Tema 3 : Benda Disekitarku
Subtema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 1 dan 2
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca
wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidetifikasi informasi yang terkait
dengan wujud benda dengan tepat.
2. Dengan
mengerjakan latihan soal, siswa dapat mengkonversi satuan km ke m atau
sebaliknya dengan tepat.
3. Dengan mengamati
contoh gerakan tari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki
dengan tepat.
4. Dengan membaca
wacana percakapan, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sifat wujud
benda dengan benar
5. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menuliskan arti penting menolong.
Manusia tidak
dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia
melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang
dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda
yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.
Apakah
kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan
dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.
Wujud Benda
Setiap benda
pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil
berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.
Dapatkah kamu
menyebutkan contoh lainnya?
Ayo Mengamati
Pernahkah kamu naik alat transportasi
seperti pada gambar?
Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor
itu?
Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor.
Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m.
Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.
Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.
Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya.
Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat
ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut.
Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan
dengan ketinggian.
Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin putting beliung, dan lain-lain.
Sekarang, coba kamu bergerak seolah-olah seperti
kertas yang tertiup angin!
Perhatikan gambar berikut!
Gerakan angin sepoisepoi bergeraklah lemah ke kiri dan ke kanan.
Jika angin kencang,
bergeraklah dengan hentakan yang kuat ke kiri
dan ke kanan. Jika angin putting beliung, bergeraklah berputar.
Dengan mengikuti gerakan di atas, kamu dapat membedakan gerakan kuat
dan lemah. Dalam tarian, selain gerak tangan ada juga gerakan langkah kaki.
Gerakan tangan dan kaki harus selaras dengan irama yang mengiringi. Sekarang,
coba kamu berlatih gerakan kaki terlebih dahulu.
Iringilah dengan lagu yang kalian suka.
Berlatihlah gerakan kaki dengan gerak lembut. Seperti pohon yang melambai ditiup angin sepoisepoi dan gerakan pohon yang
ditiup angin kencang!
Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati.
Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?
Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.
Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
Simak percakapan Siti dengan
Ibu guru berikut ini!
Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah
yang massanya lebih besar?
Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?
Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan
kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.
Udin : Bola basket lebih berat, Bu!
Ibu Guru : Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat
dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari
plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.
Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?
Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya
diukur dengan satuan gram atau
kilogram.
Massa diukur dengan alat di bawah ini.
Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu?
Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume.
Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.
Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B.
Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.
Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan.
Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan me mapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.
Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin
terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter.
Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji.
Apakah kamu mem punyai pengalaman menolong teman
atau orang lain?
Ceritakanlah pengalamanmu di depan
kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!
Bagaimana
dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada
pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat
mengerjakan latihan berikut ini:
Latihan Soal
1.
Perhatikan gambar dapur rumah
Dayu berikut ini!
Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda
padat, cair dan gas!
2.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Rumah Udin ke kantor pos = ... km ...
m
= ... m
3.
Dalam
sebuah tarian selain gerakan tangan ada pula gerakan . . .
4.
Ciri –
ciri benda antara lain memiliki . . . dan . . .
5.
Mengapa
kita perlu menolong orang lain?
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya
kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan
tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan
menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan
semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan
kalian!
Bu Guru akhiri
Wassalamualaikum.wr.wb.