga. Siklus air dipengaruhi oleh suhu lingkungan, cuaca, hujan, dan keseimbangan lingkungan. Salah satu tahap siklus air adalah evaporasi. Evaporasi adalah penguapan air dari Bumi menuju atmosfer.
Evaporasi mengubah air berwujud cair menjadi air berwujud gas. Semakin tinggi panas matahari, maka jumlah air yang menjadi uap air dan yang naik ke atmosfer juga semakin banyak. Pada musim kemarau, uap air yang diuapkan jauh lebih banyak sehingga berdampak pada permukaan bumi.
Musim kemarau yang berlangsung terus menerus dapat menyebabkan hal-hal berikut :
ü Berkurangnya sumber air minum.
ü Persawahan menjadi kering dan tanah menjadi retak-retak.
ü Banyak hewan yang akan mati karena tidak mendapatkan sumber air.
ü Gagal panen karena banyak tumbuhan yang layu dan mati.
ü Penambak tidak dapat membudidayakan ikan dan hewan air lainnya.
 
Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya kita bijak dalam memanfaatkan air, misalnya menutup keran air jika tidak digunakan atau membuat penampungan air. Selain itu, pada musim kemarau petani juga dapat menanam tanaman palawija, seperti jagung yang tidak banyak memerlukan air.
 
SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
 
Pola Lantai Gerak Tari
Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang.
 
 Perhatikan Gambar berikut ini:



Jika telah di baca dan dipahami bu guru harap kalian mengerti ya nak dan jika ada yang kurang paham kalian dapat bertanya melalui grup WA kita. tugas kalian akan bu Guru kirimkan melalui Voicenote dan kalian jawab melalui voicenote ya nak!
Terimakasih ananda Sholeh/Sholeha bu Guru tetap jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan selalu semangat walaupun belajarnya dari rumah.
Wassalamualaikum.wr.wb.
Berikut Dokumentasi kegiatan kalian :









Rabu, 24 Februari 2021

Soal Penilaian Harian Tema 8 Sub Tema 1

Hari/tanggal: Rabu/24 Febuari 2021


Berikut ini soal dan kunci jawaban penilaian harian tema 8 Sub tema 1 ya nak untuk dapat kalian pelajari 

Soal Penilaian Harian Tema 8 Sub Tema 1

1.        Betang, Joglo dan Gadang adalah contoh kergaman budaya Indonesia berupa ….

a.     Pakaian adat

b.    Tarian daerah

c.     Lagu daerah

d.    Rumah adat

Kunci Jawaban : d Rumah Adat

2.        Tari Serampang Dua Belas dan Tari Tor-Tor berasal dari provinsi ….

a.    Sulawesi Utara

b.    Jawa Timur

c.    Papua Barat

d.   Sumatra Utara

Kunci jawaban : d Sumatera Utara

3.        Contoh keberagaman yang ada di Indonesia salah satunya adalah keberagaman Suku. Suku asmat terdapat pada daerah  . . .

a.     Kalimantan

b.    Jawa

c.     Papua

d.    Nusa Tenggara

Kunci Jawaban : c Papua

4.        Keberagaman budaya di Indonesia akan tetap terjaga apabila ditanamkan sikap......
a. Toleransi
b. Merendahkan budaya lainnya

c. Sombong
d. Kerja sama

Kunci Jawaban : a Toleransi

5.        Rumah panjang uluk palin terletak di daerah . . .

a.       Kalimantan

b.      Sulawesi

c.       NTT

d.      Jawa

Kunci Jawaban : a Kalimantan

6.        . . . kita harus menjaga kelestarian air?

Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut . . .

a.       Apa

b.      Mengapa

c.       Alasan

d.      Bagaimana

Kunci Jawaban : b Mengapa

Bacalah Teks dibawah ini !
        Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara  sulit   mencari  air   bersih.  Mereka harus  menempuh  perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari  tempat  tinggalnya untuk mendapatkan  air bersih. Mereka terpaksa  mengambil  air  bersih di  Kelurahan  Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya  menumpang  mobil   dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter.  Jeriken itu  digunakan untuk menampung air yang  mengalir dari  aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.
           Letak   Kelurahan  Waborobo berada  di  dataran  tinggi. Di  daerah itu   air tanah sulit  didapat. Kalau  pun  ada, air  hanya sedikit. Daerah itu  juga  belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana.  Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari  pemerintah daerah untuk keperluan tersebut.

