About

Jumat, 25 Februari 2022

Tema 6 Subtema 4 PB 6

 Hari/Tanggal : Jum'at, 25 Febuari 2022

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak!

Tema 6                 : Energi dan Perubahannya

Subtema 4              : Penghematan Energi

Pembelajaran           : 6


Kode KD Bahasa Indonesia (3.2), PKn (3.2), Matematika (3.8) 

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita yang berkaitan dengan penghematan energi menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

2.  Setelah mengamati gambar dan penjelasan, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban disekolah dengan tepat. 

3.  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan  luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.

Ayo Bercerita!

Perhatikan gambar berikut! Pada gambar menunjukkan pemanfaatan air hujan. Air hujan yang digunakan untuk kegiatan lain termasuk menghemat air. Buatlah cerita berdasarkan gambar berikut!

Simaklah cerita berikut ini dengan seksama.




Ayo Menulis! 

Perlu kerja sama semua anggota keluarga untuk menghemat energi. Kerja sama untuk saling mengingatkan. Kerja sama untuk mengerjakan. Kalian berhak mendapat saran untuk memperbaiki sikap. Kalian berkewajiban melaksanakan saran yang diberikan. Kalian juga berkewajiban memberikan saran yang baik untuk teman

                                 Gambar 1.1                                          Gambar 1.2

1.1: Proses belajar di kelas berjalan dengan lancar. Hak saya adalah Memperoleh Ilmu yang dibutuhkan  Kewajiban saya adalah Mendengarkan penjelasan guru, dan menjaga ketertiban kelas Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. 

1.2: Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Hak saya adalah Mendapatkan suasana belajar Kewajiban saya adalah Menjaga kebersihan kelas dengan melaksanakan piket 

                                Gambar. 2.1                                           Gambar  2.2

2.1: Memiliki lingkungan sekolah yang asri. Hak saya adalah Mendapatkan Lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar Kewajiban saya adalah Menjaga dan merawat tanaman yang ada dilingkungan sekolah. 

2.2: Memiliki tempat penyebrangan yang aman. Hak saya adalah  Dapat menyebrang jalan dengan aman Kewajiban saya adalah Mematuhitata tertib yang ada dijalan raya. 


Perhatikan gambar berikut! Berikut ini gambar bagian-bagian sekolah!

 

 

Ayo Berlatih!

Isilah titik-titik di bawah ini sesuai gambar! 

1. Ruang kelas digambarkan dengan warna kuning. Luas ruang kelas adalah 15 persegi satuan. 

2. Lapangan olahraga digambarkan dengan warna hijau. Luas lapangan olahraga adalah 2 persegi satuan. 

3. Ruang kepala sekolah digambarkan dengan warna biru. luas ruang kepala sekolah adalah 16 persegi satuan. 

4. Ruang perpustakaan digambarkan dengan warna ungu. Luas ruang perpustakaan adalah persegi satuan. 

5. Kamar kecil digambarkan dengan warna merah. Luas kamar kecil adalah 3 persegi satuan. 

 

Hitunglah luas bagian berikut ini!

 

Luas bagian yang berwarna adalah 11 persegi satuan

Luas bagian yang berwarna adalah 20 persegi satuan

  

TUGASMU!

Setelah memahami materi diatas maka tugas kalian hari ini adalah mengerjakan modul tematik atau Cerdas Halaman 57 dan 58.

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.


Kamis, 24 Februari 2022

Tema 6 SubTema 4 PB 4 dan 5

 Hari/Tanggal : Kamis, 24 Febuari 2022

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak!

Tema 6                 : Energi dan Perubahannya

Subtema 4              : Penghematan Energi

Pembelajaran           : 4 dan 5


Kode KD Bahasa Indonesia (3.2), PKn (3.2), Matematika (3.8) 

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca, Siswa dapat menuliskan informasi yang berkaitan dengan penghematan energi dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat menuliskan pengalaman melaksanakan kewajiban dengan benar.
3. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban dengan benar.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.


Ayo Membaca  


Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda.  
Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan.  Bersepeda menghemat energi bahan bakar  minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak. 
Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak. 

Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas!

1. Sebutkan jumlah kegiatan menghemat energi di atas?
Jawab : Ada tiga kegiatan yaitu berjalan kaki,bersepeda,dan menggunakan tranfortasi umum.

2. Apa saja yang termasuk kegiatan menghemat energi?
Jawab : Berangkat ke sekolah dengan berjalan dan menggunakan tranfortasi umum.

3. Energi apakah yang dihemat?
Jawab: Energi yang dihemat adalah bahan bakar minyak.

4. Mengapa menggunakan kendaraan umum termasuk menghemat energi?
Jawab: karena menggunakan kendaraan umum dapat menguruangi penggunaan kendaraan pribadi

5. Mengapa kalian perlu menghemat energi? 
Jawab: Kita perlu menghemat energi agar persediaan energi tetap ada di masa sekarang hingga masa depan

1. Nah setelah membaca teks di atas coba tuliskan informasi yang berkaitan dengan penghematan energi! Tuliskan dibuku latihan kalian sebagai tugas ya nak!

Ayo Menulis

Ingatkah kamu dengan kegiatan menghemat energi yang sudah dilakukan?

Coba Jawab pertanyaan di bawah ini dan kerjakan di buku latihan Tema ya Nak!
2. Manakah kegiatan berikut yang sudah kamu lakukan? dan coba ceritakan pengalamanmu tersebut!


Ayo Berdiskusisi

Kalian berhak memanfaatkan energi yang tersedia di alam. Kalian berkewajiban menjaga energi yang tersedia di alam. Menjaga kesediaan energi termasuk menjaga kehidupan.


