Hari/Tanggal : Rabu, 28 Febuari 2024
“AKU CINTA KEBERAGAMAN”
Tema : Bhineka Tunggal Ika
AKTIFITAS 1
Kebhinekaan (Sejarah, Makna, Fungsi dan contoh Bhineka Tunggal Ika)
Mengenal Nilai Penting Kebhinekaan
Dimensi : Berkebhinekaan Global
Tujuan :
1. Peserta didik mampu menjelaskan konsep keberagaman.
2. Peserta didik mampu memahami keberagaman di lingkungan sekolah.
3. Peserta didik mampu memahami penyebab dan penyelesaian konflik.
Kegiatan Awal
1. Pendidik menyiapkan materi mengenai pengertian keberagaman, dampak positif dan negative keberagaman serta contoh keberagaman di sekolah https://bit.ly/KMI-KeberagamanaMasyarakatIndonesia
2. Pendidik menyiapkan materi mengenai penyebab dan penyelesaian konflik https://bit.ly/PENGERTIANKONFLIK
3. Pendidik menyiapkan lembar kerja siswa
4. Peserta didik menyiapkan buku catatan khusus P5
Kegiatan Inti
1. Pendidik mengondisikan peserta didik untuk siap menerima proses pembelajaran.
2. Peserta didik diberi kesempatan melakukan pengamatan keberagaman di lingkungan sekolah, kemudian menuliskannya di lembar kerja pengamatan.
3. Peserta didik menceritakan keberagaman yang ada di lingkungan sekolah.
4. Setelah mengidentifikasi keberagaman yang ada di lingkungan sekolah, pendidik melanjutkan kegiatan dan memberikan pertanyaan pemantik:
a. Apa yang kalian ketahui tentang konflik?
b. Mengapa konflik bisa terjadi?
5. Peserta didik diarahkan untuk menemukan contoh konflik yang terjadi di lingkungan kelas atau lingkungan terdekatnya berdasarkan adanya perbedaan dalam keragaman.
6. Peserta didik memperhatikan paparan pendidik tentang penyebab konflik dan alternatif penyelesaiannya.
7. Pendidik memberikan Lembar Kerja Siswa mengenai :
a. Menyebutkan konflik yang pernah terjadi di lingkungan sekitar sekolah/rumah.
b. Hal-hal yang memicu terjadinya konflik.
c. Alternatif penyelesaiannya.
8. Peserta didik menulis informasi yang didapatkan kemudian beberapa perwakilan peserta didik menyampaikan hasil temuannya.
9. Pendidik memberikan umpan balik.
Penutup
Pendidik memberikan penguatan konsep keberagaman di sekola serta
menarik kesimpulan dari
materi yang telah dipelajari.
Lembar Kerja (Aktivitas 2)
Hari / Tanggal :
Nama :
Konsep Keberagaman
1.
Baca dan pahami materi
yang sudah diberikan.
2.
Amatilah lingkungan
sekolahmu.
3.
Identifikasikan keberagaman yang ada di lingkungan sekolah
ke dalam tabel di bawah
ini.
No. |
Jenis Keberagaman |
Hasil Identifikasi Keberagaman |
1 |
Suku |
Ada beberapa suku di lingkungan
teman-temanku di sekolah. Antara lain ada yang suku Lampung, Jawa, Padang, dsb. Pemilik
suku tersebut saling bertoleransi jika terdapat perbedaan dalam hal adat dan
tradisi. |
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
5 |
|
|
Penyebaab dan Penyelesaian Konflik
1.
Amatilah
lingkungan kelas/sekolahmu.
2.
Tulislah contoh konflik beserta cara penyelesaiannya.
No. |
Contoh Konflik : |
Cara Penyelesaian |
1 |
Diskriminasi terhadap
siswa yang berbeda
suku sehingga memicu perpecahan di sekolah. |
Menghargai
dan menghormati teman yang berbeda suku. |
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
5 |
|
|