7.        Berapa jauh jarak warga dengan sumber mata air bersih.....
a. 5 Kilometer
b. 10 Kilometer
c. 15 Kilometer
d. 25 Kilometer

Kunci Jawaban : c 15 Kilometer

8.        Apa yang menyebabkan warga kelurahan waborobo kesulitan mendapatkan air bersih.....
a. Karena rumah warga dekat dengan dengan mata air
b. Pipa PDAM telah mengairkan air
c. Posisi kelurahan waborobo berada di dataran Tinggi
d. Banyak warga buang sampah sembarangan

Kunci Jawaban : c. Posisi kelurahan waborobo berada di dataran Tinggi

9.        Perhatikan Langkah – langkah menentukan urutan peristiwa :

a.       catatlah kejadian yang terjadi secara urut

b.      cermatilah tiap-tiap paragraf

c.       perhatikan waktu serta kejadian

d.      Bacalah teks dengan seksama

Pernyataan diatas langkah – langkah menentukan urutan peristiwa yang benar adalah . . .

a.       a, b, d, a

b.      b, c, d, a

c.       b, c, a, d

d.      d, b, c, a

Kunci Jawaban : d. d, b, c, a

10.    Teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita atau hal – hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari  disebut teks . . .

a.       Teks Fiksi

b.      Teks Nonfiksi

c.       Teks Narasi

d.      Teks Deskripsi

Kunci Jawaban : b. Teks Nonfiksi

11.    Apakah manfaat air bagi tumbuhan ...
a. Untuk Mencuci
b. sebagai bahan fotosintesis
c. Untuk sumber air Minum
d. Untuk mandi

Kunci Jawaban : b. sebagai bahan fotosintesis

12.    Air di permukaan bumi jumlahnya tetap sama karena adanya .....
a. Siklus air
b. Sungai
c. Laut
d. Danau

Kunci Jawaban : a. Siklus air

13.    Air di bumi mengalami siklus yang terus berputar, proses penguapan air laut dalam siklus air disebut juga dengan ….
a. Kondensasi
b. Evaporasi

c. Presipitasi
d. Infiltrasi

Kunci Jawaban : b. Evaporasi

14.    Air tanah mengalami proses perembesan ke danau atau sungai. Proses ini dinamakan dengan ….
a. Respirasi
b. Evaporasi

c. Kondensasi
d. Infiltrasi

Kunci Jawaban : d. Infiltrasi

15.    Uap air yang ada di atsmosfer akan berubah menjadi titik-titik air ketika suhu udara turun. Proses ini disebut….
a. Respirasi
b. Evaporasi

c. Kondensasi
d. Infiltrasi

Kunci Jawaban : c. Kondensasi

16.    Contoh hasil usaha dari perkebunan adalah ….
a. Padi dan
damar
b. Jati dan rotan
c. Stroberi dan anggur
d. Emas dan perak

Kunci Jawaban : c. Stroberi dan anggur

17.    Batubara dan minyak bumi adalah contoh sumber daya alam yang dihasilkan dari ….
a. Pertambangan
b. Perikanan
c. Pertanian
d. Perhutanan

Kunci Jawaban : a. Pertambangan

18.    Jenis usaha yang kegiatannya berupa mengolah barang jadi atau setengah jadi menggunakan sarana dan peralatan tertentu dinamakan ….
a. Perdagangan
b. Pendistribusian
c. Perindustrian
d. Perkantoran

Kunci Jawaban : c. Perindustrian

19.    1. Pertanian      4. Usaha Perdagangan
2. Guru             5. Peternakan ayam
3. Dokter          6. Industri tekstil
Yang termasuk  usaha dibidang jasa adala nomor ...
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 5 dan 6

Kunci Jawaban : b. 2 dan 3

20.    Contoh Kegiatan usaha yang memanfaatkan sumber daya Alam adalah ........
a. Yayasan Pendidikan
b. Industri Tekstil
c. Salon
d. Pertanian

Kunci Jawaban : d. Pertanian

21.    Yang termasuk ciri tangga nada diatonis mayor adalah
a. Bersifat riang Gembira
b. Lambat
c. bersifat sedih
d. Tidak Bersemangat

Kunci Jawaban : a. Bersifat riang Gembira

22.    Contoh Lagu yang bertangga nada diatonis minor adalah....
a. Maju tak gentar dan Halo-halo bandung

b. Syukur dan Hari Merdeka
c. Syukur dan Tanah Airku
d. Hari Merdeka dan Halo-halo  Bandung

Kunci Jawaban : c. Syukur dan Tanah Airku

23.    Ciri tangga nada diatonis minor adalah.......
a. Bersemangat
b.
Lagu bersifat sedih
c. Diawali dengan nada do
d. Bersifat Riang Gembira

Kunci Jawaban : b. Lagu bersifat sedih

24.    Contoh tangga nada natural, yaitu . . .

a.       G mayor

b.      F mayor

c.       C mayor

d.      E mayor

Kunci Jawaban : C mayor

25.    Nada diatonis mayor memiliki interval ….
a. 1
1 -  ½ -  11 1 - ½
b. ½
- 1 1 1 -  ½ - 1 -  1 - 1
c. 1
- ½ - 1 1 - ½ - 1 - 1 - 1
d. 1
1 1 - ½ - 1 1 1 - ½

Kunci Jawaban : a. 1 1 -  ½ -  11 1 - ½