Diskusikan hal berikut bersama orangtuamu!

1. Tuliskan hak yang telah kamu peroleh berkaitan dengan energi!
Hak yang diperoleh : Sebagai masyarakat pemerintah sudah memberikan ketersediaan energi yang cukup, Kemudahan dalam menggunakan energi misalnya listrik, energi yang diperoleh cukup baik. 

2. Tuliskan kewajiban yang telah kamu lakukan berkaitan dengan energi!
Kewajiban yang dilakukan : menjaga ketersediaan energi dengan bijak, tidak boros menggunakan energi yang sudah ada, menggunakan energi yang sudah ada seperlunya saja. 



3. Setelah melihat contoh gambar di atas coba kalian tuliskan Hak dan kewajiban berdasarkan gambar, kalian diskusikan dengan orang tuamu di rumah ya nak! dan tulis hasilnya di buku tema sebagai tugas!

Ayo Berlatih

Udin dan teman-teman ikut serta menjalankan kewajiban menjaga lingkungan.
Udin dan teman-teman menanam pohon di sekitar sekolah.
Udin dan teman-teman menanam pohon di bagian  yang diberi warna.
Lihatlah bagian yang diberi warna!
Dapatkah kamu menghitung luas bagian yang ditanami Udin? 

Jadi, luas bagian yang akan ditanami Udin adalah 9 persegi satuan.

Coba hitung luas bagian berikut ini!

 Luas bagian 17 persegi satuan


 Luas bagian 17 persegi satuan

Latihan berikutnya kerjakan soal di bawah ini ya nak!
4. 
5. 

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung dan ingat ya nak tugas hari ini ada 5 soal. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

Rabu, 23 Februari 2022

Tema 6 SubTema 4 PB 2 dan 3

 Hari/Tanggal : Rabu, 23 Febuari 2022

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak!

Tema 6                 : Energi dan Perubahannya

Subtema 4              : Penghematan Energi

Pembelajaran           : 2 dan 3 


Kode KD Bahasa Indonesia (3.2), PKn (3.2), SBdP (3.4) Matematika (3.8) 

Tujuan Pembelajaran   :

1. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

2. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

3. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.

4. Setelah mengamati gambar dan membaca petunjuk atau cara, Siswa dapat Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.

Ayo Mengamati

Hemat adalah sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila. Contoh butir pengamalannya adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan.

Perhatikan gambar berikut!

Apa pendapatmu tentang perilaku anak pada gambar tersebut?
Perilaku anak pada gambar tidak sesuai dengan  sila ke-5 Pancasila. Tuhan juga memerintahkan  manusia agar tidak melakukan pemborosan. Seseorang yang melakukan pemborosan berarti tidak peduli dengan orang lain. Selain itu, juga tidak peduli dengan alam yang kita tempati.  Padahal, alam ini merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup.

Dari gambar di atas ada saran perbaikan untuk perilaku tersebut, yaitu: 

Perilaku pemborosan : Bermain mainan yang menggunakan energi listrik
Saran perbaikan         : Bermain permainan yang tidak menggunakan energi listrik


Ayo Berkreasi!

Hari ini, Udin dan teman-teman membuat kipas. Kipas dibuat dari karton bekas. Udin dan teman-teman memanfaatkan karton bekas untuk  membuat karyanya. Kipas dari karton bekas tidak memerlukan listrik. Udin dan teman-teman latihan berhemat. Berhemat listrik dan kertas. Berhemat  listrik artinya menghemat energi. 
Dapatkah kalian membuat kipas seperti Udin? Buat kipas seperti contoh berikut!

Siapkan peralatan seperti berikut.
1. Karton bekas untuk cetakan kipas
2. Tali rafia/pita
3. Gunting
4. Lem
5. Stik es krim bekas, batang bambu, atau karton yang lebih tebal untuk pegangan kipas
6. Pembolong kertas.

Tahap Membuar Kipas 
                      
1. Buatlah cetakan kipas karton sebanyak 2 buah.Buatlah dengan ukuran sama panjang.                                               
                                                                         
2.Lubang selurah pinggiran karton.
     
3. Tempelkan pegangan kipas pada salah satu permukaan karton.                                                                       
                                                                       

           
4.Tempelkan satu karton lainnya dengan cara dijahit, guanakan tali rafia atau pita.                                                               
Kipas buatan udin dan teman -teman.

Ayo Berlatih 

Udin dan teman teman telah selesai membuat kipas dari bahan karton.

Untuk mencari luas pada gambar berikut, Hitunglah semua jumlah kotak yang berwarna merah. 

 Luas kipas Edo adalah 14 persegi satuan  

 Luas kipas Beni adalah 11 persegi satuan.


Ayo Berlatih !

Barang bekas yang dimanfaatkan menjadi benda lain termasuk sikap berhemat. 
Air yang digunakan secukupnya termasuk menghemat energi.

Perhatikan gambar berikut!


Jawablah pertanyaan berdasarkan gambar!

1. Apa yang sedang mereka lakukan?
Jawab : Mereka sedang mengantri untuk mendapatkan air bersih 

2. Mengapa mereka melakukannya?
Jawab: Kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari

3. Di mana kejadiannya? 
Jawab: Biasanya terjadi di desa-desa terpencil

Setelah memahami materi yang telah bu guru sampaikan, maka..

Tugasmu Hari ini!
1. Bagaimana caramu melakukan penghematan energi?
2. Sebutkan apasajakah alat dan bahan dalam pembuatan kipas!
3. Luas kipas dibawah ini adalah ..... persegi satuan.
4. Gambar manakah yang menunjukkan sikap menghemat energi? Jelaskan alasanmu!



Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.